Ciri ciri asam urat dan kolesterol

ciri ciri asam urat dan kolesterol

Asam urat dan kolesterol  kedua penyakit ini biasanya saling berkaitan, karena pengidap asam urat biasanya juga mengalami masalah kolesterol tinggi, maka ciri ciri asam urat dan kolesterol akan saling berkaitan. Lalu apa saja ciri ciri asam urat dan kolesterol tersebut. Perlu bagi kita untuk mengenal apa saja cir ciri kolesterol tinggi dan asam urat.

Ciri-ciri asam urat

Dalam beberapa kasus, penyakit asam urat tidak menunjukkan gejala apa pun pada awalnya. Ciri-ciri asam urat biasanya mulai muncul ketika penderita sudah mengalami kondisi yang akut atau justru kronis. Ciri-ciri asam urat yang paling umum adalah:

  • Nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering pertama terjadi di pagi hari
  • Sendi bengkak dan lunak
  • Sendi kemerahan
  • Rasa panas di sekitar sendi

Gejala atau ciri-ciri asam urat biasanya muncul tiba-tiba, tidak dapat diprediksi, dan sering terjadi di tengah malam. Sebagian besar gejala atau ciri-ciri asam urat hanya terjadi dalam beberapa jam selama 1-2 hari. Namun pada kasus yang parah, nyeri pada sendi bisa saja terjadi dalam waktu berminggu-minggu. Jika Anda mengalami gejala ini, maka encok yang Anda miliki cukup parah.

baca juga : Cara Mengatasi Asam Urat

Ciri-ciri kolesterol tinggi

1. Nyeri di Beberapa Bagian Tubuh

Seperti penyakit arteri perifer yang dapat terjadi akibat menumpuknya plak arteri di pembuluh darah yang memasok darah ke berbagai organ tubuh seperti ginjal, lengan, perut, dan kaki.

Penyakit arteri perifer yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke tangan dan kaki dapat menyebabkan nyeri pada bagian tubuh tersebut, terutama apabila digerakkan.

2. Kelelahan

kelelaha

Ketika kolesterol tinggi menyebabkan plak yang menghambat pembuluh darah, pasokan darah oksigen ke seluruh tubuh juga akan berkurang. Menurunnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh ini membuat organ dan jaringan tubuh bekerja lebih keras dari seharusnya sehingga menyebabkan Anda lebih mudah lelah.

3. Nyeri Dada

nyeridada

Kondisi ini terjadi akibat plak terbentuk dan mengurangi aliran darah ke jantung Anda dan menyebabkan penyakit arteri koroner. Nyeri dada merupakan gejala yang paling umum dari penyakit arteri koroner.

Angina mengacu pada rasa sesak, berat, dan tertekan pada dada. Gejala ini juga dapat muncul sebagai sensasi sakit, terbakar, atau mati rasa di dada. Sebagian orang lain merasakan sensasi penuh atau seperti di remas.

4. Sesak Napas

sesaknafas

Sesak napas juga bisa menjadi salah satu tanda-tanda kolesterol tinggi, karena serangang jantung yang menandakan arteri koroner sering kali menyebabkan kondisi ini.

Ketika aliran darah ke jantung berkurang, jantung tidak memompa darah dengan maksimal ke seluruh tubuh, termasuk ke paru-paru. Hal ini lah yang membuat Anda menjadi kesulitan bernapas.

5. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi

Ketika arteri mengeras dan menyempit akibat plak kolesterol dan kalsium, jantung berusaha memompa darah dengan lebih keras, sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Sama seperti tanda-tanda kolesterol tinggi yang sulit dikenali, gejala tekanan darah tinggi juga sering kali sulit untuk dikenali. Tekanan darah tinggi dapat dideteksi dengan cara melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin.

Apabila Anda melakukan pemeriksaan tekanan darah dan mendapati tekanan darah Anda tinggi, cobalah untuk melakukan cek kolesterol untuk memastikan apakah kolesterol tinggi merupakan penyebab hipertensi yang Anda alami.

baca juga : Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Makanan Pantangan bagi Penderita Asam Urat dan Kolestrol

1. Olahan masakan Bersantan

masakan santan

Menambah santan pada makanan akan membuat cita rasa makanan semakin nikmat bukan begitu Ma. Namun, orang yang menderita asam urat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bersantan. Sebab, makanan bersantan mengandung lemak yang tinggi yang dapat meningkatkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh.

2.Membatasi konsumsi makanan laut (seafood)

seafood makanan penyebab asam urat

Terutama lobster dan kerang makanan lezat yang sangat menggoda tersbut jika Mama dan Papa adalah penggemar makanan laut maka perlu batasi karena seafood mengandung purin yang tinggi dan bukan pilihan yang baik, karena kandungannya tinggi kolestrol.

3. Hindari jeroan

jeroan

Tak cuma penderita asam urat yang dilarang mengonsumsi jeroan, orang dengan kolesterol tinggi juga disarankan untuk menghindarinya. Organ ini termasuk babat, kikil, hati, ginjal, usus, dan otak memiliki kandungan purin yang tinggi dan berkontribusi meningkatkan kadar asam urat.

Selain itu, hati juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Alasannya karena kolesterol dibuat dan disimpan di dalam hati, sehingga tingkat kolesterol tertinggi dalam daging hewan ditemukan pada organ hatinya.

4. Daging merah

daging tanpa lemak

Karena daging mengandung purin dan kolestrol . Sesekali bila ingin memakan daging sebaiknya dianjurkan untuk membuang lemak yang menempel pada daging. Atau bisa juga mengonsumsi daging putih, seperti daging ayam atau kalkun.

5. Buah durian

Durian

Bau buah durian memang sangat menggiurkan, tapi kandungan kolesterol yang terlalu tinggi membuat penderita asam urat berpikir tujuh kali saat ingin memakannya. Kalau ingin makan durian, makanlah satu atau dua biji saja. Lalu, minum air putih yang banyak agar lemak yang terdapat pada durian bisa dinetralisir dan dibuang melalui urin.

baca juga : Makanan Untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *