Makanan asam urat yang dikonsumsi

Makanan Asam Urat

Penyakit asam urat adalah bentuk dari penyakit arthritis yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh, akibat dari asam urat yang berlebihan. Apakah anda pernah mengalami rasa sakit tiba-tiba pada sendi? Bisa jadi itu merupakan gejala asam urat. Ada beberapa makanan asam urat yang bisa dikonsumsi untuk membantu mengatasi gejala tersebut, Dan makanan asam urat ini sangatlah mudah di dapatkan.

Makanan untuk penderita asam urat yang dianjurkan, yaitu:

1. Wortel

wortel

Sayuran yang berasal dari akar seperti wortel dan ubi mengandung jumlah purin paling rendah. Purin merupakan zat yang akan dicerna menjadi asam urat di dalam tubuh. Oleh karena itu, wortel termasuk ke dalam sayuran untuk penderita asam urat yang aman dikonsumsi.

2. Terung dan tomat

terung&tomat

Selain wortel, terung dan tomat juga merupakan sayuran rendah purin yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

3. Jamur

makanan pantangan asam urat

Jamur kaya akan serat dan rendah kalori. Sama seperti bayam, jamur juga merupakan sayuran yang baik untuk penderita asam urat.

4. Brokoli

makanan untuk asam urat

Sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C seperti brokoli, juga dapat menurunkan kadar asam urat.

4. Kentang

kentang makanan untuk menurunkan asam urat

Kentang merupakan sayuran rendah purin dan kaya akan vitamin C, yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

5. Kacang-kacangan

kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang baik untuk penderita asam urat. Karena penderita asam urat disarankan untuk menjauhi protein hewani, kacang bisa menjadi sumber protein yang baik.

6. Bayam

bayam

Bayam merupakan sayuran yang mengandung purin. Namun menurut penelitian, purin yang berasal dari sayuran aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita asam urat.

baca juga : Herbal Asam Urat

Gejala penyakit asam urat

  1. Sendi mendadak terasa sangat sakit
  2. Kesulitas untuk berjalan akibar sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari
  3. Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa
  4. panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi
  5. Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, namun kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal

Meski gejala penyakit asam urat dapat reda dengan sendirinya, namun harus tetap dilakukan pengobatan agar mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Cara Mencegah Serangan Penyakit Asam Urat

  1. Rutin berolahraga.
  2. Minum air putih yang cukup.
  3. Cukupi kebutuhan protein Anda dengan mengonsumsi susu rendah lemak, yoghurt, keju, dan susu.
  4. Jauhi minuman yang terlalu manis.
  5. Hindari minuman beralkohol.
  6. Batasi asupan daging dan makanan laut.
  7. Jaga berat badan Anda. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, Anda dianjurkan untuk menurunkannya. Karena penurunan berat badan dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi-sendi Anda yang dapat menimbulkan rasa sakit.

Jika Anda mengalami penyakit asam urat, penting bagi Anda untuk menjalani pengobatan dan juga menjalani gaya hidup sehat, guna membantu mengurangi atau menghilangkan gejala penyakit asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *