Nama lain asam urat yang sering disebut

NAMA LAIN ASAM URAT

Penyakit asam urat adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah dan memiliki banyak nama lain tergantung orang-orang menyebutnya. Asam Urat atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah “Uric Acid” atau “Artritis Gout” merupakan senyawa bahan kimia dengan kode C5H4N4O3. Senyawa kimia ini diperoleh ketika tubuh manusia melakukan pemecahan terhadap zat “Purin” melalui proses metabolismes. Oleh karena itu sebenarnya Uric Acid adalah produk limbah yang dihasilkan dalam tubuh manusia melalui proses metabolisme tersebut. Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh. Meski memiliki banyak nama lain, asam urat tetap memiliki pengertian dan gejala yang sama.

Penyebab Asam Urat

Penyebab-penyebabnya antara lain karena faktor genetik, hormon tubuh, kesehatan ginjal, makanan yang dikonsumsi dan faktor alkohol serta obat-obatan kimia. Faktor genetik, hormon tubuh dan kesehatan ginjal sering disebut sebagai faktor primer yang terkait dengan kondisi badan manusia. Sedangkan faktor makanan, alkohol dan obat-obatan kimia disebut sebagai faktor sekunder yang terkait dengan pola kebiasaan makanan yang kita konsumsi.

1. Makanan laut atau boga bahari (seafood)

seafood makanan penyebab asam urat

Anda penyuka makanan laut? Mulai sekarang cobalah untuk membatasi konsumsinya, karena makanan laut kaya akan purin. Yang harus diperhatikan bagi penderita asam urat tinggi antara lain adalah kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), tiram, udang, lobster, atau kepiting.

2. Jeroan

jeroan

Untuk jenis makanan ini, Anda disarankan untuk menjauhinya karena jeroan seperti hati dan organ dalam lainnya, memiliki kandungan purin tertinggi.

3. Minuman beralkohol

miras

Beberapa jenis minuman beralkohol mengandung purin yang tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Minuman beralkohol yang tidak baik bagi penderita asam urat adalah bir. Selain itu, bir juga bisa menyebabkan dehidrasi, yang akan memicu datangnya rasa nyeri pada penderita asam urat tinggi. Minuman beralkohol lain yang juga mengandung purin namun dalam jumlah sedang yaitu anggur (wine).

4. Daging

daging tanpa lemak

Kandungan purin dalam kelompok makanan ini masih tergolong sedang. Anda bisa mengonsumsi daging sapi, daging unggas, daging kambing, atau daging babi yang semuanya tanpa lemak, paling banyak 170 gram setiap harinya.

5. Nangka

nangka

Nangka adalah buah yang mengandung purin yang cukup banyak, cukup untuk membuat penderita asam urat tersiksa karena bisa memicu kambuhnya asam urat. Nah sebaiknya batasi atau bahkan menghindari buah nangka demi kesehatan Anda.

baca juga : Makanan Penurun Asam Urat

Gejala asam urat

1. Sendi Terasa Nyeri, Panas, dan Kaku

Ciri-ciri asam urat di kaki biasanya menyerang sendi di mana sendi terasa nyeri, panas, dan kaku. Bagian sendi yang paling umum terkena dampaknya adalah di pangkal jempol kaki di mana pembengkakan dapat dikaitkan dengan nyeri yang parah, namun hampir semua sendi dapat merasa nyeri ini (misalnya lutut, pergelangan kaki, sendi di jari tangan dan siku).

2. Rasa Sakit dan Nyeri Menjalar dari Bagian Bawah Kaki

Pada umumnya, seseorang yang menderita sakit asam urat tinggi akan mengalami rasa sakit dan nyeri yang menjalar dari bagian bawah kaki ke bagian atas. Rasa nyeri dan panas ini akan naik dari jempol kaki ke bagian telapak kaki dan tapak kaki, kemudian menjalar lagi ke betis, lutut, hingga ke paha.

3. Kaki Bengkak dan Merah

Nyeri hebat sebagai ciri-ciri sakit asam urat dapat disertai dengan pembengkakan, sensasi panas, serta kemunculan warna kemerahan pada kulit yang melapisi sendi. Namun, pada kasus sakit asam urat yang lebih parah, bisa saja bengkak terjadi pada kaki dan bukan hanya pada sendi saja. Pembengkakan ini disertai dengan warna kaki yang memerah dan rasa panas yang menjalar.

4. Kesemutan yang Intens

Pada beberapa orang yang terkena gejala asam urat tinggi, biasanya penderita akan merasakan rasa kesemutan yang intens dan tidak kunjung mereda. Kesemutan ini mengiringi sensasi rasa panas yang juga menjadi salah satu ciri-ciri asam urat pada kaki.

5. Rasa Sakit dan Nyeri Berkembang dengan Cepat

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Namun, ada juga yang mengalami ciri-ciri sakit asam urat tinggi ini selama berminggu-minggu.

baca juga : Gejala Penyakit Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *