Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat – Penderita asam urat dapat mengalami rasa sakit pada area persendian ketika kadar asam urat dalam darah meningkat. Naiknya kadar tersebut bisa disebabkan oleh jenis makanan tertentu.

Salah satu penyebab meningkatnya kadar asam urat yaitu mengonsumsi makanan mengandung purin. Jadi, untuk menghindari rasa tidak nyaman, seperti nyeri pada persendian, pemilik asam urat tinggi atau gout wajib membatasi konsumsi makanan dengan kandungan zat tersebut

baca juga : Sakit Perut Sembuh Dengan Jelly Gamat Walet

Gejala Asam Urat

Gejala penyakit asam urat umumnya berupa nyeri sendi mendadak dalam waktu singkat (akut), kemudian hilang dalam beberapa hari, dan muncul lagi setelah 6 atau 12 bulan. Dalam beberapa kasus, penderita penyakit asam urat mengalami gejala kronis, akibat serangan asam urat berulang yang terjadi dalam kurun waktu yang lama.

Pada asam urat akut, nyeri hanya terjadi pada satu atau beberapa sendi, seperti di jempol kaki, lutut, atau pergelangan kaki. Gejala akan terasa parah selama 2 hari pertama, dan bisa berlangsung hingga 10 hari. Umumnya penderita akan merasakan nyeri hebat yang muncul mendadak saat malam hari. Selain itu, sendi yang terasa nyeri akan terlihat merah, bengkak, dan akan sangat sakit meski hanya tersentuh sedikit. Beberapa penderita asam urat akut juga mengalami demam selama nyeri menyerang. Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

Sedangkan pada asam urat kronis, gejala yang muncul adalah nyeri disertai radang sendi yang terjadi berulang, dan bisa mengakibatkan kerusakan sendi permanen, di mana sendi tidak bisa bergerak normal. Selain di ibu jari kaki, nyeri juga terjadi pada banyak sendi di tubuh, seperti siku, jari dan pergelangan tangan, serta tumit.

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

  1. Jamur

Kelezatan jamur dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan dan tentu saja dikenal sehat. Nikmat dan lezat, justru membuat jamur jadi “musuh” penderita asam urat. Setiap 100 gram jamur mengandung 20-80 gram purin yang bisa menimbulkan gejala asam urat

2. Brokoli

Brokoli adalah sayuran berikutnya yang mengandung purin yang sebaiknya dihindari pengidap asam urat. Kandungan vitamin dan zat besi yang melimpah dalam brokoli sangat sehat.

3. Nanas

Buah harusnya jadi menu wajib yang selalu ada dalam daftar makananmu sehari-hari. Baik untuk kulit dan pencernaan, tapi ternyata nanas dapat memicu penumpukan zat purin.

4. Air Kelapa

Lemak yang tinggi pada kelapa gak bersahabat untuk penderita asam urat. Walau faktanya air kelapa dapat menetralisir racun dalam tubuh. Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

5. Kepiting

Hampir semua makanan laut jadi pantangan penderita asam urat, termasuk kepiting. Makanan dengan sumber omega tinggi ini dapat memicu munculnya gejala asam urat akibat kandungan kolesterolnya.

Demi kesehatan, gak ada salahnya kamu mulai menjalani pola makan yang sehat dan memilah yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuhmu.

6. Es Krim

Sebagai makanan yang berbahan dasar susu, es krim tentu baik bagi tubuh. Tapi hal itu gak berlaku bagi penderita asam urat yang sangat gak cocok dengan dessert dingin ini.

Demikian pantangan makanan penderita asam urat. Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *