Pantangan makanan untuk asam urat

pantangan makanan untuk asam urat

Apa itu penyakit asam urat dan apa yang menjadi penyebabnya. Asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh. Selama kadar asam urat dalam tubuh normal, Anda tidak akan mengalami masalah. Jadi yang menjadi penyebab asam urat tinggi adalah menumpuknya kadar asam urat. Dan ada beberapa pantangan makanan untuk asam urat karena memiliki kadar purin yang tinggi. Seperti jeroan, seafood, daging, durian dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat dibawah ini apa saja pantangan makanan asam urat.

Pantangan Makanan Untuk Asam Urat

1. Makanan laut (seafood)

pantangan makanan untuk asam urat

Anda penyuka makanan laut? Mulai sekarang cobalah untuk membatasi konsumsinya, karena makanan laut kaya akan purin. Yang harus diperhatikan bagi penderita asam urat tinggi antara lain adalah kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), tiram, udang, lobster, atau kepiting.

2. Minuman beralkohol

miras

Beberapa jenis minuman beralkohol mengandung purin yang tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Minuman beralkohol yang tidak baik bagi penderita asam urat adalah bir. Selain itu, bir juga bisa menyebabkan dehidrasi, yang akan memicu datangnya rasa nyeri pada penderita asam urat tinggi. Minuman beralkohol lain yang juga mengandung purin namun dalam jumlah sedang yaitu anggur (wine).

3. Daging

daging pantangan makanan untuk asam urat

Kandungan purin dalam kelompok makanan ini masih tergolong sedang. Anda bisa mengonsumsi daging sapi, daging unggas, daging kambing, atau daging babi yang semuanya tanpa lemak, paling banyak 170 gram setiap harinya.

4. Jeroan

jeroan

Untuk jenis makanan ini, Anda disarankan untuk menjauhinya karena jeroan seperti hati dan organ dalam lainnya, memiliki kandungan purin tertinggi.

5. Durian

Durian

Durian adalah buah yang tingkat kolsterolnya cukup banyak, jika anda berlebihan mengkonsumsi durian maka kolesterol dalam tubuh bisa naik juga, dan saat kolesterol ini juga bisa memancing naiknya kadar asam urat dalam tubuh.

6. Nangka

nangka

Nangka adalah buah yang mengandung purin yang cukup banyak, cukup untuk membuat penderita asam urat tersiksa karena bisa memicu kambuhnya asam urat. Nah sebaiknya batasi atau bahkan menghindari buah nangka demi kesehatan Anda.

7. Nanas

buah penyebab asam urat

Buah nanas merupakan buah-buahan yang bisa berubah saat dikonsumsi, nanas saat masuk ke sistem pencernaan akan terfermentasi dan berubah menjadi alkohol. Alkohol sendiri sangat buruk bagi penderita asam urat, karena bisa meningkatkan purin dengan cepat. Nah ketimbang asam urat anda kambuh lebih baik hindari buah nanas.

8. Rambutan

rambutan

Rambutan merupakan buah yang memiliki gula yang tinggi, rambutan juga termasuk buah yang bersifat alkoholik artinya gula dalam rambutan bisa berubah jadi alkohol jika kematangannya terlalu tinggi. Nah jika anda kebanyakan makan buah ini maka bisa memicu kadar asam urat anda naik.

Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Tahapan penyakit asam urat

Tahap pertama

Pada tahap ini kadar asam urat sudah naik di dalam darah, tetapi belum ada gejala asam urat yang muncul. Bisa saja Anda tidak akan pernah merasakan gejala asam urat. Biasanya, orang yang mengalami hal ini, baru akan merasakan gejala asam urat pertama kali setelah ia terserang penyakit batu ginjal.

Tahap kedua

Saat memasuki tahap kedua, maka kadar asam urat yang terlalu tinggi tersebut telah membentuk kristal-kristal yang biasanya terjadi pada bagian jari kaki. Dalam tahap ini, Anda baru akan merasakan nyeri dan sakit pada sendi, tetapi hal ini tidak akan berlangsung lama. Selang beberapa waktu kemudian, Anda baru akan mengalami gejala asam urat lainnya dengan intensitas dan frekuensi yang semakin sering.

Tahap ketiga

Jika gejala asam urat tak kunjung hilang dan kristal-kristal asam urat yang terbentuk tidak hanya menyerang satu sendi saja. Bahkan, dalam tahap ini akan muncul gumpalan-gumpalan zat tersebut yang sudah mengkristal di bawah kulit. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri yang lebih parah dan dapat merusak tulang-tulang rawan.
Sebagian besar orang yang menderita penyakit ini, hanya mengalami tahap satu atau dua saja. Cukup jarang orang yang menderita asam urat ditemukan telah mencapai tahapan ketiga, karena sebagian besar pada tahap kedua penderita gejala asam urat sudah dapat ditangani dengan baik.

Ciri-ciri asam urat yang paling sering adalah:

  • Nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering pertama terjadi di pagi hari
  • Rasa panas di sekitar sendi
  • Sendi bengkak dan lunak
  • Sendi kemerahan

Baca Juga : Bahaya Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *