Pantangan Makanan Untuk Kolesterol Tinggi

Pantangan Makanan Untuk Kolesterol Tinggi – Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Kolesterol merupakan salah satu senyawa lemak (lipid) yang menyerupai lilin. Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati serta sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Fungsi kolesterol adalah turut memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, atau vitamin D. Walaupun dibutuhkan, kolesterol yang berlebih akan tertimbun di sepanjang dinding pembuluh darah arteri sebagai plak, sehingga mempersempit dan menghambat aliran darah. Akibatnya, banyak bagian tubuh yang kekurangan pasokan darah sehingga berisiko menimbulkan masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung atau stroke. Selain faktor genetik, kolesterol tinggi juga bisa terjadi karena mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol atau kurang berolahraga.

baca juga : Cara Aman Atasi Vertigo Dengan Jelly Gamat Walet

Gejala Kolesterol

  • Kesemutan.
  • Sering mual dan muntah.
  • Hilangnya keseimbangan.
  • Mengalami nyeri leher dan punggung.
  • Tubuh yang sangat lelah.
  • Mengalami sakit kaki dan tangan.
  • Emosi yang tidak stabil.
  • Wajah merah

Pantangan Makanan Untuk Kolesterol Tinggi

Pantangan Makanan Untuk Kolesterol Tinggi

1. Gorengan

Makanan-makanan yang digoreng dengan minyak atau margarin kadar kolesterolnya akan langsung naik. Apalagi kalau dimasak dalam minyak jelantah yang sudah dipakai menggoreng beberapa kali. Misalnya tahu, tempe, bakwan, martabak telur, dan ayam goreng. Cobalah untuk memasak dengan cara sehat lainnya, tanpa digoreng. Misalnya kukus, pepes, dan rebus. Pantangan Makanan Untuk Kolesterol Tinggi

2. Kulit

Kulit ayam, sapi, atau kikil mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi bahkan dari dagingnya. Hal ini bisa meningkatkan kolesterol Anda secara cukup signifikan. Jadi jika Anda makan ayam, sebaiknya jangan disajikan dengan kulitnya.

3. Udang

Makanan laut yang perlu Anda waspadai adalah udang. Dibandingkan dengan makanan laut lainnya seperti ikan dan cumi, udang memiliki kadar kolesterol yang paling tinggi. Maka, udang jadi salah satu makanan pantangan kolesterol tinggi. Bila Anda ingin mengonsumsi makanan laut, sebaiknya imbangi dengan nutrisi dari sayur dan buah-buahan segar.

4. Telur ayam

Sebutir telur ayam ras (ayam negeri) lengkap dengan kuning telur dan putih telur mengandung kira-kira 164 miligram kolesterol. Sedangkan kuning telurnya saja mengandung kolesterol sekitar 242 miligram. Belum lagi kalau telur digoreng dengan minyak palm. Maka, sebaiknya Anda mengonsumsi sumber protein lain yang masih lebih aman, misalnya dari tahu dan tempe.

5. Jeroan

Hindari jeroan ayam dan sapi seperti hati, otak, usus, ampela, jantung, dan organ dalam lainnya. Pasalnya, jeroan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Lebih baik Anda mengonsumsi daging yang rendah lemak, jangan organ dalamnya.

Demikian pantangan makanan untuk kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *