penyebab asam urat dan cara mengatasinya

Penyebab asam urat dan cara mengatasainya

Apa itu asam urat, penyebab asam urat dan cara mengatasinya, mari kita lihat dibawah ini. Asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh. Selama kadar asam urat dalam tubuh normal, Anda tidak akan mengalami masalah. Jadi yang menjadi penyebab asam urat tinggi adalah menumpuknya kadar asam urat. Dan ada beberapa makanan yang menjadi penyebab asam urat tinggi. Dan untuk lebih jelasnya mari kita simak dibawah ini, penyebab asam urat dan cara mengatasinya.

Makanan Yang Membuat Asam Urat Menjadi Tinggi

1.Jeroan

jeroan

Untuk jenis makanan ini, Anda disarankan untuk menjauhinya karena jeroan seperti hati dan organ dalam lainnya, memiliki kandungan purin tertinggi.

2. Makanan laut atau boga bahari (seafood)

 

Anda penyuka makanan laut? Mulai sekarang cobalah untuk membatasi konsumsinya, karena makanan laut kaya akan purin. Yang harus diperhatikan bagi penderita asam urat tinggi antara lain adalah kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), tiram, udang, lobster, atau kepiting.

3. Minuman beralkohol

minuman beralkohol

Beberapa jenis minuman beralkohol mengandung purin yang tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Minuman beralkohol yang tidak baik bagi penderita asam urat adalah bir. Selain itu, bir juga bisa menyebabkan dehidrasi, yang akan memicu datangnya rasa nyeri pada penderita asam urat tinggi. Minuman beralkohol lain yang juga mengandung purin namun dalam jumlah sedang yaitu anggur (wine).

4. Daging

daging sapi

Kandungan purin dalam kelompok makanan ini masih tergolong sedang. Anda bisa mengonsumsi daging sapi, daging unggas, daging kambing, atau daging babi yang semuanya tanpa lemak, paling banyak 170 gram setiap harinya.

baca juga : Makanan Untuk Penderita Asam Urat

6 Cara Mengatasi Asam Urat Di Rumah

1. Pantau kadar asam urat tubuh Anda

Hal yang harus Anda miliki adalah alat tes asam urat. Saat ini alat cek asam urat sudah bisa dipakai sendiri oleh pasien. Bentuknya hampir sama dengan alat pengecek gula darah di rumah.

2. Olahraga dengan teratur

Pengobatan asam urat di rumah lain yang paling mudah adalah melakukan olahraga rutin. Berolahragalah secara teratur dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit selama 5 hari dalam seminggu.

3. Jaga berat badan dengan diet yang tepat

Orang yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki asam urat yang tinggi daripada orang yang memiliki berat badan normal.Untuk menjaga berat badan, pilihlah sumber karbohidrat kompleks dalam diet Anda. Makan lebih banyak buah, sayuran, dan gandum utuh. Hindari makanan seperti kue-kue manis, permen, minuman manis dan produk yang mengandung gula fruktosa tinggi.

4. Perbanyak minum air putih

Dengan minum air minimal delapan gelas per hari akan membantu mengangkut zat gizi dan juga zat yang sudah tidak terpakai dalam tubuh. Beberapa ahli percaya bahwa minum air putih akan ikut membantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk dalam tubuh.

Selain dari air putih sendiri, memilih buah yang mengandung air juga bisa menjadi salah satu cara untuk memperlancar pengeluaran asam urat.

5. Obat asam urat dari dokter

Selain pemilihan makanan, cara mengatasi asam urat di rumah lainnya adalah patuh minum obat. Jika Anda telah didiagnosis mengalami asam urat tinggi dan diberikan obat khusus oleh dokter, minumlah obat sesuai petunjuk yang diberikan secara teratur.

Biasanya dokter juga akan meresepkan obat anti peradangan seperti celecoxib, indomethacin, meloxicam, atau sulindac saat terjadi saat nyeri mulai sakit dan bengkak.

6. Mengandalkan obat alami

Anda juga bisa mengatasi asam urat di rumah dengan mengandalkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Tetapi tentunya bahan-bahan alami ini tetap tidak bisa menggantikan sepenuhnya fungsi obat yang sudah diberikan dokter. Obat alami ini hanya bisa membantu mengendalikan gejala yang muncul saja. Berikut adalah obat alami asam urat yang bisa dikonsumsi.

  • Cuka apel
  • Jahe
  • Lemon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *