Penyakit gout atau asam urat

Penyakit gout

Penyakit gout atau sering kita sebut dengan asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh kita, bisa mempunyai risiko terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki. Biasanya, penyakit asam urat ini dapat lebih mudah menyerang laki- laki, khususnya dengan usia diatas 30 tahun. Itu adalah sedikitpenjelasan tentang penyakit gout.

Kadar asam urat menurut jenis kelamin

1. Pria

Pemeriksaan darah harus dilakukan terlebih dahulu agar kadar asam urat bisa diketahui dengan pasti. Bagi pria yang berusia di atas 18 tahun, kadar normalnya nya berkisar antara 2 mg/dL sampai 7,5 mg/dL. Sedangkan pria yang umurnya berada diatas 40 tahun, normalnya memiliki kadar dari 2 mg/dL sampai 8,5 mg/dL. Dan bagi lelaki yang berusia 10 sampai 18 tahun pun harus bias menjaga kadar normalJamu nya, yakni dari 3,6 mg/dL sampai 5,5 mg/dL.

2. Wanita

Kadar asam urat pria dan wanita tentunya berbeda, tapi cara pengecekannya sama saja. Langkah pertama juga harus melakukan pemeriksaan darah terlebih dahulu. Bagi wanita yang berusia 18 tahun keatas , kadar normalnya dari 2 mg/dL hingga 6,5 mg/dL. Dan memiliki kadar normal 2 mg/dL hingga 8 mg/dL bagi wanita yang sudah atau mendekati menopause. Serta yang berusia dibawah 18 tahun memiliki kadar normal yaitu 3,6 mg/dL hingga 4 mg/dL. Agar kadarnya tidak meningkat , maka kirta harus hati-hati dalam menjalani pola hidup sehari-hari.

baca juga :  Jamu Tradisional Asam Urat

Penyebab Penyakit Asam Urat

  •  Makanan yang berzat purin tinggi yang dikonsumsi, seperti jeroan hewan, hidangan laut dan daging merah
  • Banyak mengonsumsi minuman dengan gula tinggi dan minuman beralkohol
  • Menggunakan obat-obatan dengan jenis tertentu, seperti aspirin, obat penghambat enzim, sislosporin, dan obat-obatan kemoterapi
  • Mempunyai riwayat penyakit asam urat pada anggota keluarga.

Ada tiga tahapan penyakit asam urat berdasarkan tingkat keparahannya, yaitu:

Tahap pertama

Pada tahap ini kadar asam urat sudah naik di dalam darah, tetapi belum ada gejala asam urat yang muncul. Bisa saja Anda tidak akan pernah merasakan gejala asam urat. Biasanya, orang yang mengalami hal ini, baru akan merasakan gejala asam urat pertama kali setelah ia terserang penyakit batu ginjal.

baca juga : Diet Asam Urat

Tahap kedua

Saat memasuki tahap kedua, maka kadar asam urat yang terlalu tinggi tersebut telah membentuk kristal-kristal yang biasanya terjadi pada bagian jari kaki. Dalam tahap ini, Anda baru akan merasakan nyeri dan sakit pada sendi, tetapi hal ini tidak akan berlangsung lama. Selang beberapa waktu kemudian, Anda baru akan mengalami gejala asam urat lainnya dengan intensitas dan frekuensi yang semakin sering.

Tahap ketiga

Jika gejala asam urat tak kunjung hilang dan kristal-kristal asam urat yang terbentuk tidak hanya menyerang satu sendi saja. Bahkan, dalam tahap ini akan muncul gumpalan-gumpalan zat tersebut yang sudah mengkristal di bawah kulit. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri yang lebih parah dan dapat merusak tulang-tulang rawan.
Sebagian besar orang yang menderita penyakit ini, hanya mengalami tahap satu atau dua saja. Cukup jarang orang yang menderita asam urat ditemukan telah mencapai tahapan ketiga, karena sebagian besar pada tahap kedua penderita gejala asam urat sudah dapat ditangani dengan baik.

baca juga : Cara Mengobati Kolesterol

Beragam Bahaya Asam Urat

  • Tophi
  • Kerusakan sendi
  • Batu ginjal
  • Penyakit jantung koroner
  • Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *