Ciri ciri sakit asam urat

ciri ciri penyakit asam urat

Ciri-ciri asam urat biasanya ditandai dengan rasa sakit pada sendi yang tiba-tiba, pembengkakan, kemerahan dan biasanya menimpa area dasar jempol kaki. Pembengkakan sebagai ciri-ciri asam urat tinggi di kaki ini tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh. Selama kadarnya normal, tidak akan menimbulkan masalah pada tubuh Anda. Namun ketika kadarnya turun naik, Anda harus waspada. Kadar asam urat yang tak terkendali bisa memicu penyakit ginjal dan penyakit asam urat.

baca juga : Gejala Sakit Maag

Makanan Penyebab Penyakit Asam Urat

1. Seafood

seafood makanan penyebab asam urat

Ikan yang disebutkan tersebut mengandung tinggi purin. Jika Anda ingin makan ikan, pilihlah salmon, dengan kadar purin tidak setinggi ikan laut yang lain atau makanan laut lainnya seperti udang, kepiting, lobster, dan tiram. Namun, tetap batasi porsinya agar tidak dikonsumsi berlebihan.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, melinjo, atau tauge ternyata juga kaya akan kandungan purin yang bisa memicu gejala masalah asam urat.

3. Daging Merah

daging tanpa lemak

Daging merah seperti daging sapi dan domba, tergolong sebagai makanan penyebab asam urat tinggi karena mengandung purin yang tinggi. Agar kebutuhan akan protein tetap terpenuhi dan tetap terhindar dari kadar asam urat berlebihan, pilihlah daging putih seperti daging ayam. Atau bisa menggantinya dengan sumber protein nabati, seperti kedelai dari tempe dan tahu.

4. Jeroan

jeroan

Jeroan termasuk makanan penyebab asam urat tinggi yang benar-benar harus dihindari, terutama jika kadar asam urat Anda sudah di atas normal, sebab hati, otak, ginjal, atau jeroan hewan lainnya mengandung purin yang sangat tinggi.

baca juga : Herbal Asam Urat

Ciri-Ciri Asam Urat Tinggi

1. Kesemutan yang Intens

Pada beberapa orang yang terkena gejala asam urat tinggi, biasanya penderita akan merasakan rasa kesemutan yang intens dan tidak kunjung mereda. Kesemutan ini mengiringi sensasi rasa panas yang juga menjadi salah satu ciri-ciri asam urat pada kaki.

2. Sendi Terasa Nyeri, Panas, dan Kaku

Ciri-ciri asam urat di kaki biasanya menyerang sendi di mana sendi terasa nyeri, panas, dan kaku. Bagian sendi yang paling umum terkena dampaknya adalah di pangkal jempol kaki di mana pembengkakan dapat dikaitkan dengan nyeri yang parah, namun hampir semua sendi dapat merasa nyeri ini (misalnya lutut, pergelangan kaki, sendi di jari tangan dan siku).

3. Rasa Sakit dan Nyeri Menjalar dari Bagian Bawah Kaki

Pada umumnya, seseorang yang menderita sakit asam urat tinggi akan mengalami rasa sakit dan nyeri yang menjalar dari bagian bawah kaki ke bagian atas. Rasa nyeri dan panas ini akan naik dari jempol kaki ke bagian telapak kaki dan tapak kaki, kemudian menjalar lagi ke betis, lutut, hingga ke paha.

4. Kaki Bengkak dan Merah

Nyeri hebat sebagai ciri-ciri sakit asam urat dapat disertai dengan pembengkakan, sensasi panas, serta kemunculan warna kemerahan pada kulit yang melapisi sendi. Namun, pada kasus sakit asam urat yang lebih parah, bisa saja bengkak terjadi pada kaki dan bukan hanya pada sendi saja. Pembengkakan ini disertai dengan warna kaki yang memerah dan rasa panas yang menjalar.

5. Rasa Sakit dan Nyeri Berkembang dengan Cepat

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Namun, ada juga yang mengalami ciri-ciri sakit asam urat tinggi ini selama berminggu-minggu.

baca juga : Buah Penyebab Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *