Jahe untuk asam urat sebagai obat alami

Jahe untuk asam urat

Ada banyak sekali gejala dari asam urat tinggi yang sering terjadi, salah satu yang paling sering adalah radang sendi. Pada kondisi seperti ini maka seseorang membutuhkan obat asam urat yang bisa diandalkan. Dan saat ini banyak juga obat asam urat yang dijual di pasaran, mulai dari obat dokter hingga obat tradisional. Disini kita akan membahas bagaimana cara untuk mengobati asam urat dengan ramuan tradisional yang bisa dilakukan salah satunya yaitu dengan jahe. Dan apa saja bahan selain jahe  yang bisa dijadikan sebagai ramuan tradisional asam urat.Mari kita lihat dibawah ini.

Jenis Ramuan Tradisional Untuk Asam Urat

1. Jahe

herbal asam urat

Salah satu rempah yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat adalah jahe. Jahe bukan hanya digunakan untuk bahan penyedap makanan tetapi juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Anda bisa mengurangi rasa sakit pada bagian sendi yang disebabkan penyakit asam urat tersebut. Selain itu obat tradisional ini dapat digunakan dalam memperlancar pernafasan serta pencernaan.

baca juga : Bahaya Asam Urat

2. Daun seledri

daun seledri

Daun seledri yang bisa Anda gunakan sebagai obat asam urat. Seledri yang biasanya digunakan untuk pelengkap dari masakan juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat secara alami tanpa ada efek samping. Kandungan dari daun seledri antara lain klorin, asam lemak essensial, inositol, asam folat, zeng, sulfur, vitamin B1 serta VitaminA.

3. Buah cherry

jamu asam urat

Buah cherry memiliki kandungan berupa magnesium, dimana bisa dipakai untuk mengobati penyakit asam urat. Selain bisa digunakan dalam meredakan nyeri, kandungan berupa potasium di buah cherry bisa mencegah adanya peradangan atau juga inflamasi. Dalam penggunannya Anda bisa mengkonsumsi sebanyak tiga sampai dengan tujuh buah cherry untuk setiap harinya.

4. Bunga rosella

bunga rosella

Bunga rosella bisa meredakan nyeri di bagian sendi. Anda dapat menggunakan bunga ini untuk bisa dijadikan sebagai obat tradisional dalam mengatasi penyakit asam urat. Bunga rosella ternyata mempunyai banyak sekali kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu zat yang dikandung adalah protein esensial dan juga vitamin c. Selain itu juga ada kandungan lainnya seperti asam amino arginina dan juga leginina dimana memiliki manfaat untuk bisa meremajakan bagian dalam sel tubuh.

5. Madu

madu penurun asam urat

Madu merupakan obat asam urat yang sangat berkhasiat. Anda bisa mencampurkan nanas dengan madu untuk bisa mengobati penyakit asam urat. Ramuan tersebut dianggap efisien untuk bisa meredakan serta mengobati penyakit asam urat.

6. Daun sirsak

penurun asam urat

Daun sirsak memiliki kandungan vitamin c serta vitamin A yang cukup tinggi. Dimana manfaatnya adalah untuk bisa mengeluarkan adanya racun atau juga sampah dalam proses metabolisme dari dalam tubuh. Daun sirsak juga memiliki manfaat dalam mengurangi adanya rasa nyeri yang ada di bagian sendi. Manfaat dari daun sirsak sendiri bisa mengobati penyakit asam urat yang patut untuk Anda coba.

baca juga : Larangan Asam Urat

Ciri Ciri Asam Urat

Kapan ciri-ciri asam urat tinggi muncul? Biasanya mulai muncul ketika penderita sudah mengalami kondisi yang akut atau justru kronis. Penyakit asam urat, atau disebut juga dengan gout, tentunya sudah sering Anda dengar. Sering kali ketika terasa sakit pada pergelangan kaki, orang langsung mengira dirinya terkena asam urat. Dugaan tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun sayangnya, hanya sepertiga dari orang yang mengalami asam urat yang dapat merasakan gejalanya.

Beberapa faktor risiko seseorang dapat mengalami penyakit asam urat, yaitu:

  1. Asupan makanan yang tinggi purin
  2. Konsumsi alkohol
  3. Konsumsi makanan dan minuman mengandung pemanis (fruktosa)
  4. Mengalami penyakit hipertensi, diabetes, penyakit jantung, atau penyakit ginjal
  5. Mengalami obesitas atau kelebihan berat badan
  6. Riwayat keluarga mengalami gout
  7. Penggunaan beberapa obat seperti tiazid atau aspirin

Ciri-ciri asam urat yang paling sering adalah:

  1. Nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering pertama terjadi di pagi hari
  2. Rasa panas di sekitar sendi
  3. Sendi bengkak dan lunak
  4. Sendi kemerahan

baca juga : Cara Menurunkan Gula Darah & Kolesterol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *