Ciri ciri terkena asam urat

ciri ciri terkena asam urat

Ciri-ciri terkena asam urat biasanya ditandai dengan rasa sakit pada sendi yang tiba-tiba, pembengkakan, kemerahan dan biasanya menimpa area dasar jempol kaki. Pembengkakan sebagai ciri-ciri terkena nya asam urat tinggi pada seseorang yang terjadi di kaki ini tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh. Selama kadarnya normal, tidak akan menimbulkan masalah pada tubuh Anda.

Ciri-Ciri Asam Urat Tinggi

1.  Sendi Terasa Nyeri, Panas, dan Kaku

Ciri-ciri asam urat di kaki biasanya menyerang sendi di mana sendi terasa nyeri, panas, dan kaku. Bagian sendi yang paling umum terkena dampaknya adalah di pangkal jempol kaki di mana pembengkakan dapat dikaitkan dengan nyeri yang parah, namun hampir semua sendi dapat merasa nyeri ini (misalnya lutut, pergelangan kaki, sendi di jari tangan dan siku).

2.  Kesemutan yang Intens

Pada beberapa orang yang terkena gejala asam urat tinggi, biasanya penderita akan merasakan rasa kesemutan yang intens dan tidak kunjung mereda. Kesemutan ini mengiringi sensasi rasa panas yang juga menjadi salah satu ciri-ciri asam urat pada kaki.

3. Rasa Sakit dan Nyeri Menjalar dari Bagian Bawah Kaki

Pada umumnya, seseorang yang menderita sakit asam urat tinggi akan mengalami rasa sakit dan nyeri yang menjalar dari bagian bawah kaki ke bagian atas. Rasa nyeri dan panas ini akan naik dari jempol kaki ke bagian telapak kaki dan tapak kaki, kemudian menjalar lagi ke betis, lutut, hingga ke paha.

4. Rasa Sakit dan Nyeri Berkembang dengan Cepat

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Namun, ada juga yang mengalami ciri-ciri sakit asam urat tinggi ini selama berminggu-minggu.

5. Kaki Bengkak dan Merah

Nyeri hebat sebagai ciri-ciri sakit asam urat dapat disertai dengan pembengkakan, sensasi panas, serta kemunculan warna kemerahan pada kulit yang melapisi sendi. Namun, pada kasus sakit asam urat yang lebih parah, bisa saja bengkak terjadi pada kaki dan bukan hanya pada sendi saja. Pembengkakan ini disertai dengan warna kaki yang memerah dan rasa panas yang menjalar.

baca juga : Gejala Maag

Beragam Bahaya Asam Urat

1. Tophi

Salah satu bahaya asam urat yang tidak segera diobati adalah penumpukan kristal padat di bawah kulit, hingga akhirnya membentuk benjolan kecil berwarna putih yang disebut tophi. Di dalam tophi, bisa terdapat cairan yang berbentuk seperti pasta gigi.

Tophi biasanya muncul di ibu jari kaki, siku, lengan, telinga, jari tangan, lutut, tumit, atau sepanjang punggung pergelangan kaki. Ketika serangan asam urat datang, tophi bisa meradang, membengkak, dan terasa menyakitkan, hingga membuat penderitanya kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Kerusakan sendi

Bahaya asam urat selanjutnya adalah dapat kerusakan sendi. Kondisi ini terjadi ketika kadar asam urat di dalam darah sudah tidak terkontrol, sehingga menyebabkan jaringan sendi menjadi rusak secara permanen.

Biasanya, kerusakan sendi akan muncul setelah tophi timbul di bagian sendi yang meradang. Kondisi ini merupakan masalah yang cukup serius, maka diperlukan prosedur operasi untuk memperbaiki atau mengganti sendi yang rusak.

3. Batu ginjal

Batu ginjal juga merupakan salah satu bahaya asam urat jika dibiarkan tanpa pengobatan. Saat asam urat menumpuk, lama-lama akan terbentuk batu ginjal. Jika hal ini terus dibiarkan, penumpukan batu ini dapat mengganggu fungsi ginjal dan akhirnya menyebabkan gagal ginjal.

4. Penyakit jantung koroner

Asam urat yang tinggi juga erat kaitannya dengan penyakit jantung koroner. Kondisi ini terjadi akibat adanya penyumbatan kristal asam urat di pembuluh darah yang dibawa oleh darah.

5. Diabetes

Asam urat yang dibiarkan tanpa pengobatan juga diketahui memiliki kaitan terhadap terjadinya diabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kadar asam urat tinggi di dalam darah dapat meningkatkan risiko diabetes hingga 20 persen.

Selain berbagai penyakit di atas, bahaya asam urat juga bisa muncul berupa penyakit katarak, sindrom mata kering, dan pengkristalan asam urat di dalam paru-paru. Jika Anda memiliki penyakit asam urat, segera periksakan diri ke dokter dan jalani pengobatan sesuai anjuran dokter, demi mencegah komplikasi lebih lanjut.

baca juga : Cara Alami Mengobati Asam Urat

Mengendalikan kadar asam urat agar tetap stabil

Dengan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat, mengendalikan kadar asam urat normal bukanlah hal yang sulit. Pastikan Anda melakukan hal-hal di bawah ini untuk menjaga asam urat tetap terkendali.

  • Batasi konsumsi daging merah, seafood, hati, ginjal, dan ikan sarden.
  • Hindari minuman beralkohol seperti bir dan lainnya.
  • Hindari sayuran yang tinggi purin. Misalnya melinjo, asparagus, dan kacang-kacangan.
  • Olahraga teratur. Berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko asam urat.

baca juga : Kadar Normal Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *