Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami Dan Efektif Tanpa Obat

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami Dan Efektif Tanpa Obat

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami Dan Efektif Tanpa Obat – Selain dengan mengonsumsi obat yang diresepkan dokter, ada beberapa cara mengobati asam urat secara alami. Sebenarnya cara alami pun tidak bisa menyembuhkan asam urat secara total. Akan tetapi, setidaknya cara pengobatan alami ini bisa meringankan gejala yang dirasa.

Asam urat umumnya menimbulkan rasa nyeri yang amat mengganggu di beberapa area persendian. Terkadang bagian tubuh tersebut bahkan bisa sampai bengkak. Lantas bagaimana cara menyembuhkan asam urat tanpa obat dan bagaimana cara mencegahnya?

Baca juga: Manfaat Wortel Untuk Asam Urat

Pencegahan Asam Urat

Mencegah Penyakit Asam Urat

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, mulai sekarang ubah gaya hidup Anda agar terhindar dari penyakit asam urat. Atau apabila Anda punya riwayat asam urat sebelumnya, jangan sampai penyakit ini sering kambuh.

Sebelum mengetahui cara mengobati asam urat secara alami, ada 4 hal yang bisa dilakukan untuk mencegah asam urat, yaitu:

  • Memantau kadar asam urat di dalam tubuh secara rutin,
  • Rutin berolahraga,
  • Menjaga berat badan tubuh ideal dengan diet,
  • Banyak minum air putih.

Solusi Asam Urat Tinggi

Melakukan empat hal di atas sudah cukup, tetapi asam urat ini juga sangat mudah dipicu oleh makanan yang dikonsumsi. Jadi Anda juga disarankan menghindari jenis-jenis makanan penyebab asam urat yang menjadi pantangan.

Obat Asam Urat Alami

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami Dan Efektif Tanpa Obat – Di luar masalah makanan, asam urat bisa disebabkan pula oleh faktor obesitas, kondisi pikiran dan genetik. Pada saat sudah telanjur terjadi, dokter biasanya hanya akan memberi resep obat untuk meredam gejalanya.

Namun jika Anda tidak mau sering-sering minum obat, cobalah cara menyembuhkan asam urat tanpa obat berikut ini:

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel ini dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi asam lambung dan sakit kepala. Tetapi obat ini juga terbukti bekerja efektif meringankan gejala asam urat.

Hal ini karena efek yang diberikan cuka sari apel adalah mengurangi rasa sakit. Anda juga bisa menambahkan madu untuk meningkatkan efek anti-inflamasi.

Tuangkan satu sendok teh cuka sari apel mentah dimasukkan ke dalam segelas air. Minum ramuan tradisional ini dua sampai tiga kali sehari.

Baca juga: Resep Minuman Untuk Asam Urat Alami

Cara Alami Mengobati Asam Urat Kronis

Baking Soda

Pengendapan asam urat di persendian bisa menyebabkan peradangan sendi atau gout. Hal tersebut bisa diatasi dengan baking soda karena kemampuannya untuk menetralkan kadar asam urat.

Cara menyembuhkan asam urat tanpa obat dengan baking soda ini sangatlah sederhana. Cukup larutkan setengah sendok teh baking soda ke dalam segelas air. Minum larutan ini maksimal empat kali sehari selama dua minggu.

Khusus penderita hipertensi dan manula di atas 60 tahun, sebaiknya tidak minum lebih dari tiga kali.

Jus Lemon

Agar lebih segar, jus lemon bisa Anda campur dengan baking soda. Selain rasanya yang segar, jus lemon ini juga kaya akan vitamin C untuk menguatkan jaringan tubuh. Jus lemon dipercaya mampu menurunkan kelebihan kadar asam urat.

Campurkan satu setengah sendok teh baking soda ke dalam segelas jus lemon. Tunggu sampai busanya menghilang kemudian segera minum larutan tersebut.

Bagaimana Cara Menurunkan Asam Urat Akut

Jahe

Jahe sangat sering digunakan di berbagai obat tradisional. Ini karena jahe diketahui mempunyai sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Oleh karena itu, jahe juga bisa digunakan untuk meringankan peradangan sendi (gout).

Cara membuat ramuan tradisionalnya sangat mudah. Rebus jahe dengan air secukupnya sampai mendidih. Untuk meminumnya, tunggu sampai airnya hangat. Paling tidak ramuan ini harus diminum dua kali sehari.

Selain itu jahe juga bisa dicampur dalam makanan dan minuman Anda, seberapa pun jumlahnya. Misal dengan menambahkan jahe di teh atau di sayur.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami Dan Efektif Tanpa Obat – Menariknya, jahe juga bisa digunakan sebagai obat luar. Caranya adalah dengan mengolah jahe menjadi pasta, lalu dioleskan ke bagian yang sakit akibat asam urat.

Cara Alami Mengobati Asam Urat Kronis

Kesimpulannya, cara mengobati asam urat secara alami ternyata tidak sulit dilakukan. Anda bahkan bisa membuat sendiri ramuan herbalnya di rumah. Tetapi yang terpenting bagi penderita asam urat adalah patuhi segala pantangan penyakit asam urat.

Baca juga: Bahaya Rokok Bagi Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *