Menghilangkan asam urat

menghilangkan asam urat

Penyakit asam urat dapat menyerang seluruh sendi di tubuh, akan tetapi sendi lutut, pergelangan kaki, telapak kaki, dan juga jempol adalah bagian yang paling sering terkena asam urat. Jadi bagaimana cara menghilangkan asam urat? Tidak ada cara menghilangkan asam urat karena, asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh. Selama kadar asam urat dalam tubuh normal, Anda tidak akan mengalami masalah. Namun ketika kadarnya melonjak naik, barulah bisa bisa memicu penyakit. Tapi kita bisa untuk menjaga agar asam urat kita tetap normal. Berikut apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga asam urat agar tetap normal.

Kadar normal pada seseorang dapat berbeda-beda tergantung dari jenis kelaminnya. Kadar asam urat normal pada wanita, yaitu 2,5 hingga 7,5 mg/dL dan kadar normal pada pria adalah 4,0 hingga 8,5 mg/dL. Lalu, pada seseorang yang merasakan radang sendi, kadarnya kamu harus kurang dari 6,0 mg/dL. Tingginya kadar pada darah dalam memperlihatkan apabila ginjal kamu tidak cukup untuk menyaring asam urat yang ada di tubuh.

Kadar asam urat menurut jenis kelamin

1. Pria

kadar asam urat normal pada pria

Pemeriksaan darah harus dilakukan terlebih dahulu agar kadar asam urat bisa diketahui dengan pasti. Bagi pria yang berusia di atas 18 tahun, kadar normalnya nya berkisar antara 2 mg/dL sampai 7,5 mg/dL. Sedangkan pria yang umurnya berada diatas 40 tahun, normalnya memiliki kadar dari 2 mg/dL sampai 8,5 mg/dL. Dan bagi lelaki yang berusia 10 sampai 18 tahun pun harus bias menjaga kadar normalnya, yakni dari 3,6 mg/dL sampai 5,5 mg/dL.

2. Wanita

kadar asam urat normal pada wanita

Kadar asam urat pria dan wanita tentunya berbeda, tapi cara pengecekannya sama saja. Langkah pertama juga harus melakukan pemeriksaan darah terlebih dahulu. Bagi wanita yang berusia 18 tahun keatas , kadar normalnya dari 2 mg/dL hingga 6,5 mg/dL. Dan memiliki kadar normal 2 mg/dL hingga 8 mg/dL bagi wanita yang sudah atau mendekati menopause. Serta yang berusia dibawah 18 tahun memiliki kadar normal yaitu 3,6 mg/dL hingga 4 mg/dL. Agar kadarnya tidak meningkat , maka kirta harus hati-hati dalam menjalani pola hidup sehari-hari.

baca juga  : Kolesterol Normal

Cara menghilangkan asam urat 

1. Minum banyak air putih

air putih

Minum setidaknya depalan sampai 10 gelas air putih setiap hari untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dan menjaga urine tetap encer. Kristal asam urat tidak akan terbentuk dengan mudah bila urine Anda encer.

2. Makan buah ceri

jamu asam urat

Mengonsumsi buah ceri dapat mengurangi kadar asam urat, saran Liliana Stadler Mitrea, penulis Pathology and Nutrition — A Guide for Professionals. Reputasi ceri dan kemampuan untuk menurunkan kadar asam urat didukung oleh studi tahun 2003 yang telah diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

3. Minum cuka apel organik

makanan untuk asam urat

Cuka sari apel organik (apple cider vinegar atau ACV) yang tinggi kalium akan membantu mekanisme keseimbangan asam-basa tubuh. Menurut Baroody dan Youngs dalam The pH Miracle, meskipun ACV mengandung asam asetat, ini membantu untuk merangsang cairan pencernaan yang meliputi bikarbonat, yang memberikan kontribusi untuk pembentukan basa dari ACV tersebut. Ketika sistem tubuh lebih basa, penumpukan asam urat tidak dapat terjadi pada tingkat yang sama seperti di lingkungan yang lebih asam.

4. Meminum ramuan jamu dari jahe

herbal asam urat

Salah satu rempah yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat adalah jahe. Jahe bukan hanya digunakan untuk bahan penyedap makanan tetapi juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Anda bisa mengurangi rasa sakit pada bagian sendi yang disebabkan penyakit asam urat tersebut. Selain itu obat tradisional ini dapat digunakan dalam memperlancar pernafasan serta pencernaan

5. Meminum ramuan jamu dari bunga rosella

bunga rosella

Bunga rosella bisa meredakan nyeri di bagian sendi. Anda dapat menggunakan bunga ini untuk bisa dijadikan sebagai obat tradisional dalam mengatasi penyakit asam urat. Bunga rosella ternyata mempunyai banyak sekali kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu zat yang dikandung adalah protein esensial dan juga vitamin c. Selain itu juga ada kandungan lainnya seperti asam amino arginina dan juga leginina dimana memiliki manfaat untuk bisa meremajakan bagian dalam sel tubuh.

6.  Hindari memakan daging kalkun dan angsa

 

kalkun

Daging kalkun dan angsa memang termasuk jenis daging paling enak yang pernah ada. Namun, jika kadar asam urat di dalam darah Anda terbilang tinggi, disarankan untuk menghindari konsumsi kedua daging ini. Sebab, kadar purin dari kedua daging tersebut lebih tinggi dibandingkan daging putih lainnya.

7.  Kurangi mengkonsumsi Jeroan

jeroan

Jeroan termasuk makanan penyebab asam urat tinggi yang benar-benar harus dihindari, terutama jika kadar asam urat Anda sudah di atas normal, sebab hati, otak, ginjal, atau jeroan hewan lainnya mengandung purin yang sangat tinggi.

8. Hindari makanan Seafood

seafood makanan penyebab asam urat

Kurangi atau bahkan hindari makanan yang mengandung tinggi purin. Kadar purin tertinggi terkandung dalam jeroan, seperti hati, ginjal, otak, juga daging merah dan alkohol. Tapi beberapa sayuran juga mengandung purin, seperti bayam, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, dan jamur.

baca juga : Bahaya Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *