Makanan penyembuh asam urat

makanan penyembuh asam urat

Asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh. Selama kadarnya normal, tidak akan menimbulkan masalah pada tubuh. Namun ketika kadarnya turun naik, Anda harus waspada, Kadar asam urat yang tinggi bisa memicu penyakit ginjal dan penyakit asam urat. Namun tenang ada beberapa makanan untuk penyembuh asam urat, selain itu kita juga harus menjaga makanan yang menjadi penyebab asam urat. Berikut beberapa makanan penyembuh asam urat.

Makanan Penyembuh Asam Urat

1. Terung dan tomat

Selain wortel, terung dan tomat juga merupakan sayuran rendah purin yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

2.  Brokoli

Cara-Atasi-Tulang-Keropos-Dengan-Brokoli

Sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C seperti brokoli, juga dapat menurunkan kadar asam urat.

3. Wortel

wortel makanan bagi penderita asam urat

Sayuran yang berasal dari akar seperti wortel dan ubi mengandung jumlah purin paling rendah. Purin merupakan zat yang akan dicerna menjadi asam urat di dalam tubuh. Oleh karena itu, wortel termasuk ke dalam sayuran untuk penderita asam urat yang aman dikonsumsi.

4. Kentang

 

Kentang merupakan sayuran rendah purin dan kaya akan vitamin C, yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

baca juga :  Gejala Maag

Cara menurunkan asam urat secara alami :

1. Minum banyak air putih

Minum setidaknya depalan sampai 10 gelas air putih setiap hari untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dan menjaga urine tetap encer. Kristal asam urat tidak akan terbentuk dengan mudah bila urine Anda encer.

2. Kurangi makanan tinggi purin

Kurangi atau bahkan hindari makanan yang mengandung tinggi purin. Kadar purin tertinggi terkandung dalam jeroan, seperti hati, ginjal, otak, juga daging merah dan alkohol. Tapi beberapa sayuran juga mengandung purin, seperti bayam, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, dan jamur.

3. Makan buah ceri

Mengonsumsi buah ceri dapat mengurangi kadar asam urat, saran Liliana Stadler Mitrea, penulis Pathology and Nutrition — A Guide for Professionals. Reputasi ceri dan kemampuan untuk menurunkan kadar asam urat didukung oleh studi tahun 2003 yang telah diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

4. Minum cuka apel organik

Cuka sari apel organik (apple cider vinegar atau ACV) yang tinggi kalium akan membantu mekanisme keseimbangan asam-basa tubuh. Menurut Baroody dan Youngs dalam The pH Miracle, meskipun ACV mengandung asam asetat, ini membantu untuk merangsang cairan pencernaan yang meliputi bikarbonat, yang memberikan kontribusi untuk pembentukan basa dari ACV tersebut. Ketika sistem tubuh lebih basa, penumpukan asam urat tidak dapat terjadi pada tingkat yang sama seperti di lingkungan yang lebih asam.

5. Jahe

Salah satu rempah yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat adalah jahe. Jahe bukan hanya digunakan untuk bahan penyedap makanan tetapi juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Anda bisa mengurangi rasa sakit pada bagian sendi yang disebabkan penyakit asam urat tersebut. Selain itu obat tradisional ini dapat digunakan dalam memperlancar pernafasan serta pencernaan.

baca juga : Diet Asam Urat

Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

1. Tophi

Salah satu bahaya asam urat yang tidak segera diobati adalah penumpukan kristal padat di bawah kulit, hingga akhirnya membentuk benjolan kecil berwarna putih yang disebut tophi. Di dalam tophi, bisa terdapat cairan yang berbentuk seperti pasta gigi.

Tophi biasanya muncul di ibu jari kaki, siku, lengan, telinga, jari tangan, lutut, tumit, atau sepanjang punggung pergelangan kaki. Ketika serangan asam urat datang, tophi bisa meradang, membengkak, dan terasa menyakitkan, hingga membuat penderitanya kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Kerusakan sendi

Bahaya asam urat selanjutnya adalah dapat kerusakan sendi. Kondisi ini terjadi ketika kadar asam urat di dalam darah sudah tidak terkontrol, sehingga menyebabkan jaringan sendi menjadi rusak secara permanen.

Biasanya, kerusakan sendi akan muncul setelah tophi timbul di bagian sendi yang meradang. Kondisi ini merupakan masalah yang cukup serius, maka diperlukan prosedur operasi untuk memperbaiki atau mengganti sendi yang rusak.

3. Batu ginjal

Batu ginjal juga merupakan salah satu bahaya asam urat jika dibiarkan tanpa pengobatan. Saat asam urat menumpuk, lama-lama akan terbentuk batu ginjal. Jika hal ini terus dibiarkan, penumpukan batu ini dapat mengganggu fungsi ginjal dan akhirnya menyebabkan gagal ginjal.

4. Penyakit jantung koroner

Asam urat yang tinggi juga erat kaitannya dengan penyakit jantung koroner. Kondisi ini terjadi akibat adanya penyumbatan kristal asam urat di pembuluh darah yang dibawa oleh darah.

5. Diabetes

Asam urat yang dibiarkan tanpa pengobatan juga diketahui memiliki kaitan terhadap terjadinya diabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kadar asam urat tinggi di dalam darah dapat meningkatkan risiko diabetes hingga 20 persen.

Selain berbagai penyakit di atas, bahaya asam urat juga bisa muncul berupa penyakit katarak, sindrom mata kering, dan pengkristalan asam urat di dalam paru-paru. Jika Anda memiliki penyakit asam urat, segera periksakan diri ke dokter dan jalani pengobatan sesuai anjuran dokter, demi mencegah komplikasi lebih lanjut.

baca juga : Kadar Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *