tanaman herbal untuk asam urat

Tanaman herbal untuk asam urat

Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Ada banyak pilihan obat asam urat yang dijual di pasaran, baik yang berupa tablet ataupun dalam bentuk bubuk ramuan jamu. Disini kita akan membahas tanaman herbal untuk asam urat yang bisa kita jadikan salah satu untuk mengobati asam urat. Berikut dibawah ini apa saja tanaman herbal untuk asam urat.

Tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk asam urat

1. Jahe

herbal asam urat

Salah satu rempah yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat adalah jahe. Jahe bukan hanya digunakan untuk bahan penyedap makanan tetapi juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Anda bisa mengurangi rasa sakit pada bagian sendi yang disebabkan penyakit asam urat tersebut. Selain itu obat tradisional ini dapat digunakan dalam memperlancar pernafasan serta pencernaan.

2. Seledri

daun seledri

Daun seledri yang bisa Anda gunakan sebagai obat asam urat. Seledri yang biasanya digunakan untuk pelengkap dari masakan juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat secara alami tanpa ada efek samping. Kandungan dari daun seledri antara lain klorin, asam lemak essensial, inositol, asam folat, zeng, sulfur, vitamin B1 serta VitaminA.

baca juga : Diet Asam Urat

3. Bunga rosella

bunga rosella

Bunga rosella bisa meredakan nyeri di bagian sendi. Anda dapat menggunakan bunga ini untuk bisa dijadikan sebagai obat tradisional dalam mengatasi penyakit asam urat. Bunga rosella ternyata mempunyai banyak sekali kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu zat yang dikandung adalah protein esensial dan juga vitamin c. Selain itu juga ada kandungan lainnya seperti asam amino arginina dan juga leginina dimana memiliki manfaat untuk bisa meremajakan bagian dalam sel tubuh.

4. Cherry

jamu asam urat

Buah cherry memiliki kandungan berupa magnesium, dimana bisa dipakai untuk mengobati penyakit asam urat. Selain bisa digunakan dalam meredakan nyeri, kandungan berupa potasium di buah cherry bisa mencegah adanya peradangan atau juga inflamasi. Dalam penggunannya Anda bisa mengkonsumsi sebanyak tiga sampai dengan tujuh buah cherry untuk setiap harinya.

5. Daun sirsak

daun sirsak ramuan untuk asam urat

Daun sirsak memiliki kandungan vitamin c serta vitamin A yang cukup tinggi. Dimana manfaatnya adalah untuk bisa mengeluarkan adanya racun atau juga sampah dalam proses metabolisme dari dalam tubuh. Daun sirsak juga memiliki manfaat dalam mengurangi adanya rasa nyeri yang ada di bagian sendi. Manfaat dari daun sirsak sendiri bisa mengobati penyakit asam urat yang patut untuk Anda coba.

baca juga : Buah Penyebab Asam Urat

6. Pisang

herbal asam urat

Pisang mengandung kalium dan vitamin C yang cukup tinggi. Kalium memiliki kemampuan untuk mengubah kristal asam urat menjadi cairan sehingga dapat dikeluarkan oleh tubuh dengan mudah melalui urin. Sedangkan kandungan vitamin C yang tinggi di dalam pisang dianggap dapat menurunkan tingkat peradangan yang terjadi pada penderita asam urat. Seseorang yang menderita asam urat disarankan untuk memakan pisang sebanyak satu atau dua buah dalam sehari.

7. Apel

Apel Asam Urat

Menurut jurnal Arthritis and Rheumatism yang diterbitkan pada tahun 2005, vitamin C yang ada di dalam apel baik bisa menjadi obat asam urat alami yang mengurangi rasa nyeri, dan juga mampu mencegah penyakit asam urat terjadi. Para ahli dari University of Pittsburgh Medical Center menyarankan agar sebaiknya penderita asam urat mengonsumsi 2 hingga 4 buah apel dalam sehari.

baca juga : Herbal Untuk Asam Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *