Tanda-tanda asam urat

Ciri Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai

Apa saja tanda-tanda asam urat?

Tanda-tanda asam urat biasanya muncul tiba-tiba, tidak dapat diprediksi, dan sering terjadi di tengah malam. Sebagian besar tanda-tanda asam urat hanya terjadi dalam beberapa jam selama 1-2 hari. Namun pada kasus yang parah, nyeri pada sendi bisa saja terjadi dalam waktu berminggu-minggu. Jika Anda mengalami tanda-tanda asam urat ini , maka asam urat yang Anda miliki cukup parah.

Ciri-ciri asam urat yang paling sering adalah:

  1. Nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering pertama terjadi di pagi hari
  2. Rasa panas di sekitar sendi
  3. Sendi bengkak dan lunak
  4. Sendi kemerahan

Penyakit asam urat adalah bentuk dari penyakit arthritis yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh Anda. Penyakit ini dapat menyerang seluruh sendi di tubuh, akan tetapi sendi lutut, pergelangan kaki, telapak kaki, dan juga jempol adalah bagian yang paling sering terkena asam urat.

Sebenarnya asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh. Selama kadar asam urat dalam tubuh normal, Anda tidak akan mengalami masalah. Namun ketika kadarnya melonjak naik, barulah bisa bisa memicu penyakit.

Beberapa tahapan gejala asam urat yang biasa dirasakan

1. Awalnya hanya meliputi satu sendi

Bila kristal asam urat menempel pada persendian, gejala yang muncul awalnya meliputi nyeri, pembengkakan, kemerahan dan jika ditekan atau disentuh terasa nyeri. Sendi-sendi yang terasa panas di malam hari, juga bisa menjadi salah satu gejala asam urat.

2. Mulai terasa di berbagai sendi

Menurut National Institute of Arthritis Musculoskeletal and Skin Diseases, tanda-tanda asam urat kambuh mulanya dirasakan pada bagian jempol kaki yang terasa nyeri. Beberapa sendi lainnya yang kemungkinan ikut merasakan nyeri antara lain, pergelangan kaki, lutut, tumit, jemari tangan, siku dan sendi-sendi tubuh lainnya.

3. Sakit asam urat yang berdampak pada kulit

Setelah bertahun-tahun menderita asam urat dan merasakan kambuh-sembuhnya, kristal asam urat mungkin saja membentuk benjolan di bawah kulit. Benjolan ini tidak sakit, tapi akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

4. Berisiko sakit ginjal

Risiko paling berbahaya dari asam urat antara lain bisa menyebabkan batu ginjal hingga kematian. Kristal yang terbentuk akibat kadar asam urat yang berlebih, bisa saja menempel pada saluran kemih, dan biasanya pria lebih rentan terkena kondisi ini. Gejala batu ginjal akibat komplikasi asam urat bisa dirasakan dengan nyeri pada pinggang, demam, hingga urin berdarah.

baca juga :  Pantangan Asam Urat

Cara mengatasi asam urat tinggi di rumah

1. Memperhatikan asupan makanan

Tidak hanya melakukan diet rendah purin saja, namun, sebaiknya Anda juga menghindari makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi. Selain buruk bagi kesehatan, makanan ini juga akan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit diabetes di kemudian hari.

2. Perhatikan asupan cairan

Penting untuk memastikan asupan cairan Anda dalam keadaan cukup guna menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Sebisa mungkin untuk lebih banyak minum air putih, daripada mengonsumsi air yang memiliki rasa manis.

3. Rutin olahraga

Rutin berolahraga dapat membuat Anda menjaga berat badan tetap ideal dan bahkan menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Berolahragalah secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu dengan intensitas sedang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *