Penyebab asam urat tinggi

penyebab asam urat tinggi

Penyakit asam urat dapat menyerang seluruh sendi di tubuh, akan tetapi sendi lutut, pergelangan kaki, telapak kaki, dan juga jempol adalah bagian yang paling sering terkena asam urat. Asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh. Selama kadar asam urat dalam tubuh normal, Anda tidak akan mengalami masalah. Jadi yang menjadi penyebab asam urat tinggi adalah menumpuknya kadar asam urat. Dan ada beberapa makanan yang menjadi penyebab asam urat tinggi, mari kita lihat dibawah ini.

1. Makanan Yang Membuat Asam Urat Menjadi Tinggi

1.Jeroan

jeroan

Untuk jenis makanan ini, Anda disarankan untuk menjauhinya karena jeroan seperti hati dan organ dalam lainnya, memiliki kandungan purin tertinggi.

2. Makanan laut atau boga bahari (seafood)

makanan pantangan asam uratt

Anda penyuka makanan laut? Mulai sekarang cobalah untuk membatasi konsumsinya, karena makanan laut kaya akan purin. Yang harus diperhatikan bagi penderita asam urat tinggi antara lain adalah kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), tiram, udang, lobster, atau kepiting.

3. Minuman beralkohol

minuman beralkohol

Beberapa jenis minuman beralkohol mengandung purin yang tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Minuman beralkohol yang tidak baik bagi penderita asam urat adalah bir. Selain itu, bir juga bisa menyebabkan dehidrasi, yang akan memicu datangnya rasa nyeri pada penderita asam urat tinggi. Minuman beralkohol lain yang juga mengandung purin namun dalam jumlah sedang yaitu anggur (wine).

4. Daging

daging sapi

Kandungan purin dalam kelompok makanan ini masih tergolong sedang. Anda bisa mengonsumsi daging sapi, daging unggas, daging kambing, atau daging babi yang semuanya tanpa lemak, paling banyak 170 gram setiap harinya.

2. Kadar Asam Urat Normal 

Lalu, pada seseorang yang merasakan radang sendi, kadarnya kamu harus kurang dari 6,0 mg/dL. Tingginya kadar pada darah dalam memperlihatkan apabila ginjal kamu tidak cukup untuk menyaring asam urat yang ada di tubuh.

Kadar yang tinggi dapat menunjukkan kondisi lainnya, yaitu:

  1. Diabetes.
  2. Gangguan sumsum tulang, seperti leukimia.
  3. Penyakit gout.
  4. Gangguan ginjal.
  5. Multiple myeloma, yaitu kanker sel plasma pada sumsum tulang.

1. Pria

Pemeriksaan darah harus dilakukan terlebih dahulu agar kadar asam urat bisa diketahui dengan pasti. Bagi pria yang berusia di atas 18 tahun, kadar normalnya nya berkisar antara 2 mg/dL sampai 7,5 mg/dL. Sedangkan pria yang umurnya berada diatas 40 tahun, normalnya memiliki kadar dari 2 mg/dL sampai 8,5 mg/dL. Dan bagi lelaki yang berusia 10 sampai 18 tahun pun harus bias menjaga kadar normalnya, yakni dari 3,6 mg/dL sampai 5,5 mg/dL.

Baca Juga : Cara Mengatasi Asam Urat

2.Wanita

Kadar asam urat pria dan wanita tentunya berbeda, tapi cara pengecekannya sama saja. Langkah pertama juga harus melakukan pemeriksaan darah terlebih dahulu. Bagi wanita yang berusia 18 tahun keatas , kadar normalnya dari 2 mg/dL hingga 6,5 mg/dL. Dan memiliki kadar normal 2 mg/dL hingga 8 mg/dL bagi wanita yang sudah atau mendekati menopause. Serta yang berusia dibawah 18 tahun memiliki kadar normal yaitu 3,6 mg/dL hingga 4 mg/dL. Agar kadarnya tidak meningkat , maka kirta harus hati-hati dalam menjalani pola hidup sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *