Daging Merah Pemicu Asam Urat

Daging Merah Pemicu Asam Urat – Tahukah Anda daging merah? Daging merah umumnya adalah daging yang berasal dari mamalia yang dibesarkan di peternakan, seperti daging babi, ham, dan potongan lainnya dari babi, domba, kambing dan daging sapi. Daging merah kaya akan protein, lemak jenuh, zat besi, seng, dan vitamin B.

Daging Merah Pemicu Asam Urat

Lalu apa hubungannya penyakit asam urat dengan daging merah?

Penyakit asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang berkembang pada beberapa orang yang memiliki kadar asam urat tinggi di dalam darahnya. Kemudian asam tersebut membentuk kristal yang menumpuk di persendian sehingga dapat menyebabkan nyeri hebat, pembengkakan, dan kekakuan pada persendian. Serangan asam urat dapat datang dengan cepat dan terus kembali seiring waktu, dan secara perlahan merusak jaringan di daerah peradangan.

Baca juga : “Pantangan Untuk Penderita Asam Urat

Daging Merah Pemicu Asam Urat – Asam urat adalah produk pemecahan purin. Apa itu purin? Purin adalah molekul yang membantu membuat beberapa senyawa yang sangat penting hadir dalam sel semua tanaman dan hewan, termasuk manusia. Asam urat larut dalam darah dan melewati ginjal ke dalam urin. Tetapi dalam kasus penyakit asam urat, tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat karena terlalu banyak zat purin atau ginjal mengeluarkan terlalu sedikit asam urat.

Gejala-gejalanya meliputi panas, kulit merah dan berkilau, serta nyeri dan nyeri yang hebat pada persendian yang terkena. Ini cenderung mempengaruhi sendi perifer, paling sering pada jempol kaki, tetapi juga dapat mempengaruhi lutut, siku, jempol atau jari.

Daging-Pemicu-Asam-Urat

Daging Merah Pemicu Asam Urat – Daging merah kaya akan purin yang merupakan senyawa kimia, yang bila dipecah berubah menjadi asam urat. Asam urat tidak selalu buruk bagi tubuh dan biasanya dihilangkan begitu melewati ginjal. Meskipun, ketika seseorang mengonsumsi daging merah secara teratur, terlalu banyak asam urat diproduksi dan tidak dapat sepenuhnya larut. Penumpukan asam urat ini menyebabkan kondisi hiperurisemia. Pembentukan kristal asam urat, yang disebabkan oleh hiperurisemia kemudian menyebabkan encok.

Baca juga : “Redakan Gejala Asam Urat Sekarang

Namun, bukannya dilarang untuk memakan daging merah selain dari babi, tetapi harus dimakan dengan batas normal dan juga tidak setiap hari. Walaupun mereka yang sudah didiagnosis memiliki penyakit asam urat lebih rentan adanya serangan dengan mengkonsumsinya walaupun sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *