Trigliserida! Penyakit Akibat lemak Berlebih

penyakit akibat lemak berlebih

Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam darah. Trigliserida dihasilkan oleh organ hati, namun sebagian besar berasal dari makanan, seperti daging, keju, susu, nasi, minyak goreng, dan mentega.

Lemak dari makanan yang dikonsumsi akan dipecah dan diubah menjadi energi. Setiap lemak yang tidak digunakan tubuh, akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan di sel lemak. Ketika dibutuhkan, trigliserida akan dilepaskan untuk digunakan sebagai energi.

Ketika asupan trigliserida dari makanan melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh, akan terjadi peningkatan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida yang tinggi diduga dapat memicu penebalan pada dinding pembuluh darah, sehingga berisiko terjadi stroke dan serangan jantung.

Penyebab trigliserida

Asupan lemak yang berlebih dan jarangnya berolahraga. Namun ada beberapa faktor lain, yaitu:

1.Menderita penyakit, seperti:

  • Diabetes
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit liver
  • Kadar hormon tiroid rendah (hipotiroidisme)
  • Kelainan genetik yang disebut familial hypertriglyceridemia

2. Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti:

  • Vitamin A jenis retinoid
  • Obat penyakit jantung jenis penghambat beta
  • Obat HIV
  • Hormon estrogen dan progesteron.

Cara mengontrol kadar trigliserida dalam tubuh , dengan cara-cara berikut ini:

1. Pilih Makanan yang Tinggi Serat

makanan yang mengandung serat tingi dapat mengontrol trigliserida

Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, karena mampu menurunkan serapan gula dan lemak pada usus kecil. Buah dan sayur merupakan makanan sumber serat yang bisa kamu pilih dalam menu sehari-hari.

2. Pilih Makanan Rendah Karbohidrat

makanan rendah karbohidrat dapat mengontrol trigliserida

Studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan rendah karbohidrat cenderung mengalami penurunan trigliserida yang cukup signifikan.

3. Kurangi Asupan Lemak Trans

Makanan yang mengandung lemak trans, seperti gorengan atau makanan yang dipanggang. Konsumsi makanan berlemak trans juga memicu tingginya kadar LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Kurangi Asupan Gula

Pemerintah menyarankan konsumsi gula harian maksimal hanya sebanyak empat sendok makan per hari. Jadi, jika kamu ingin terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan karena gula darah yang tinggi, kurangi asupan gula.

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Tak Jenuh

makanan yang dapat mengontrol trigliserida

Jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti minyak nabati, alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan berlemak adalah sumber makanan kaya akan asam lemak tak jenuh yang bisa kamu konsumsi sehari-hari.

6. Atur Pola Makan

Makan berlebihan tentu tak baik untuk kesehatan, karena akan terjadi penumpukan kalori dalam tubuh yang akan berubah menjadi lemak jika tidak kamu imbangi dengan aktivitas. Setelah makan, tubuh akan melepas insulin yang berfungsi mengangkut gula untuk dijadikan energi. Kadar insulin yang berlebihan akan membuat penumpukan gula dan yang memicu terjadinya obesitas dan diabetes.

7. Rutin Olahraga

Pastinya, kamu perlu mengimbangi dengan olahraga. Denga rutin berolahraga kita dapat membantu menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh kamu, sehingga kamu akan selalu sehat dan bugar. Sebaiknya, sisihkan waktu selama 30 menit setiap pagi untuk berolahraga, ya.

Resiko penyakit akibat dari trigliserida yang berlebih, yaitu:

1. Pengerasan arteri yang menyebabkan kondisi arterosklerosis sehingga memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke.

2. Diabetes

3. Sindrom metabolik yang merupakan kombinasi dari penyakit jantung, diabetes, obesitas dan tekanan darah tinggi.

4. Fatty liver disease,yaitu berlebihnya sel-sel lemak dalam tubuh yang akan disimpan dalam hati sehingga memicu fatty liver disease yang bisa menyebabkan komplikasi hati.

5. Xanthoma, yaitu terjadinya gatal, jerawat (xanthomas) pada tangan, kaki, lengan dan bokong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *