Ciri Ciri Asam Urat Apa Saja?

Ciri Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai

Kapan ciri-ciri asam urat muncul? Biasanya mulai muncul ketika penderita sudah mengalami kondisi yang akut atau justru kronis. Penyakit asam urat, atau disebut juga dengan gout, tentunya sudah sering Anda dengar. Sering kali ketika terasa sakit pada pergelangan kaki, orang langsung mengira dirinya terkena asam urat. Dugaan tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun sayangnya, hanya sepertiga dari orang yang mengalami asam urat yang dapat merasakan gejalanya.

Ciri-ciri asam urat yang paling umum adalah:

1. Nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering pertama terjadi di pagi hari
2. Sendi bengkak dan lunak
3. Sendi kemerahan
4. Rasa panas di sekitar sendi

Gejala atau ciri-ciri asam urat biasanya muncul tiba-tiba, tidak dapat diprediksi, dan sering terjadi di tengah malam. Sebagian besar gejala atau ciri-ciri asam urat hanya terjadi dalam beberapa jam selama 1-2 hari. Namun pada kasus yang parah, nyeri pada sendi bisa saja terjadi dalam waktu berminggu-minggu. Jika Anda mengalami gejala ini, maka encok yang Anda miliki cukup parah.

Selain itu, Anda bisa mengompres sendi dengan es batu yang dibalut handuk selama kurang lebih 15 menit. Hindari juga aktivitas yang dapat memperburuk kondisi sendi Anda.Sementara, ada pula yang merasakan ciri-ciri-ciri asam urat hingga 6-12 bulan – dalam intensitas yang berbeda tiap harinya. Kondisi ini, cukup parah, dan bila Anda mengalaminya, lebih baik segera periksakan diri ke dokter.

baca juga: pantangan asam urat

Untuk mencegah asam urat datang kembali, ada beberapa hal yang harus Anda terapkan, seperti:

1. Minum cukup air. Asupan air yang memadai dapat membantu mencegah asam urat. Hindari minuman manis seperti sirop, soda, dan jus kemasan.

2. Batasi atau hindari alkohol. Bicarakan dengan dokter Anda berapa jumlah atau jenis alkohol yang aman untuk Anda.

4. Batasi asupan daging merah, ikan, dan unggas. Sedikit tidak apa-apa, tapi jangan berlebihan.

5. Kendalikan berat badan. Caranya adalah dengan memperhatikan porsi makan serta olahraga teratur. Tapi perhatikan bahwa penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berisiko meningkatkan kadar asam urat.

Penyebab Asam Urat

Tinggi rendahnya kadar asam urat dipengaruhi oleh peningkatan produksi asam urat, atau adanya gangguan pengeluaran asam urat di dalam tubuh. Asam urat sendiri merupakan hasil akhir dari metabolisme zat di dalam tubuh yang bernama purin.

Purin diproduksi dalam tubuh dan juga berasal dari makanan yang dikonsumsi. Makanan yang tinggi akan purin, misalnya daging dan makanan laut. Gangguan pada pembuangan asam urat di urine melalui ginjal juga dapat mengakibatkan peningkatan kadar asam urat di dalam darah.

Beberapa faktor risiko seseorang dapat mengalami penyakit asam urat, yaitu:

1. Asupan makanan yang tinggi purin
2. Konsumsi alkohol
3. Konsumsi makanan dan minuman mengandung pemanis (fruktosa)
4. Mengalami penyakit hipertensi, diabetes, penyakit jantung, atau penyakit ginjal
5. Mengalami obesitas atau kelebihan berat badan
6. Riwayat keluarga mengalami gout
7. Penggunaan beberapa obat seperti tiazid atau aspirin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *