Tips Menjaga Hati Sehat

Tips Menjaga Hati SehatHati adalah internal terbesar dalam tubuh manusia yang berada di sisi kanan perut. Organ penting ini memiliki banyak fungsi dalam tubuh, termasuk membuat protein dan faktor pembekuan darah, memproduksi trigliserida dan kolesterol, sintesis glikogen, dan produksi empedu.

Tips Menjaga Hati Sehat

Hati memainkan peran penting dalam detoksifikasi tubuh dengan mengubah amonia, produk sampingan metabolisme dalam tubuh, menjadi urea yang diekskresikan dalam urin oleh ginjal. Hati bertanggung jawab untuk memecah insulin dan hormon lain dalam tubuh, juga memecah obat-obatan yang kita konsumsi.

Sama seperti organ tubuh lainnya, hati juga bisa saja memiliki masalah yang dapat mengganggu fungsi normalnya, dari mulai masalah kecil hingga masalah pada hati yang dapat membahayakan tubuh. Maka dari itu, menjaga kesehatan organ hati agar berfungsi normal sebagaimana mestinya adalah salah satu kewajiban kita untuk melakukannya. Karena kalau organ hati rusak, yang rugi bukan orang lain melainkan kita sendiri.

Baca juga : “Ini Dia Cara Atasi Maag Kronis

Kiat menjaga organ hati Anda agar tetap sehat :

1. Aktif secara fisik
Tips Menjaga Hati Sehat – Lakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik sedang per hari, seperti berjalan cepat atau naik sepeda. Batasi aktivitas seperti menonton televisi atau bermain video game. Beristirahat cepat, pendek sepanjang hari.

2. Kurangi kebiasaan merokok atau berhenti merokok
Ada beberapa penelitian yang mengaitkan merokok dengan perkembangan kanker hati. Merokok juga dapat meningkatkan efek toksik yang dimiliki beberapa obat (seperti parasetamol) pada hati.

Obat-Liver

3. Cuci produk dan jauhi racun
Pestisida dan racun lain dapat merusak hati. Baca label peringatan pada bahan kimia yang Anda gunakan.

4. Perhatikan berat badan
Obesitas, terutama abdominal atau obesitas sentral, merupakan faktor risiko utama untuk terserang penyakit hati berlemak. Bersama dengan diet seimbang dan olahraga teratur, berat badan yang sehat dapat dicapai dan dipertahankan.

5. Hati-hati dengan obat dan obat tradisional
Tips Menjaga Hati Sehat – Beberapa obat-obatan tradisional atau obat-obatan tradisional yang dijual bebas mengandung logam berat atau racun yang tidak diketahui. Mereka dapat menyebabkan keracunan hati atau mereka dapat menekankan dan memengaruhi fungsi hati Anda secara teratur. “Nomor satu alasan uji klinis [obat] dihentikan atau obat yang dikeluarkan dari pasar adalah karena dapat merusak hati”.

6. Hati-hati mengkonsumsi alkohol
Tahukah Anda? Hanya empat ons saja minuman keras sehari untuk pria (dua untuk wanita) dapat mulai melukai organ hati Anda.

Baca juga : “Herbal Alami Untuk Penyakit Liver

Anda dapat membantu menurunkan risiko penyakit hati dengan mempertahankan berat badan yang sehat, makan dengan baik dan aktif. Hati Anda adalah organ penting dengan banyak fungsi penting. Karena itu, masuk akal untuk melakukan apa yang Anda bisa untuk melindunginya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *