Perawatan Luka Terbuka Di Rumah

Perawatan Luka Terbuka Di RumahLuka adalah cedera yang menyebabkan kerusakan internal atau eksternal pada jaringan tubuh. Sedangkan luka terbuka adalah cidera yang terpapar karena kulit yang rusak (misal terkena sayatan pisau), dan luka terbuka berisiko tinggi terhadap infeksi. Sepertinya hampir setiap orang mengalami luka terbuka dibeberapa titik dalam hidup mereka, begitupun dengan kita.

Perawatan Luka Terbuka Di Rumah

Pada luka terbuka, membuat kulit retak terbuka dan membiarkan jaringan di bawahnya terpapar ke lingkungan luar, yang akibatnya dapat membuatnya lebih rentan terhadap perdarahan dan infeksi. Kebanyakan luka terbuka bersifat ringan dan dapat dirawat di rumah. Kecelakaan paling umum yang mengakibatkan luka terbuka adalah jatuh, kesalahan penanganan benda tajam, kecelakaan dengan alat atau mesin, kecelakaan dalam berkendara, dan masih banyak lagi.

Baca : “Buah Ini Memiliki Jutaan Khasiat

Lalu bagaimana perawatan untuk luka terbuka di rumah? Luka terbuka diperlakukan sebagai berikut:

1. Hentikan pendarahan
Perawatan Luka Terbuka Di Rumah – Berikan tekanan lembut pada luka dengan perban bersih selama dua puluh hingga tiga puluh menit. Cobalah untuk tidak sering memeriksa untuk melihat apakah perdarahan telah berhenti, karena ini dapat mencegah darah membeku sesuai kebutuhan.

2. Bersihkan luka
Lepaskan benda penyebab, cuci luka dengan air bersih, dan siram dengan larutan steril (dengan jarum suntik irigasi) untuk menghilangkan bakteri atau sisa-sisa kotoran. Dalam beberapa kasus, debridement bedah diperlukan untuk mengangkat jaringan yang mati dan semua bahan asing yang tidak dapat dikeluarkan selama pembersihan awal. Menghapus puing-puing dari pakaian, kotoran, gelas, peluru, logam atau sumber lain dapat mengurangi risiko infeksi dan menyediakan lingkungan yang bersih yang mendorong proses penyembuhan.

3. Antibiotik
Oleskan tipis-tipis salep antibiotik (seperti Neosporin) di atas luka untuk mengurangi risiko infeksi.

Obat-Luka-Mujarab

4. Penutupan luka
Perawatan Luka Terbuka Di Rumah – Luka dapat ditutup dengan jahitan, staples, pita perekat kulit atau pembalut luka perban steril (untuk lecet). Penutupan luka menyatukan jaringan yang terpisah dan memperbaiki organ atau jaringan yang rusak untuk meningkatkan proses penyembuhan. Namun, dalam kasus luka bedah yang terinfeksi, luka dapat dibiarkan terbuka setelah operasi sampai infeksi sembuh. Penutupan luka yang terinfeksi dapat menyebabkan lebih banyak komplikasi dan kegagalan untuk sembuh dengan benar.

5. Ganti balutan
Ganti balutan luka setidaknya sekali sehari, terutama saat basah karena darah atau drainase.

6. Tetanus
Jika sudah lebih dari lima tahun sejak vaksinasi tetanus terakhir, booster atau suntikan tetanus baru harus diberikan. Ini terutama penting dalam kasus luka yang dalam, kotor, terkontaminasi, atau yang disebabkan oleh gigitan manusia atau hewan.

Baca : “Obat Luka Untuk Dirumah

Jika luka memiliki bau busuk, apakah cairan coklat atau abu-abu keluar, atau jika luka kulit di sekitarnya menjadi hitam dan membentuk gelembung udara atau lepuh, ini mungkin gangren. Segera cari bantuan medis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *