Penderita Asam Urat Hindari Makanan Ini

Penderita Asam Urat Hindari Makanan Ini – Penyakit asam urat terjadi ketika kadar asam urat terlalu tinggi dalam darah. Tubuh kita menghasilkan asam urat ketika memecah purin (zat yang ditemukan secara alami di tubuh). Seharusnya, asam urat larut dalam darah dan melewati ginjal ke dalam urin. Tetapi terkadang tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat karena terlalu banyak zat purin atau ginjal mengeluarkan terlalu sedikit asam urat.

Penderita-Asam-Urat-Hindari-Makanan-Ini

Kondisi ini dapat menyebabkan terbentuknya kristal asam urat dan mengendap pada persendian. Zat purin tidak hanya diproduksi dalam tubuh saja, namun bisa kita dapatkan dari berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi. Dan karena asam urat juga terakumulasi dari pemecahan makanan yang mengandung purin, penting untuk mengurangi asupan makanan yang mengandung purin tinggi.

Baca juga : “Lakukan Ini Jika Anda Dehidrasi

Apa saja makanan itu? Silahkan simak dan jauhi makanan dan minuman ini jika tidak ingin asam urat bertambah parah :

1. Daging Merah

Pantangan-Asam-Urat

Beberapa daging mengandung purin tinggi. Daging merah memiliki kandungan purin yang lebih tinggi daripada daging putih, namun dari dari sekian banyak daging merah, domba adalah yang paling bermasalah atau memiliki kandungan purin tinggi.

2. Daging Organ / Jeroan

Jeroan-dan-Asam-Urat

Penderita Asam Urat Hindari Makanan Ini – Meskipun saat ini jeroan tidak dikonsumsi secara luas seperti seabad yang lalu, jeroan tetap menjadi pilihan makanan yang buruk bagi penderita asam urat. Cara terbaik adalah menghilangkan lidah, hati, otak, ginjal, dan semua bagian kecuali otot dan tulang dari makanan untuk meminimalkan serangan asam urat.

3. Sayuran

Sayur-Pantangan-Asam-Urat

Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang dianjurkan untuk selalu dikonsumsi. Namun, beberapa sayuran mengandung purin tinggi yang tidak baik bagi penderita asam urat, diantaranya kembang kol, kacang-kacangan, bayam, asparagus, dan jamur.

4. Minuman Manis

Pemicu-Asam-Urat

Minuman manis biasanya mengandung sirup jagung fruktosa tinggi. Konsumsi minuman ini merangsang tubuh untuk menghasilkan lebih banyak asam urat. Kelebihan asam urat membuat individu dengan penyakit asam urat berisiko lebih tinggi terkena serangan.

5. Makanan Laut

Makanan-Laut-Pantangan-Asam-Urat

Jenis makanan laut tertentu seperti ikan teri, kerang, kepiting, udang, sarden, herring, trout, makarel, dan lainnya memiliki purin tingkat sedang hingga tinggi. Hindari makanan-makananlaut ini.

6. Alkohol

Bahaya-ALkohol-Untuk-Asam-Urat

Penderita Asam Urat Hindari Makanan Ini – Minuman beralkohol faktanya tidak ada keuntungan sama sekali jika dikonsumsi. Selain dapat memicu asam urat, alkohol menyebabkan dehidrasi yang bisa memperburuk kondisi asam urat.

7. Buah Tertentu

Penderita-Asam-Urat-Jangan-Makan-Ini

Penyedia layanan kesehatan merekomendasikan mereka yang menderita asam urat untuk menghindari buah-buahan tertentu karena beberapa buah juga memicu peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Plum, leci, prem, ceri, dan pir termasuk dalam daftar buah yang harus dihindari penderita asam urat.

8. Produk Susu dan Olahannya

Penderita-Asam-Urat-Jangan-Minum-Susu

Seperti susu dan yogurt dapat berpotensi memicu kadar asam urat menjadi tinggi, pilihlah susu yang rendah lemak jika ingin mengkonsumsinya.

Baca juga : “Suplemen Untuk Redakan Gejala Asam Urat

Buatlah buku harian atau daftar list makanan yang dapat menjadi pemicu Anda pada resiko terbesar. Hindari diet ketat karena menurunkan berat badan terlalu cepat dapat memicu serangan asam urat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *