Kesalahpahaman Tentang Diabetes

Kesalahpahaman Tentang Diabetes – Diabetes adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak membuat atau menggunakan insulin dengan benar. Jenis diabetes yang paling umum adalah tipe 1 dan tipe 2. Pada diabetes tipe 1, tubuh memproduksi sedikit atau tidak sama sekali insulin karena reaksi autoimun yang menghancurkan sel-sel penghasil insulin di pankreas. Tipe 2 adalah bentuk diabetes yang paling umum. Tidak seperti diabetes tipe 1, tubuh Anda dapat memproduksi insulin, tetapi karena ada masalah dengan tubuh Anda mengubah glukosa menjadi energi, ada hilangnya sekresi insulin secara progresif, singkatnya pada diabetes tipe 2 tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup atau menolak insulin.

Kesalahpahaman Tentang Diabetes

Kita tidak akan membahasa apa itu penyakit diabetes, penyebabnya atau sebagainya. Saat ini, kami akan memberikan informasi kepada Anda tentang kesalahpaham orang-orang tentang penyakit ini.

Baca : “Perawatan Luka Terbuka Pada Orang Dewasa

1. Diabetes adalah penyakit menular
Kesalahpahaman Tentang Diabetes – Ini mungkin salah satu kesalahpahaman paling lucu tentang diabetes. Meskipun benar bahwa beberapa orang hanya mendapatkan penyakit dan beberapa tidak, itu tidak berarti Anda dapat menularkan penyakit kepada orang lain melalui kontak langsung, tidak langsung atau bahkan seksual. Tidak hanya asumsi ini benar-benar keterlaluan, itu juga dapat membuat stereotip negatif dan stigma sosial bagi orang-orang yang menderita penyakit ini.

2. Diabetes tidak mematikan
Dibandingkan dengan kanker, diabetes tidak begitu terkenal dalam merenggut nyawa orang. Namun, segera setelah diabetes tidak terkontrol atau perhatian medis tidak diberikan kepada pasien, seseorang dapat benar-benar mati dari berbagai komplikasi yang dapat timbul dari penyakit ini. Anda bahkan dapat menjadi buta dan diamputasi jika Anda tidak memberikan perawatan khusus untuk tubuh Anda setelah Anda didiagnosis menderita diabetes.

3. Makan terlalu banyak gula akan menyebabkan diabetes
Diabetes tidak berhubungan langsung dengan makan terlalu banyak gula. Makan terlalu banyak gula tidak perlu menyebabkan diabetes, dan makan lebih sedikit gula tidak perlu mencegah Anda dari diabetes. Gen, obesitas, kurang olahraga, diet tinggi kalori dan tinggi lemak, dll. Adalah penyebab utama diabetes. Jika Anda memiliki anggota keluarga dengan diabetes, Anda harus memastikan untuk mengontrol asupan makanan manis dengan benar sambil menghindari obesitas.

Cara-Atasi-Gula-Darah-Tinggi

4. Anda tidak harus menyuntikkan insulin karena Anda dapat dengan mudah kecanduan
Kesalahpahaman Tentang Diabetes – Tidak seperti obat-obatan, insulin tidak menghasilkan ketergantungan. Efek samping dari insulin minimal dibandingkan dengan agen hipoglikemik oral. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan insulin secara dini membantu mengurangi beban pada pulau pankreas, memungkinkan mereka untuk sepenuhnya beristirahat, dan memfasilitasi pemulihan mereka.

5. Orang dengan diabetes tidak bisa makan makanan manis, tetapi bisa makan “makanan sehat” dalam jumlah tak terbatas seperti sayuran dan buah
Orang dengan diabetes tidak harus sepenuhnya menghindari makanan manis atau menukarnya dengan “makanan sehat,” tetapi mereka harus fokus pada mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat, lemak jenuh dan lemak trans. Penting untuk menunjukkan bahwa beberapa makanan “sehat” yang stereotip, seperti buah-buahan, dapat meningkatkan kadar glukosa. Saat berurusan dengan diabetes, sebaiknya berkonsultasi dengan pendidik dan ahli gizi diabetes bersertifikat.

Baca : “Suplemen Untuk Turunkan Gula Darah

Segera diskusikan keadaan kesehatan Anda dengan dokter jika Anda menderita pradiabetes atau menderita diabetes tipe apa pun. Perubahan gaya hidup, pengobatan, atau suntikan insulin mungkin merupakan bagian penting dari rencana perawatan Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *