Makanan Penderita Asam Urat dan Kolesterol Ampuh

Makanan Penderita Asam Urat dan Kolesterol Ampuh

PusatGamat – Penyakit kolesterol dan asam urat adalah momok bagi banyak orang. Bagi penderita kedua penyakit ini, tentu harus memperhatikan jenis makanan untuk penderita asam urat dan kolesterol. Tanpanya, bisa-bisa bukan nikmat dan sehat yang Anda dapatkan, tapi justru rasa sakit yang mengganggu, bahkan berujung kepada penyakit yang lebih parah lagi.

Kolesterol adalah senyawa lemak/lipid berbentuk mirip lilin yang berfungsi memproduksi sejumlah hormon, vitamin D dan sel-sel sehat. Sedangkan asam urat berasal dari zat purin. Zat purin ini terdapat di dalam makanan daging. Sejatinya, kolesterol dan purin bukan zat yang membahayakan metabolisme tubuh. Masalahnya ada ketika dua zat ini melebihi kadarnya.

Kolesterol berlebih akan mengendap di saluran darah, dan asam urat berlebih akan berubah menjadi endapan kristal di dalam persendian. Akibat yang ditimbulkan penyakit kolesterol berupa penyakit dalam seperti serangan jantung dan stroke, sementara asam urat menyebabkan rasa sakit yang sangat tajam di persendian.

Baca juga: Cara Cepat Mengobati Asam Urat

Atur Pola Makan Agar Tidak Kambuh

Karena itulah Anda mesti memperhatikan kadar kolesterol dan asam urat di dalam tubuh. Caranya adalah dengan mengatur pola makan sehari-hari. Terlalu banyak mengonsumsi jeroan, daging dan buah-buahan tertentu bisa jadi masalah bila menjadi kebiasaan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca penyebab asam urat dan cara mengatasinya agar lebih paham karakter penyakit ini.

Atur Pola Makan Agar Tidak Kambuh Asam Urat

Makanan Untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Namun bagaimana jika Anda sudah mengidap penyakit kolesterol dan asam urat? Selain harus menghindari daftar makanan pantangan asam urat dan kolesterol, Anda bisa mematuhi Anjuran Makanan Untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol berikut ini.

Minyak zaitun

Minyak ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal serta vitamin eyang mampu menurunkan tingkat kolesterol. Dua sendok minyak zaitun tiap hari bagus untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Minyak zaitun asam urat

Ikan

Anda bisa memilih sarden, salmon atau makarel sebagai makanan Anda. Mereka adalah ikan yang boleh dimakan penderita asam urat. Selain menurunkan tingkat kolesterol dan asam urat, mereka juga mengandung zat yang bisa melawan bakteri jahat serta mengurangi peradangan.

Ikan asam urat

Baca juga: Manfaat Kacang Untuk Asam Urat

Brokoli, kentang dan wortel

Ketiganya adalah sayur yang boleh dikonsumsi penderita asam urat dan kolesterol karena memiliki kandungan purin yang rendah. Apa itu purin? Purin adalah zat dari makanan yang berubah menjadi asam urat di dalam sistem pencernaan manusia.

6 Makanan Penyebab Asam Urat

Air putih

Meskipun sederhana, namun air putih punya banyak manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Salah satu manfaat yang paling berharga adalah kemampuanya untuk mengeluarkan zat-zat toksin dalam tubuh, atau biasa disebut dengan detoksifikasi. Dan ini juga berpengaruh terhadap timbunan lemak kolesterol dan asam urat berlebih.

Supaya detoksifikasi berjalan dengan baik, Anda bisa mengonsumsi 10-12 gelas setiap hari. Ini termasuk air putih hangat pagi hari sebelum sarapan saat perut belum berisi makanan.

Solusi Asam Urat Tinggi

Lemon

Dengan rasanya yang segar dan asam, lemon mampu untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol tinggi. Berkat vitamin C, lemon mampu melarutkan zat-zat berbahaya ini untuk selanjutnya dikeluarkan melalui urin.

Bila tidak terlalu menyukai rasa asam lemon yang tajam, Anda juga bisa mengganti dengan buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi yang lain seperti jeruk, kiwi dan lainnya.

Lemon asam urat

Pisang

Pisang menjadi asupan penting untuk penderita Asam Urat dan Kolesterol. Berbeda dengan lemon dan kawan-kawan, selain mengandung vitamin C, pisang juga banyak mengandung potasium dan antioksidan.

Kelebihan pisang yang lain adalah rasanya yang tidak asam. Menjadikan buah yang punya sifat mengenyangkan ini bisa dimakan di segala waktu.

Pisang asam urat

Daftar Jenis makanan untuk penderita asam urat dan kolesterol bisa menjadi pilihan Anda untuk tetap hidup sehat. Selanjutnya Anda bisa mencari resep untuk membuat beberapa contoh makanan penurun asam urat di atas menjadi hidangan yang lezat.

Kunjungi “www.pusatgamat.com” untuk info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *