Pantangan bagi penderita asam urat

Pantangan bagi penderita asam urat

Pantangan bagi penderita asam urat itu biasanya terdapat pada makanan yang mengandung tinggi purin, seperti terkandung dalam daging sapi, hati, kalkun dan beberapa ikan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak dibawah ini makanan pantangan bagi penderita asam urat karena memilki purin dan akan memicu peningkatan jumlah asam urat dalam tubuh.

baca juga : Kadar Asam Urat Normal

Selain membatasi makanan pantangan asam urat, Anda disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga. produksi asam urat bisa naik jika Anda mengalami kelebihan berat badan, dan olahraga bisa membantu Anda menjaga berat badan tetap normal. Selain itu, olahraga yang dilakukan secara rutin bisa menjaga produksi asam urat agar tetap stabil. Pemilik asam urat tinggi disarankan untuk memperbanyak minum air putih, guna membantu proses pengeluaran asam urat melalui urine.

Makanan Pantangan Asam Urat

1. Makanan laut (seafood)

seafood makanan penyebab asam urat

Anda penyuka makanan laut? Mulai sekarang cobalah untuk membatasi konsumsinya, karena makanan laut kaya akan purin. Yang harus diperhatikan bagi penderita asam urat tinggi antara lain adalah kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), tiram, udang, lobster, atau kepiting.

2. Daging

daging tanpa lemak

Kandungan purin dalam kelompok makanan ini masih tergolong sedang. Anda bisa mengonsumsi daging sapi, daging unggas, daging kambing, atau daging babi yang semuanya tanpa lemak, paling banyak 170 gram setiap harinya.

3. Jeroan

jeroan

Untuk jenis makanan ini, Anda disarankan untuk menjauhinya karena jeroan seperti hati dan organ dalam lainnya, memiliki kandungan purin tertinggi.

4. Sayuran asparagus

pantangan asam urat dan pencegahannya

Ada beberapa sayuran yang memiliki kadar purin tinggi, yaitu bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, dan jamur. Namun, menurut penelitian, mengonsumsi purin yang berasal dari sayuran tidak menimbulkan masalah bagi penderita asam urat tinggi, artinya risiko terkena gout atau serangan ulangannya tidak meningkat. Meski begitu, disarankan untuk tetap membatasi jumlah yang masuk ke dalam tubuh Anda.

5. Minuman beralkohol

miras

Beberapa jenis minuman beralkohol mengandung purin yang tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Minuman beralkohol yang tidak baik bagi penderita asam urat adalah bir. Selain itu, bir juga bisa menyebabkan dehidrasi, yang akan memicu datangnya rasa nyeri pada penderita asam urat tinggi. Minuman beralkohol lain yang juga mengandung purin namun dalam jumlah sedang yaitu anggur (wine).

baca juga : Sayuran Untuk Asam Urat

Cara mengobati asam urat Dirumah

1. Perbanyak minum air putih

air putih

Dengan minum air minimal delapan gelas per hari akan membantu mengangkut zat gizi dan juga zat yang sudah tidak terpakai dalam tubuh. Beberapa ahli percaya bahwa minum air putih akan ikut membantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk dalam tubuh.

2. Olahraga dengan teratur

Pengobatan asam urat di rumah lain yang paling mudah adalah melakukan olahraga rutin. Berolahragalah secara teratur dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit selama 5 hari dalam seminggu merupakan salah satu cara menurunkan asam urat secara alami.

3. Jaga berat badan dengan diet yang tepat

diet

Orang yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki asam urat yang tinggi daripada orang yang memiliki berat badan normal.Untuk menjaga berat badan, pilihlah sumber karbohidrat kompleks dalam diet Anda. Makan lebih banyak buah, sayuran, dan gandum utuh.

baca juga : Cara Mengobati Kolesterol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *