Penyakit Berbahaya Akibat Kurang Tidur

Penyakit Berbahaya Akibat Kurang Tidur – Rata-rata, orang dewasa membutuhkan waktu tidur tujuh hingga delapan jam sehari. Waktu tidur yang cukup dan berkualitas bisa membuat Anda lebih segar dan siap menjalani aktivitas pada esok hari. Sayangnya, berbagai kegiatan  seperti aktivitas pekerjaan hingga bersosialisasi langsung maupun melalui media sosial membuat seseorang menjadi kurang tidur.

Dr. Raghu Reddy, sleep medicine specialist dari Universitas Arkansas, Amerika Serikat mengingatkan waktu tidur yang hilang dalam lima jam selama seminggu dapat diganti dengan berisitirahat selama akhir pekan. Namun, jika waktu tidur yang hilang sudah lebih dari 20 jam, maka akan sangat berbahaya dan bisa mengganggu kesehatan tubuh, baik fisik maupun emosional.

baca juga : Obat Herbal Nyeri Sendi Jelly Gamat Walet

Penyakit Berbahaya Akibat Kurang Tidur

Penyakit Berbahaya Akibat Kurang Tidur

1. Ingatan yang Buruk

Kurang tidur akan membuat Anda menjadi pelupa dan ini sangat memalukan. Ketika tidur sebenarnya otak bekerja untuk mengingat, menyimpan memori dan mengolah data yang didapatkan dari syaraf kecil pada saat masih sadar. Jadi ketika kurang tidur maka otak Anda tidak mengumpulkan data dan menyimpan memori dengan benar. Dampaknya maka Anda menjadi pelupa dan kurang bersemangat. Kerja rangsangan sinyal pendek pada otak memiliki peran yang penting dalam fungsi ingatan pada otak.

2. Tekanan darah

Kurang tidur satu hingga enam jam per hari dapat menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah sistolik dan bisa menggangu aktivitas sehari-hari. Hal inilah yang memicu tekanan darah tinggi.

3. Kekebalan Tubuh Rendah

Ketika tubuh sedang tidur sebenarnya tetap bekerja namun tidak bisa kita sadari sepenuhnya. Tubuh saat tidur tetap memproduksi sitokin dan antibodi yang bisa melawan infeksi. Jadi zat ini akan melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus terutama ketika bakteri dan virus melawan antibodi saat tidur. Jadi tidur yang kurang akan membuat tubuh tidak memiliki sitokin dan akibatnya maka tubuh akan terlihat sangat lemah, lelah dan tidak memiliki sistem kekebalan yang baik. Penyakit Berbahaya Akibat Kurang Tidur

4. Halusinasi

Kebiasaan kurang tidur akibat bekerja atau begadang juga bisa meningkatkan resiko berhalusinasi. Ini adalah salah satu masalah yang terjadi akibat terjadinya sistem rangsangan syaraf otak yang tidak berjalan dengan baik. Orang yang menderita penyakit lupus atau narkolepsi maka halusinasi menjadi lebih parah. Beberapa gejala yang paling diwaspadai dari halusinasi adalah seperti depresi, ketakutan tanpa sebab, mudah marah, mudah tersinggung, dan keinginan untuk bunuh diri dengan cara yang tidak diduga oleh orang yang normal. Bantuan dari terapis sangat diperlukan untuk mengatasi hal ini.

5. Kanker payudara

Saat Anda kurang tidur, hormon melatonin yaitu hormon anti kanker akan menurun. Kurang tidur juga memicu meningkatnya kadar hormon estrogen (senyawa steroid yang berfungsi sebagai pemicu perkembangan organ seks). Ketika ini terus terjadi dalam siklus tidur, maka akan menyebabkan terjadinya kanker payudara pada wanita.

6. Memicu gangguan jantung

Orang yang tidur terlalu larut sehingga kekurangan waktu tidur berisiko rentan terhadap penyakit jantung. Waktu tidur yang kurang juga dapat menurunkanproses metabolisme dan meningkatkan tekanan darah sehingga proses kerja jantung  menjadi terganggu.

7. Resiko Kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 membuktikan bahwa kurang tidur bisa menyebabkan resiko kanker yang lebih tinggi. Kondisi ini bisa terjadi ketika tubuh seharusnya mengalami produktifitas sel dan sistem kerja sel untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh saat tidur. Namun ternyata ketika kurang tidur maka sistem sel tidak bisa bekerja dengan baik dan akibatnya banyak sel yang rusak yang bisa menyebabkan kerusakan jaringan pada tubuh. Kondisinya akan memburuk karena banyak sel yang rusak, tidak berfungsi dengan baik dan membelah dalam waktu yang sangat cepat. Penderita kanker payudara bahkan bisa mengalami kekambuhan jika selalu kurang tidur.

Demikian Penyakit Berbahaya Akibat Kurang Tidur. Semoga Bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *