Kenali Ciri Ciri Kolesterol Tinggi dan Penanganannya

Kenali Ciri Ciri Kolesterol Tinggi dan Penanganannya

Di Indonesia, 7 dari 10 orang didiagnosa menderita kolesterol tinggi. Kebanyakan penderita tidak sadar dengan ciri-ciri kolesterol tinggi, hingga rasa tidak nyaman muncul. Saat itulah penderita mulai memeriksakan dirinya ke dokter dan mengetahui kolesterol tinggi tengah bersarang. Penanganan yang tepat dibutuhkan untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Untuk itu sangat penting kenali cici ciri kolesterol sedini mungkin.

Kenali Ciri Ciri Kolesterol Tinggi Secara Umum

Secara umum, ada beberapa ciri ciri yang menandai ganguaan kolesterol dalam darah. Gejala ini muncul ketika terjadi penyumbatan di salah satu pembuluh darah oleh kadar kolesterol. Oleh karena itu, berhati-hatilah tatkala salah satu gejala dirasakan intens dan berulang setiap harinya. Apalagi kalau Anda teridentifikasi doyan mengkonsumsi makanan penyebab kolesterol.

Kenali Ciri Ciri Kolesterol Tinggi Secara Umum

Baca juga: Daftar Sayuran Untuk Penderita Asam Urat yang Harus Dikonsumsi

Kepala Terasa Sakit

Rasa sakit di kepala lumrah dialami oleh para penderita kolesterol tinggi. Kondisi ini disebabkan pembuluh darah yang tersumbat dan menuju ke saraf pusat. Biasanya rasa sakit muncul di bagian belakang kepala, tepatnya di daerah sekitar tengkuk. Kepala akan terasa berat dan sulit melakukan aktivitas ringan sekalipun disertai leher terasa kaku.

Gampang Lelah

Sering merasakan lelah tiba-tiba padahal tidak beraktivitas berat? Anda patut mewaspadainya. Mudah lelah jadi satu sebab dari sekian banyak gejala kolesterol tinggi. Aliran oksigen di dalam darah terhambat akibat terjadinya penyumbatan. Sehingga tubuh memberi respon dengan rasa lelah yang berlebih. Oksigen dibutuhkan tubuh untuk melakukan rangkaian aktivitas metabolisme.

Nyeri di Bagian Dada

Nyeri di Bagian Dada

Tak semua penderita kolesterol tinggi memang mengeluhkan hal ini, mungkin termasuk Anda. Rasa nyeri di bagian dada disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah arteri. Akibat kolesterol tinggi, jantung sulit memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga penderita akan merasakan nyeri disertai gejala lainnya, seperti sesak napas.

Terasa Sakit di Tangan dan Kaki

Tak cuma sakit kepala belakang, rasa sakit juga muncul di tangan dan kaki. Artinya plak kolesterol telah menghambat kinerja tubuh menyuplai oksigen ke bagian-bagian tersebut. Wajar kalau Anda merasakan kaki dan tangan sulit digerakkan, bahkan terasa melemah. Apalagi para lansia yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, patut lebih hati-hati.

Kerusakan Sendi

Gangguan Sistem Pencernaan

Tahukah Anda kolesterol tinggi ternyata dapat memicu batu empedu? Hal ini seringkali tidak disadari oleh sebagian besar orang, terutama mereka yang merasa tubuhnya baik-baik saja. Kolesterol tinggi mungkin tidak terdeteksi cepat di tubuh Anda, tetapi bahayanya sudah mengincar sistem pencernaan dan organ tubuh lain. Saat ini terjadi, kantung empedu menjadi sasaran utama.

Baca juga: Bahaya Rokok Bagi Asam Urat

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Banyak orang mengira gejala kolesterol sama dengan ciri-ciri asam urat. Anggapan ini tidak salah, mengingat dua penyakit ini merupakan sebab-akibat. Menerapkan pola hidup sehat serta menjaga asupan makan yang masuk ke dalam tubuh mutlak dilakukan. Anda tak pernah tahu sebesar apa peluang kedua penyakit ini menyerang. Bagi para penderita, ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Konsumsi Ikan

Untuk mengatasi kolesterol dan asam urat, pastikan Anda mengkonsumsi makanan bergizi. Salah satunya adalah ikan yang kaya kandungan omega 3. Asam lemak omega 3 dapat menurunkan kadar lemak jahat di dalam tubuh. Di samping itu, kadar HDL akan meningkat usai mengkonsumsi makanan untuk penderita asam urat dan kolesterol ini.

Konsumsi Ikan

Olahraga secara teratur

Pastikan Anda berolahraga secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu. Dengan begini, lemak dan kalori yang menumpuk dapat dikeluarkan melalui keringat. Anda juga dapat merasakan dampak positif dari rajin berolahraga, yakni gejala darah tinggi mulai berkurang. Tentunya badan lebih fit untuk beraktivitas sehari-hari.

Olahraga secara teratur

Nah, Anda sudah bisa menimbang kapan waktu yang tepat untuk mengecek kadar kolesterol. Bila Anda merasakan beberapa ciri-ciri kolesterol tinggi di atas, segera konsultasikan ke dokter. Terapkan gaya hidup sehat untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Konsumsi pula makan-makanan bergizi guna menyuplai kebutuhan organ di dalam tubuh.

Kunjungi “pusatgamat.com” untuk info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *