Pantangan Makanan Untuk Penderita Diare

Pantangan Makanan Untuk Penderita Diare – Diare adalah penyakit yang ditandai dengan buang air besar yang lembek atau cair, atau perlu bolak-balik ke toilet. Diare bisa terjadi pada siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak.

Tergantung pada berapa lama diare berlangsung, ada 3 jenis diare:

  • Diare akut yang berlangsung beberapa hari hingga seminggu.
  • Diare yang berlangsung selama 3 minggu.
  • Diare kronis yang berlangsung lebih dari 4 minggu.

Penyebab diare bisa bermacam-macam. Penyebab yang paling umum adalah infeksi pada usus yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit. Infeksi tersebut biasanya berasal dari air atau makanan yang tercemar. Diare juga dapat disebabkan oleh makanan yang merusak sistem pencernaan atau menyebabkan alergi pada penderita. Beberapa metode pengobatan dapat dilakukan untuk mengatasi diare, seperti penggunaan antibiotik, obat-obatan kemoterapi, dan obat pencahar yang mengandung magnesium. Diare juga bisa jadi merupakan gejala dari penyakit lain, seperti sindrom gagal penyerapan (malabsorpsi), peradangan pada usus, luka pada usus besar (kolitis ulserativa) dan penyakit Crohn, serta sindrom usus sensitif atau IBS. Sebab lainnya adalah ketidaktahanan terhadap laktosa, dimana penderitanya mengalami mencret setelah mengkonsumsi susu atau produk dari susu lainnya. Beberapa sebab lainnya meliputi kelainan pada saraf yang terhubung dengan usus, penghilangan bagian dari perut atau usus halus, dan terapi radiasi.

diare

baca juga : Kolesterol Tinggi Turun Drastis Dengan Jelly Gamat Walet

Pantangan Makanan Untuk Penderita Diare

Pantangan Makanan Untuk Penderita Diare

Makanan Pedas

Makanan Pedas yang mengandung cabe dan merica merupakan pantangan bagi penderita Diare, makanan pedas dapat meningkatkan asam lambung dan gangguang fungsi usus.

Minuman Ringan

Pemanis buatan seperti Sorbitol, Manitol dan Xylitol yang terkandung dalam permen dan minuman ringan dapat menyebabkan sensasi ingin buang air besar. Saat diare hendaknya menghentikan kebiasaan makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, sebaliknya perbanyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Pantangan Makanan Untuk Penderita Diare

Makanan yang Mengandung Gas

Makanan yang mengandung gas diantaranya adalah Kembang Kubis, Kol, Kol, Kacang-kacangan dan Brokoli. Konsumsi makanan diatas saat diare dapat meningkatkan konsentrasi gas di usus dan memperparah diare Anda.

Susu

Susu merupakan Makanan Pantangan Orang Diare, susu dapat menyebabkan seseorang mengalami diare kronis. Hal ini dikarenakan kandungan laktosa dalam susu merupakan salah satu penyebab diare.

Demikian pantangan makanan untuk penderita diare. Semoga Bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *