Gejala asam urat pada tangan

Gejala asam urat pada tangan

Apa saja gejala dari asam urat pada tangan? Asam urat adalah bentuk dari penyakit osteoarthritis yang menyebabkan sendi tiba-tiba berwarna kemerahan, membengkak, dan terasa sakit. Penyakit ini dapat menyerang seluruh persendian. Akan tetapi sendi lutut, pergelangan kaki, telapak kaki, dan juga jempol baik pada tangan maupun dikaki adalah gejala yang paling sering terkena serangan asam urat.

baca juga : Kadar Asam Urat Tinggi

Penyakit asam urat dapat menyerang seluruh sendi di tubuh, akan tetapi sendi lutut, pergelangan kaki, telapak kaki, dan juga jempol adalah bagian yang paling sering terkena asam urat. Jadi bagaimana cara menghilangkan asam urat? Tidak ada cara menghilangkan asam urat karena, asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh. Selama kadar asam urat dalam tubuh normal, Anda tidak akan mengalami masalah. Namun ketika kadarnya melonjak naik, barulah bisa bisa memicu penyakit. Tapi kita bisa untuk menjaga agar asam urat kita tetap normal.

Cara menghilangkan asam urat

1. Minum banyak air putih

ramuan untuk meringan kan Gejala asam urat pada tangan

Minum setidaknya depalan sampai 10 gelas air putih setiap hari untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dan menjaga urine tetap encer. Kristal asam urat tidak akan terbentuk dengan mudah bila urine Anda encer.

2. Minum cuka apel organik

makanan untuk asam urat

Cuka sari apel organik (apple cider vinegar atau ACV) yang tinggi kalium akan membantu mekanisme keseimbangan asam-basa tubuh. Menurut Baroody dan Youngs dalam The pH Miracle, meskipun ACV mengandung asam asetat, ini membantu untuk merangsang cairan pencernaan yang meliputi bikarbonat, yang memberikan kontribusi untuk pembentukan basa dari ACV tersebut. Ketika sistem tubuh lebih basa, penumpukan asam urat tidak dapat terjadi pada tingkat yang sama seperti di lingkungan yang lebih asam.

3. Makan buah ceri

jamu asam urat

Mengonsumsi buah ceri dapat mengurangi kadar asam urat, saran Liliana Stadler Mitrea, penulis Pathology and Nutrition — A Guide for Professionals. Reputasi ceri dan kemampuan untuk menurunkan kadar asam urat didukung oleh studi tahun 2003 yang telah diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

4. Meminum ramuan jamu dari bunga rosella

ramuan untuk meringan kan Gejala asam urat pada tangan

Bunga rosella bisa meredakan nyeri di bagian sendi. Anda dapat menggunakan bunga ini untuk bisa dijadikan sebagai obat tradisional dalam mengatasi penyakit asam urat. Bunga rosella ternyata mempunyai banyak sekali kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu zat yang dikandung adalah protein esensial dan juga vitamin c. Selain itu juga ada kandungan lainnya seperti asam amino arginina dan juga leginina dimana memiliki manfaat untuk bisa meremajakan bagian dalam sel tubuh.

5. Meminum ramuan jamu dari jahe

herbal asam urat

Salah satu rempah yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat adalah jahe. Jahe bukan hanya digunakan untuk bahan penyedap makanan tetapi juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Anda bisa mengurangi rasa sakit pada bagian sendi yang disebabkan penyakit asam urat tersebut. Selain itu obat tradisional ini dapat digunakan dalam memperlancar pernafasan serta pencernaan.

Gejala Nyeri Pergelangan Tangan

Rasa sakit pada pergelangan tangan dapat berupa nyeri seperti tertarik atau sakit yang tajam seperti tertusuk. Rasa sakit ini bisa hanya terjadi sementara atau berkepanjangan. Keparahan nyeri yang dirasakan tiap orang juga berbeda, bisa ringan dan hanya dirasakan saat pergelangan tangan ditekuk, atau terasa sangat nyeri hingga tidak memegang barang.

Tergantung dari penyebabnya, rasa nyeri pergelangan tangan ini dapat disertai dengan gejala lainnya, seperti:

  1. Pegal, kesemutan, atau mati rasa pada pergelangan tangan.
  2. Jari-jari tangan membengkak.
  3. Rasa kaku pada pergelangan tangan atau pangkal jari-jari.
  4. Pergelangan tangan terlihat kemerahan, bengkak, atau memar.
  5. Muncul benjolan pada pergelangan tangan.
  6. Pergelangan tangan terasa hangat.
  7. Demam.

Jari tangan kaku merupakan kondisi yang tidak hanya membuat jari tiba-tiba sulit digerakkan atau terkunci pada posisi tertentu, tapi juga terasa cukup menyakitkan. Hal ini dikarenakan tendon pada jempol atau jari tangan mengalami peradangan.

Apa yang dimaksud dengan tendon?

Tendon merupakan penghubung antara tulang dan otot yang berbentuk jaringan penyambung keras. Ketika jari tangan digerakkan, otot dan tendon pada bagian lengan serta tangan akan bersama-sama meluruskan atau menekuk jari tangan.

Biasanya, pergerakan ini dapat berjalan dengan lancar. Namun pada kondisi tertentu, tendon dapat mengalami pembengkakan dan peradangan. Pergerakan yang dilakukan pun dapat menarik tendon yang meradang melalui selubung tendon yang ‘seakan-akan’ menyempit, hingga akhirnya menimbulkan bunyi ‘klik’.

Gejala yang muncul sebagai pertanda jari tangan kaku dapat dimulai dari gejala yang ringan hingga parah. Misalnya, jari tangan kaku di pagi hari, pada bagian dasar jari yang meradang muncul pembengkakan, dan jari tangan menimbulkan bunyi ‘klik’ saat digerakkan. Gejala lainnya yang mungkin muncul adalah jari tangan tiba-tiba terkunci pada posisi tertekuk dan sulit sekali untuk diluruskan. Bisa juga jari tangan tiba-tiba terkunci dalam posisi tertekuk, tapi kemudian dengan tiba-tiba juga kembali lurus.

Jari tangan kaku mungkin dapat disebabkan oleh pergerakan jari tangan atau jempol yang dipaksakan dan berulang. Meski begitu, masih ada penyebab jari tangan kaku lainnya, seperti penyakit pirai, diabetes, dan rheumatoid arthritis.

baca juga :  Kolesterol Jahat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *