Gejala Awal Asam Urat dan Pertolongan Pertamanya

Gejala Awal Asam Urat dan Pertolongan Pertamanya

Gejala awal asam urat biasanya diabaikan begitu saja, sehingga menyebabkan kondisi yang lebih parah lagi. Bila tak kunjung diobati, asam urat bisa memicu beberapa penyakit komplikasi seperti kerusakan ginjal dan hati. Maka dari itu, sangat penting untuk tahu bagaimana penanganan pertama gejala asam urat.

Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit peradangan sendi atau arthritis. Gejalanya bisa datang secara tiba-tiba di berbagai persendian tubuh. Namun umumnya yang paling sering muncul adalah gejala asam urat di tangan dan kaki.

Baca juga: Makanan Mengandung Asam Urat Tinggi Yang Wajib Dihindari

Gejala Penyakit Asam Urat

Kebanyakan orang mengalami gejala awal asam urat hanya dalam waktu 1-2 hari saja. Tetapi jika sudah parah, rasa nyeri bisa dirasakan selama lebih dari satu minggu. Jadi apabila Anda mulai merasakan gejala asam urat pada kaki dan tangan seperti di bawah ini, segera periksakan ke dokter.

Persendian mulai terasa nyeri

Persendian mulai terasa nyeri

Di awal-awal biasanya penderita akan mulai merasakan nyeri di area persendian. Lokasi nyeri setiap orang berbeda-beda, ada yang mengalami gejala asam urat di tangan atau kaki. Tetapi gejala awal ini biasanya diabaikan saja oleh penderitanya.

Yang paling sering terjadi adalah gejala asam urat pada kaki, tepatnya di ibu jari kaki. Jika Anda pernah mengalaminya berulang kali di titik yang sama, kemungkinan itu adalah pertanda penyakit asam urat.

Kemunculan tofus

Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan asam urat yang kemudian mengristal. Itulah yang membuat sendi terasa sakit dan nyeri. Gejala berikutnya adalah akan muncul benjolan di kulit yang diakibatkan oleh kristal asam urat tersebut.

Benjolan ini memang tidak terasa nyeri, tetapi jangan dibiarkan begitu saja. Periksakan ke dokter, karena penumpukan kristal asam urat bisa berbahaya untuk ginjal.

Kulit di area sendi mulai berwarna kemerahan

Lama kelamaan, gejala asam urat pada kaki ataupun tangan mulai tampak jelas. Di area persendian yang sering nyeri, kulit akan cenderung berubah kemerahan. Pada tahapan ini, Anda masih merasakan nyeri serta sendi sulit digerakkan.

Persendian terasa panas

Baca juga: Manfaat Jagung Untuk Asam Urat

Persendian terasa panas

Setiap hari gejala asam urat akan semakin parah jika tak kunjung diobati. Setelah kulit berubah menjadi agak kemerahan, persendian kini mulai terasa panas seperti terbakar. Kondisi ini terjadi karena aliran darah mulai tersumbat oleh penumpukan kristal asam urat.

Terjadi perubahan bentuk sendi

Ini adalah kondisi yang sudah telanjur parah. Biasanya terjadi pada penderita yang tidak tahu bahwa dirinya sakit asam urat, sehingga gejala-gejala awalnya dibiarkan.

Persendian mulai berubah bentuk dan akhirnya memengaruhi fungsi normalnya dan sulit digerakkan. Jika gejala asam urat pada kaki dan tangan sudah sampai di titik ini, penderita harus segera mendapat penanganan medis.

Pertolongan Pertama Gejala Asam Urat

Pertolongan Pertama Gejala Asam Urat

Mengingat asam urat bisa datang tiba-tiba dan mengganggu aktivitas, Anda pun harus siap dengan pertolongan pertamanya. Ketika mulai merasakan gejala asam urat pada kaki atau tangan, segera lakukan hal-hal berikut ini:

  • Ooleskan obat anti nyeri yang sudah diresepkan dokter atau dibeli di apotek,
  • Kompres area persendian yang nyeri dengan air dingin atau es,
  • Angkat kaki untuk meredakan rasa nyeri dan menurunkan pembengkakan,
  • Oleskan minyak gosok secukupnya sebagai penanganan sementara,
  • Perbanyak minum air putih dan teh,
  • Jika sendi di kaki sulit digerakkan jangan ragu untuk menggunakan tongkat.

Asam urat merupakan jenis penyakit yang sulit disembuhkan secara total. Penyakit ini seringkali kambuh karena berbagai faktor pemicu. Maka, Anda harus tahu apa-apa saja pantangan penyakit asam urat.

Mengenali gejala awal asam urat dan cara penanganannya sangatlah penting. Ini bisa diterapkan kepada diri Anda sendiri atau orang di sekitar Anda yang punya riwayat sakit asam urat.

Kunjungi “pusatgamat.com” untuk info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *