Manfaat Garam Epsom

Manfaat Garam Epsom – Pernahkah Anda mendengar sebutan Garam Epsom? Apa itu garam Epsom yang terdengar asing ditelinga kita? Garam Epsom, dinamai dengan mata air asin pahit di Epsom di Surrey, Inggris, sebenarnya bukan garam tetapi senyawa mineral murni alami magnesium dan sulfat. Sudah lama dikenal sebagai obat alami untuk sejumlah penyakit, garam Epsom memiliki banyak manfaat kesehatan serta banyak kecantikan, keperluan rumah tangga, dan penggunaan yang berhubungan dengan berkebun.

Manfaat Garam Epsom

Formula kimia untuk magnesium sulfat adalah MgSO4. Itu artinya sebenarnya dapat dipecah menjadi magnesium dan sulfat, yang merupakan kombinasi dari sulfur dan oksigen. Garam Epsom terdiri dari kristal-kristal kecil yang tidak berwarna dan terlihat mirip dengan garam meja atau garam dapur. Namun, garam dapur sangat berbeda dari garam Epsom karena mengandung natrium klorida.

Baca : “Penderita Asam Urat Harus Baca Ini

Kegunaan & Penggunaan Garam Epsom dalam KESEHATAN

  • Kaki atlet: Rendam kaki dalam rendaman garam Epsom untuk membantu meringankan gejala kaki atlet.
  • Hapus serpihan: Rendam area kulit yang terkena dalam rendaman garam Epsom untuk mengeluarkan serpihan.
  • Mengobati jamur kuku kaki: Rendam jari-jari kaki yang terkena dalam air panas dicampur dengan sedikit garam Epsom tiga kali sehari.
  • Atasi keseleo dan memar: Tambahkan 2 cangkir garam Epsom ke dalam air hangat dan rendam untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan keseleo dan memar.
  • Meringankan ketidaknyamanan pada sendi: Meringankan ketidaknyamanan encok dan mengurangi peradangan dengan menambahkan 2-3 sendok teh garam Epsom ke dalam baskom dan merendam kaki / sendi yang terkena. Airnya harus panas karena nyaman. Rendam selama sekitar 30 menit.

Khasiat-Garam-Epsom

Kegunaan & Penggunaan Garam Epsom dalam KECANTIKAN

  • Eksfoliasi kulit mati: Saat mandi atau berendam, campurkan segenggam garam Epsom dengan satu sendok mandi atau minyak zaitun dan gosokkan ke seluruh kulit Anda yang basah untuk mengelupas dan melembutkan. Bilas sampai bersih.
  • Pembersih wajah pengelupas: Untuk membersihkan wajah dan kulit terkelupas secara bersamaan, campur setengah sendok teh garam Epsom dengan krim pembersih biasa. Pijat lembut ke kulit dan bilas dengan air dingin.
  • Menghilangkan komedo: Tambahkan satu sendok teh garam Epsom dan 3 tetes yodium ke dalam setengah cangkir air mendidih. Oleskan campuran ini ke komedo dengan bola kapas.
  • Menghilangkan bau kaki: Campurkan setengah cangkir garam Epsom dalam air hangat dan rendam kaki Anda selama 10 menit untuk menghilangkan bau tak sedap, kesungguhan kaki yang sakit, dan melembutkan kulit kasar.
  • Hapus hairspray: Campurkan 1 galon air, 1 cangkir jus lemon, dan 1 cangkir garam Epsom. Tutup campuran dan biarkan selama 24 jam. Keesokan harinya, tuangkan campuran ke rambut kering Anda dan biarkan selama 20 menit sebelum keramas seperti biasa.
  • Volume rambut: Campurkan kondisioner dalam dan garam Epsom yang merata dan hangatkan dalam wajan. Kerjakan campuran hangat melalui rambut Anda dan biarkan selama 20 menit. Bilas sampai bersih.

Baca : “Cara Atasi Sendi Yang Sakit

Jangan pernah menggunakan garam Epsom dosis lebih tinggi dari yang direkomendasikan label kemasan atau sesuai petunjuk dokter Anda. Magnesium sulfat yang dikonsumsi secara oral dapat mempersulit tubuh Anda untuk menyerap obat-obatan lain yang Anda gunakan melalui mulut, terutama antibiotik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *