Cara Mengobati Penyakit Asam Urat

cara mengobati penyakit asam urat

Cara mengobati penyakit asam urat yang bisa dilakukan untuk meringankan gejalanya adalah dengan menempelkan kantong atau kain berisi es pada bagian yang sakit, atau bisa juga mengosumsi obat pereda sakit seperti colchicine, OAINS (obat anti-inflamasi nonsteroid), dan obat-obatan golongan steroid, sebagai cara mengobati penyakit asam urat yang dianjurkan dokter.

Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh kita, bisa mempunyai risiko terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki. Biasanya, penyakit asam urat ini dapat lebih mudah menyerang laki- laki, khususnya dengan usia diatas 30 tahun.

Pada perempuan, penyakit asam urat ini biasanya timbul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami bagi pengidap asam urat, bisa berlangsung selama rentan waktu 3-10 hari dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama. Sering kali orang salah kaprah akan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal rematik sendiri adalah suatu istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Baca Juga : Pantangan Asam Urat

Gejala penyakit asam urat

  1. Sendi mendadak terasa sangat sakit
  2. Kesulitas untuk berjalan akibar sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari
  3. Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa
  4. panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi
  5. Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, namun kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal

Meski gejala penyakit asam urat dapat reda dengan sendirinya, namun harus tetap dilakukan pengobatan agar mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Cara pengobatan asam urat dirumah

1. Olahraga dengan teratur

cara-mengobati-penyakit-asam-urat

Pengobatan asam urat di rumah lain yang paling mudah adalah melakukan olahraga rutin. Berolahragalah secara teratur dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit selama 5 hari dalam seminggu merupakan salah satu cara menurunkan asam urat secara alami.

2. Jaga berat badan dengan diet yang tepat

diet

Orang yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki asam urat yang tinggi daripada orang yang memiliki berat badan normal.Untuk menjaga berat badan, pilihlah sumber karbohidrat kompleks dalam diet Anda. Makan lebih banyak buah, sayuran, dan gandum utuh.

3. Perbanyak minum air putih

air putih

Dengan minum air minimal delapan gelas per hari akan membantu mengangkut zat gizi dan juga zat yang sudah tidak terpakai dalam tubuh. Beberapa ahli percaya bahwa minum air putih akan ikut membantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk dalam tubuh.

4. Mengandalkan obat alami

Anda juga bisa mengatasi asam urat di rumah dengan mengandalkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Tetapi tentunya bahan-bahan alami ini tetap tidak bisa menggantikan sepenuhnya fungsi obat yang sudah diberikan dokter. Obat alami ini hanya bisa membantu mengendalikan gejala yang muncul saja. Berikut adalah obat alami asam urat yang bisa dikonsumsi.

  • Buah ceri

jamu asam urat

Buah ceri mengandung berbagai jenis antioksidan yang mampu mencegah produksi asam urat yang berlebihan di dalam tubuh. Manfaat buah ceri sebagai obat asam urat bahkan telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pasien dengan asam urat yang mengonsumsi buah ceri dengan rutin mengalami rasa sakit yang lebih sedikit dan jarang dibandingkan dengan pasien yang tidak mengonsumsi buah ceri. Bagi penderita asam urat, dianjurkan untuk memakan buah ceri sebanyak 15-20 buah per hari.

Baca Juga : Ramuan Herbal Untuk Kolesterol

  •  Jahe

herbal asam urat

Jahe adalah jenis rimpang yang paling banyak digunakan untuk menambah aroma dan rasa makanan serta dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah sebagai obat asam urat. Dalam sebuah jurnal yaitu Annals of Biological Research disebutkan bahwa jahe mempunyai sifat anti peradangan yang sangat efektif digunakan untuk mengurangi gejala penderita asam urat.

Zat anti peradangan yang terkandung di dalam jahe dan dianggap sebagai obat asam urat adalah gingerols dan shogaol. Bagi Anda yang mengalami asam urat, Anda bisa menambahkan jahe ke dalam makanan atau minuman Anda setiap hari.

  • Pisang

herbal asam urat

Pisang mengandung kalium dan vitamin C yang cukup tinggi. Kalium memiliki kemampuan untuk mengubah kristal asam urat menjadi cairan sehingga dapat dikeluarkan oleh tubuh dengan mudah melalui urin. Sedangkan kandungan vitamin C yang tinggi di dalam pisang dianggap dapat menurunkan tingkat peradangan yang terjadi pada penderita asam urat. Seseorang yang menderita asam urat disarankan untuk memakan pisang sebanyak satu atau dua buah dalam sehari.

Baca Juga : Bahaya Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *