Ketahui Tanda Dan Gejala Penyakit Asam Urat

Ketahui Tanda Dan Gejala Penyakit Asam Urat – Penyakit asam urat adalah bentuk dari penyakit arthritis yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh Anda. Kadang ada pula orang awam yang menyebutnya sebagai encok, namun ini tidak sepenuhnya tepat.

Ketahui Tanda Dan Gejala Penyakit Asam Urat

Gout yang kronis (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat baik di dalam maupun di sekitar persendian. Pada akhirnya hal ini dapat menurunkan fungsi ginjal hingga membentuk batu ginjal.

Baca juga : Obat Herbal Ampuh Untuk Kista Ovarium

Asam urat merupakan sisa dari metabolisme pada zat purin yang asalnya dari makanan yang telah dikonsumsi oleh tubuh. Apa itu purin? Purin yaitu zat yang asalnya dari makhluk hidup yang ada didalam setiap bahan makanan. Sehingga jika kita mengkonsumsi makanan seperti contohnya daging ayam maka purin yang ada didalam ayam tersebut akan termakan dan masuk kedalam tubuh manusia. Purin terdapat juga pada tumbuhan tidak hanya pada makanan berjenis daging saja.

Faktor Resiko Penyebab Asam Urat

Ketahui Tanda Dan Gejala Penyakit Asam Urat – Asam urat disebabkan oleh adanya kristal asam urat yang menumpuk pada jaringan ikat, yaitu ruang yang berada antara dua tulang atau yang berada dalam tulang itu sendiri. Asam urat kemudian akan berkumpul dan mengkristal pada persendian yang selanjutnya mengakibatkan tanda-tanda dan gejala peradangan dan juga pembengkakan atau dalam istilah medisnya asam urat yang terlalu banyak pada aliran darah disebut juga dengan hyperuricemia. Adapun penyebab dari munculnya penyakit ini antara lain:

  • Riwayat kesehatan keluarga. Jika Anda memiliki salah satu anggota keluarga yang memiliki asam urat, maka Anda juga berpeluang lebih besar untuk mengalami hal yang sama. Walau ini bukan penyebab asam urat yang utama, tetapi dengan mengetahui riwayat kesehatan keluarga, Anda bisa lebih waspada dengan penyakit ini.
  • Menerapkan pola hidup yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak purin, seperti daging dan seafood akan membuat gejala asam urat muncul. Selain itu, minum alkohol dalam jumlah yang berlebihan bisa menjadi penyebab asam urat melonjak.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa jenis obat-obatan yang Anda konsumsi dapat menjadi penyebab asam urat menumpuk di dalam tubuh
  • Berat badan yang berlebihan. Memiliki berat badan yang melebihi normal, dapat meningkatkan risiko terserang penyakit ini. Orang yang memiliki indeks massa tubuh yang lebih dari 25 kg/m 2 maka harus lebih waspada untuk terkena encok.

Ketahui Tanda Dan Gejala Penyakit Asam Urat

Menurut penelitian Gout & Uric Acid Education Society, hiperurisemia bisa mengakibatkan sendi mengkristal sehingga terasa nyeri. Nah, supaya Anda terhindar dari hal tersebut, berikut ini gejala asam urat yang harus diketahui

1. Pembengkakan di Area Jempol Kaki

Jempol kaki yang mengalami nyeri berulang kali, lambat laun menjadi bengkak. Pembengkakan tersebut terjadi di sisi samping ibu jari hingga ke telapak kaki. Bahkan, bisa menyerang bagian tumit.

Pembengkakan terjadi akibat tumpukan asam urat di jempol kaki. Gejalanya ditandai dengan warna kemerahan pada kulit, terlihat menonjol, serta meradang. Jika tidak segera ditangani, indikasi ini akan meluas sampai ke bagian betis.

Supaya bengkak berkurang, Anda bisa mengompres dengan air dingin. Zat ini akan mencegah peradangan pada jempol kaki. Namun, untuk pembengkakan kronis, gunakan air hangat. Tujuannya agar peredaran darah lancar sehingga meredakan nyeri. Ketahui Tanda Dan Gejala Penyakit Asam Urat

2. Kulit Mengelupas

Gejala asam urat bisa menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Anda tidak hanya merasakan nyeri, tetapi juga gatal. Biasanya, indikasi ini menyerang permukaan kulit di atas persendian.

Awalnya, kulit tampak bersisik. Setelah beberapa hari, bagian tersebut mengelupas. Gejala ini bisa berkurang seiring waktu. Namun, akan menyebar ke bagian tubuh lain jika tidak ditangani dengan baik.

3. Timbul Rasa Panas pada Sendi Kaki

Kesemutan yang tidak ditangani akan menimbulkan rasa panas di bagian kaki. Gejala ini pun disertai nyeri. Untuk meredakannya, cobalah berendam dalam air hangat berisi garam.

Sesekali, Anda bisa mengompresnya dengan air hangat. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi trauma otot, kesemutan, serta melancarkan oksigen.

4. Kaki Sering Kesemutan

Kesemutan ditandai dengan mati rasa di bagian kaki. Biasanya, terjadi jika terlalu lama duduk bersila atau kedua kaki menekuk. Secara umum, serangan ini terjadi karena peredaran darah tidak lancar.

Namun, dalam kasus hiperurisemia, kesemutan disebabkan oleh asam urat. Gejalanya tidak hanya menyerang kaki, tetapi juga sendi di sekitar tangan. Jika hal ini dibiarkan, kesemutan bisa berlangsung selama beberapa hari. Akibatnya, Anda tidak dapat menggunakan tangan atau kaki untuk beraktivitas. Ketahui Tanda Dan Gejala Penyakit Asam Urat

5. Serangan Interval Kritis dan Pirai Tingkat Lanjut

Gejala interval kritis dapat Anda alami jika asam urat tidak ditangani dengan baik. Indikasinya berlangsung selama 6-24 bulan. Pun bisa menyerang lebih dari dua kali dalam kurun waktu 5-10 tahun.

Kemudian, terjadi serangan pirai tingkat lanjut; ditandai dengan kondisi peradangan yang semakin parah. Luka tersebut akan mengeluarkan nanah. Selanjutnya, muncul gejala klinis berupa demam, nyeri hebat, serta penurunan fungsi ginjal

Obat Asam Urat Tradisonal Yang Ampuh

Teripang Emas sebagai bahan utama Gold-G Sea Cucumber mengandung Kolagen 80,0%, Protein 86,8 %, Chondroitin, Mineral, Mukopolisakarida, Glucasaminoglycans (GAGs), Antiseptik alamiah, Glucosamine dan Chondroitin, Saponin, Lektin, Vitamin dan Mineral.

Di Pulau Langkawi, Malaysia, teripang sohor sebagai obat nyeri sendi akibat asam urat. Kepada Trubus, ahli nutrisi Walter Kee Mun Yee alumnus Wisconsin University mengatakan teripang mengandung kondroitin sulfat dan glukosamin. Kondritin sulfat berperan memulihkan penyakit sendi. Sedangkan glukosaminoglikan merupakan zat antithrombogenik pelancar peredaran darah yang menggumpal. Pada penderita asam urat, jumlah glukosamin dan kondritin sedikit. Ketahui Tanda Dan Gejala Penyakit Asam Urat

Riset Dr Mittchell Kurk dari Pusat Revitalisasi Biomedis, New York, Amerika Serikat, menunjukkan teripang berkhasiat meningkatkan kesehatan fisik bagi 70% penderita radang sendi akibat asam urat. Ini akibat glukosamin merangsang tubuh mensekresikan cairan sinovial untuk lubrikasi persendian. Menurut dr Zen Djaja MD, dokter di Malang, Jawa Timur, satwa anggota famili Holothuriidae itu mengandung asam lemak 12-MTA alias metthyltetradecanoic acid.

Asam itu ampuh menghadang enzim 5-Lox atau populer sebagai lipoksigenase, enzim yang mengoksidasi lemak tak jenuh menjadi peroksida. Menurut dokter alumnus Universitas Katolik Atmajaya itu kolagen dalam teripang mengaktifk an enzim urikase sehingga lebih aktif memecah asam urat menjadi allantoin. Dengan demikian asam urat tidak menumpuk dan menimbulkan radang sendi.

Testimoni Sembuh Dari Asam Urat Setelah Minum Jelly Gamat Gold G 

Hj. Nur lnsana, TH, 60 Tahun Ibu Rumah Tangga

Testimoni Gold G 12

Kota : Sulawesi Barat
Keluhan : Asam urat, rematik, nyeri pinggang, dan batu ginjal sejak 1975
Produk : Gold-G Sea Cucumber

Cerita :
Saya menderita asam urat (hasil cek 8 mg/dl) dan batu ginjal sejak tahun 1975. Setelah memakai BIOFirion yang saya letakan dibawah pinggang selama semalaman, ternyata rasa sakit pada pinggang saya hilang, persendian juga sudah tak terasa sakit lagi. Selain itu, saya juga mencoba mengkonsumsi Gold-G Sea Cucumber Jelly, dan ternyata pada saat buang air kecil, di air seni saya keluar seperti butiran garam, keluhan reumatik dan sakit pinggang juga sudah jauh berkurang. Alhamdulilah… sekarang saya sudah dapat beraktivitas tanpa rasa sakit sama sekali. Tadinya, untuk berjalan saja rasanya agak sulit karena sakit pada bagian kaki dan pinggang

INGIN MERASAKAN KHASIAT LUAR BIASA DARI GOLD-G SEA CUCUMBER SEPERTI MEREKA!? TUNGGU APA LAGI…!!? 

Pesan Gold G Sekarang

sumber :

  • https://harvestsupplementcom/gejala-asam-urat-pada-kaki/
  • https://hellosehatcom/penyakit/asam-urat-encok/
  • hariansehatcom/gejala-penyakit-asam-urat/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *