Cara Perawatan Tipes Di Rumah

Cara Perawatan Tipes Di Rumah

Cara Perawatan Tipes Di Rumah – Kita telah ketahui bahwa penyakit tipes atau demam tifoid itu adalah penyakit yang sangat sbanyak orang yang mengetahui nya. Sehingga Pada Kondisi seperti ini kita tidak bisa menyepelekan hal ini, yang mana tubuh kita dapat beresiko kekurangan cairan.

Adapun sebagian gejala tipes diantaranya adalah demam, nyeri otot, dan sakit kepala kemudian setelah gejala itu muncul hal ini akan di ikuti dengan gejalan lainnya seperti gejala pencernaan berupa mual-mual, muntah dan tidak ada nya anfsu maka.

Selain dengan bahayanya penyakit tersebut, hal yang perlu di ketahui mengenai tentang penanganan yang tepat terhadap penyakit tersebut. Dan berikut 6 perawatan penyakit tipes yang dapat kita lakukan di rumah untuk penanganan penyakit tipes.  

Baca Juga : Cara Ini  Sembuhkan Jerawat

1. Minum Obat Secara Rutin

Cara Perawatan Tipes Di Rumah – Umumnya dokter akan meresepkan tablet antibiotik bila kamu terdiagnosis tipes pada stadium awal. Tablet antiobiotik tersebut perlu kamu konsumsi sesuai anjuran selama 1-2 minggu. Meski tubuh akan mulai membaik setelah 2-3 hari mengonsumsi antibiotik, tapi kamu dianjurkan untuk terus mengonsumsi antibiotik sampai habis. Hal ini bertujuan agar bakteri penyebab tipes benar-benar hilang dari tubuh.

2. Istirahat Total

Biarkan tubuh beristirahat total selama beberapa minggu sampai kondisimu benar-benar pulih, karena gejala tipes umumnya akan membuat badan terasa lemas. Ini adalah cara paling ampuh selain pengobatan untuk mengobati tipes.

3. Minum Air Putih

Selain istirahat total, kita juga perlu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan meperbanyak minum air putih. Karena gejala tipes bisa saja menyebabkan kamu mengalami diare, muntah dan banyak mengeluarkan keringat, sehingga apabila cairan yang hilang tidak segera kita gantikana, hal itu sangat beresiko dapat mengurangi cairan pada tubuh kita

4. Jaga Pola Makan

Cara Perawatan Tipes Di Rumah – Usakan untuk makan secara teratur tiga kali sehari tepat waktu. Kalau kamu tidak nafsu makan saat tipes, kamu bisa menyiasatinya dengan makan dalam porsi yang sedikit tapi sering. Kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lunak dan bergizi, seperti bubur, sup, nasi tim, dan lain-lain untuk memulihkan kondisi tubuh kamu.

5. Jaga Kebersihan

Kita perlu Menjaga kebersihan tangan sebelum makan juga sangat penting. Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air hangat untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi. Bila setelah satu minggu, gejala tipes belum membaik juga, dan malah menyebabkan muntah-muntah, diare, hingga pembengkakan pada bagian perut, maka sebaiknya kamu menjalani perawatan di rumah sakit. Anak-anak dan balita yang sedang mengalami gejala tipes juga sebaiknya dirawat inap di rumah sakit karena hal itu lebih baik.

6. Minum Jus Jambu Merah

Cara Perawatan Tipes Di Rumah – Banyak sekali penderita tipes yang sering sekali merasakan kondisiyang sangat lemah karena kehilangan cairan yang sangat banyak. Kondisi bisa menjadi sangat parah jika penderita juga mual dan diare. Untuk itu kita perlu menggantikan cairan yang sudah banyak sekali keluar  dari tubuh kita dan menjaga keseimbangan elektrolit maka kita dapat untuk mengkonsumsi jus jambu merah. Jus jambu merah tanpa tambahan gula akan membantu memenuhi cairan tubuh dan memulihkan kondisi tubuh. Kandungan buah yang mengandung vitamin C, menjadi sumber makanan yang mengandung antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika penderita tipes mengalami diare maka jus jambu merah juga bisa membantu penyerapan cairan dalam usus sehingga menyembuhkan diare.

Gejala Awal Tipes

  • Tubuh demam biasanya diawali pada malam hari, kemudian bisa terjadi sepanjang hari.
  • Badan terasa sangat lemah, tidak bisa melakukan berbagai akitifitas.
  • Sakit perut, mulas, diare, muntah, sembelit dan tidak nafsu makan.
  • Kulit kemerahan atau mudah ruam jika disentuh.
  • Ada darah dalam tinja.
  • Menggigil dan halusinasi.
  • Badan terasa lesu.
  • Mimisan
  • Gangguan emosi
  • Kelainan organ hati yang ditunjukkan dengan pembengkakan pada organ hati.

Cara Perawatan Tipes Di Rumah – Melakukan Perawatan tipes yang paling umum adalah dengan menggunakan obat antibiotok yang sangt di sarankan oleh dokter. Diantara penderita tipes yang telah mendapatkan antibiotik mungkin bisa mengalami resistensi terhadap obat. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh pasien akan lebih rentan terkena tipes yang terus menerus kambuh. Salah satu cara untuk mengatasi nya agar tidak terjadi tipes adalah mengelola kesehatan dengan cara yang baik. Menjaga kebersihan dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan  bersih sudah bisa mengurangi resiko tipes yang kambuh.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *