Seputar Teripang dan Khasiatnya

Seputar Teripang dan Khasiatnya – Teripang adalah jenis hewan laut yang paling umum ditemukan di Samudra Pasifik India dan Barat, mereka dikonsumsi sebagai makanan di beberapa negara Asia dan digunakan untuk keperluan pengobatan dalam pengobatan Tiongkok tradisional (suatu bentuk pengobatan alternatif yang berasal dari China). Suplemen makanan dari dasar laut ini dikatakan memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk menghilangkan radang sendi.

Seputar Teripang dan Khasiatnya

Bentuk hewan ini terlihat seperti ulat besar atau cacing besar dengan penampilan yang lembut, berbentuk tabung, itulah sebabnya mereka juga disebut siput laut. Tentu saja, pada pandangan pertama, Anda mungkin mempertanyakan siapa yang akan mau memakan hewan ini. Tetapi teripang sebenarnya merupakan makanan lezat di banyak bagian dunia. Dan saat kini, teripang diolah menjadi berbagai varian bentuk yang tentu tidak akan membuat kita khawatir mengingat bentuk aslinya.

Baca juga : “Perawatan Penderita Kolesterol Tinggi

Untuk Anda yang ingin menjalani hidup sehat, teripang dapat memenuhi peran itu dengan cara yang hebat, berkat banyak manfaat kesehatannya. Ini termasuk:

1. Magnesium
Teripang mengandung magnesium, yang membuatnya menjadi pendorong kesehatan tulang. Dan, seperti yang ditunjukkan beberapa penelitian, magnesium juga membantu mengatasi kecemasan. Seputar Teripang dan Khasiatnya

2. Kalsium
Komponen penting kesehatan tulang lainnya, kalsium juga membantu jantung dan otot Anda berfungsi dengan baik. Bahkan, beberapa penelitian telah menyarankan hubungan antara kalsium dan pencegahan penyakit.

3. Vitamin A
Antioksidan kuat, vitamin A bergerak melalui tubuh dan memiliki berbagai manfaat. Vitamin ini mempengaruhi hampir setiap aspek kesehatan Anda, termasuk fungsi jantung dan ginjal, kesehatan otak, kulit yang tepat, paru-paru, dan penglihatan, ditambah lagi dapat memberikan dorongan kuat pada sistem kekebalan tubuh Anda.

4. Kesehatan jantung
Dalam beberapa penelitian, tikus dengan kondisi jantung seperti tekanan darah tinggi diberikan ekstrak dari teripang, untuk mengukur efektivitasnya dalam situasi kesehatan jantung. Benar saja, tikus yang mengonsumsi ekstrak teripang menunjukkan hasil yang terukur, seperti menurunkan kolesterol dan trigliserida.

Manfaat-Teripang

5. Rendah lemak
Seputar Teripang dan Khasiatnya – Sementara teripang sarat dengan vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh Anda, mereka mengandung kadar lemak yang sangat rendah. Ini menjadikannya sebagai tambahan ideal untuk rencana diet apa pun, dan membuat vitamin yang mereka berikan jauh lebih berharga.

6. Protein
Meskipun tidak sehebat steak besar, teripang adalah sumber protein yang efektif, yang berarti dapat membantu tubuh Anda menghasilkan energi alami.

7. Vitamin B2
Vitamin B2, juga dikenal sebagai riboflavin, adalah pemasok energi penting lainnya dalam tubuh Anda. Vitamin B2 membantu Anda memecah karbohidrat, lemak, dan protein dan mengubahnya menjadi energi yang bermanfaat. Ini juga penting dalam penyerapan oksigen tubuh.

8. Vitamin B3
Seperti vitamin B2, vitamin B3 adalah vitamin yang kuat dengan banyak manfaat kesehatan. Ini dapat membantu menjaga fungsi jantung yang sehat, dan itu juga dapat mengurangi perasaan sakit sendi atau kekakuan yang terkait dengan artritis. Plus, vitamin B3 telah terbukti membantu kesehatan kognitif. Seputar Teripang dan Khasiatnya

9. Antioksidan
Beberapa vitamin dan mineral yang tercantum di sini sebenarnya termasuk dalam kategori antioksidan. Antioksidan adalah penambah kekebalan tubuh yang terbukti; mereka membantu tubuh Anda mencegah radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai macam efek kesehatan negatif.

Mungkin yang paling terkenal ditemukan dalam buah berwarna gelap, antioksidan sebenarnya ada dalam jumlah makanan yang mengejutkan, termasuk teripang.

Khasiat-Teripang-Laut

10. Kondroitin sulfat
Ini adalah senyawa yang belum pernah didengar kebanyakan orang, tetapi teripang mengandung chondroitin. Pada manusia, dapat ditemukan di jaringan antara tulang dan tulang rawan, yang membuatnya menjadi blok bangunan penting dalam struktur kerangka.

11. Fungsi hati yang sehat
Seputar Teripang dan Khasiatnya – Dalam penelitian serupa dengan yang disebutkan di atas, sekelompok tikus lab hanya diberi satu dosis teripang. Para peneliti menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi teripang menunjukkan peningkatan fungsi ginjal, lebih sedikit stres oksidatif, dan berkurangnya kerusakan hati.

Baca juga : “Ekstrak Teripang Jelly Gamat

Teripang adalah hewan laut yang menarik yang memiliki beragam kegunaan kuliner dan obat. Mereka adalah sumber protein bergizi yang dapat ditambahkan ke sejumlah hidangan lezat.

Teripang juga mungkin memiliki sejumlah manfaat kesehatan, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum kesimpulan dapat dibuat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *