Cara Mengobati Kolesterol Secara Alami

Cara Mengobati Kolesterol Secara Alami – Kolesterol adalah lilin, seperti lemak, yang ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Zat ini mungkin sering dipandang negatif selama ini. Hampir semua orang beranggapan makanan berkolesterol tinggi harus dihindari. Namun, tahukah Anda sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh?

Ya, tubuh membutuhkan zat ini untuk membuat hormon (seperti hormon testosteron, kortisol, dan estrogen), vitamin D, dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak dari makanan. Tubuh sendiri sebenarnya bisa membuat semua zat tersebut sesuai kebutuhan, tapi ini mungkin hanya dalam jumlah kecil.

baca juga : Obat Batuk Rejan Jelly Gamat Walet

Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Bila usia sudah berada di atas 50 tahun perlu memiliki  dan menjaga pola makan yang tidak sehat. Penderita perlu menghindari lemak jenuh, atau lemak yang ada pada daging merah. Penderita sebaiknya menghindari makanan  :

  • Daging kambing,
  • ikan laut,
  • seafood (cumi, kepiting, udang, kerang, siput),
  • makanan bersantan,
  • jeroan sapi dan kambing,
  • keju,
  • susu sapi,
  • mentega,
  • coklat,
  • kuning telur dan
  • telur burung puyuh.

Cara Mengobati Kolesterol Secara Alami

Cara Mengobati Kolesterol Secara Alami

1 . Biji Ketumbar.

 Biji ketumbar dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Caranya, sebanyak 2 (dua) sendok makan biji ketumbar dimasak dengan air, kemudian airnya diminum. Untuk kesehatan, diminum 2 kali sehari pagi dan malam.

2. Kayu Manis.

 Kayu manis memiliki fungsi mengurangi gula darah, trigliserida, kolesterol jahat yang berlebih pada penderita diabetes tipe 2. Seikat kecil kayu manis direbus dalam sepanci air hingga 20 menit. Tuang dalam gelas dan diminum setiap hari. Bisa juga dipadukan dengan teh hijau dan teh hitam. Konsumsi satu sendok teh kayu manis bisa menurunkan koleterol dan gula darah pada penderita diabetes tipe-2.

3. Teh hitam.

Teh hitam akan mencegah sel kanker dan menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Teh mengandung antioksidan yang dapat memberikan rasa tenang, dan mencegah pembekuan darah pada pembuluh darah. Selain itu ada teh hijau yang banyak mengandung theanine, polifenol katekin yang berkhasiat meningkatkan kolesterol baik dan mencegah kolesterol jahat. Cukup dengan 4 (empat) cangkir teh yang diminum sepanjang hari akan menurunkan kolesterol dalam tubuh. Cara Mengobati Kolesterol Secara Alami

4. Juice Brokoli.

Sayuran ini dapat menurunkan kolesterol. Serat brokoli akan mengikat asam empedu di dalam saluran pencernaan dan kandung kemih. Bisa dimakan mentah sebagai salad, sup, atau tumis jamur. Bisa dikukus untuk dimakan matang, atau bisa dibuat juice.

5. Juice Sanapis (Sayur-nanas-Jeruk Nipis). 

Berkhasiat untuk menjurunkan kolestrol dan membantu kesehatan jantung. Ketiga buah ini diblender jadi satu dan siap diminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

6. Rimpang Jahe.

Jahe bermanfaat untuk menghangatkan, menyamankan tubuh, dan memelihara kesehatan jantung. Jahe juga berfungsi melancarkan sirkulasi darah, mengurangi kolesterol dan mengurangi risiko terkena stroke. Rimpang jahe lebih banyak disajikan untuk minuman. Bisa menjadi minuman sehari-hari.

7. Minyak Zaitun/Olive Oil.

Minyak Zaitun mengandung campuran antioksidan yang dapat menekan kolesterol jahat tanpa mengganggu kadar kolesterol baik (HDL). Minyak Zaitun mengandung low-density lipoprotein yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Minyak Zaitun yang paling sempurna (asli) biasanya mengandung extra virgin yang tertera dalam kemasan botolnya. Disarankan untuk mengonsumsi 2 (dua) sendok minyak Zaitun, yang dapat dimakan langsung atau dikombinasikan dalam bentuk menu sajian makanan.

Demikian Cara Mengobati Kolesterol Secara Alami. Semoga Bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *