cara menghilangkan asam urat

cara menghilangkan asam urat

Penyakit asam urat dapat menyerang seluruh sendi di tubuh, akan tetapi sendi lutut, pergelangan kaki, telapak kaki, dan juga jempol adalah bagian yang paling sering terkena asam urat. Jadi bagaimana cara menghilangkan asam urat? Tidak ada cara menghilangkan asam urat karena, asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh. Selama kadar asam urat dalam tubuh normal, Anda tidak akan mengalami masalah. Namun ketika kadarnya melonjak naik, barulah bisa bisa memicu penyakit. Tapi kita bisa untuk menjaga agar asam urat kita tetap normal. Berikut apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga asam urat agar tetap  normal.

baca juga : Gejala Asam Urat

1. Makanan untuk penderita asam urat yang dianjurkan, yaitu:

1. Wortel

wortel

Sayuran yang berasal dari akar seperti wortel dan ubi mengandung jumlah purin paling rendah. Purin merupakan zat yang akan dicerna menjadi asam urat di dalam tubuh. Oleh karena itu, wortel termasuk ke dalam sayuran untuk penderita asam urat yang aman dikonsumsi.

2. Terung dan tomat

terung&tomat

Selain wortel, terung dan tomat juga merupakan sayuran rendah purin yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

3. Jamur

makanan pantangan asam urat

Jamur kaya akan serat dan rendah kalori. Sama seperti bayam, jamur juga merupakan sayuran yang baik untuk penderita asam urat.

4. Brokoli

makanan untuk asam urat

Sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C seperti brokoli, juga dapat menurunkan kadar asam urat.

4. Kentang

kentang makanan untuk menurunkan asam urat

Kentang merupakan sayuran rendah purin dan kaya akan vitamin C, yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

5. Kacang-kacangan

kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang baik untuk penderita asam urat. Karena penderita asam urat disarankan untuk menjauhi protein hewani, kacang bisa menjadi sumber protein yang baik.

6. Bayam

bayam

Bayam merupakan sayuran yang mengandung purin. Namun menurut penelitian, purin yang berasal dari sayuran aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita asam urat.

baca juga : Herbal Untuk Asam Urat

2. Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

1.Jeroan

jeroan

Untuk jenis makanan ini, Anda disarankan untuk menjauhinya karena jeroan seperti hati dan organ dalam lainnya, memiliki kandungan purin tertinggi.

2. Makanan laut atau boga bahari (seafood)

Anda penyuka makanan laut? Mulai sekarang cobalah untuk membatasi konsumsinya, karena makanan laut kaya akan purin. Yang harus diperhatikan bagi penderita asam urat tinggi antara lain adalah kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), tiram, udang, lobster, atau kepiting.

3. Minuman beralkohol

minuman beralkohol

Beberapa jenis minuman beralkohol mengandung purin yang tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Minuman beralkohol yang tidak baik bagi penderita asam urat adalah bir. Selain itu, bir juga bisa menyebabkan dehidrasi, yang akan memicu datangnya rasa nyeri pada penderita asam urat tinggi. Minuman beralkohol lain yang juga mengandung purin namun dalam jumlah sedang yaitu anggur (wine).

4. Daging

daging sapi

Kandungan purin dalam kelompok makanan ini masih tergolong sedang. Anda bisa mengonsumsi daging sapi, daging unggas, daging kambing, atau daging babi yang semuanya tanpa lemak, paling banyak 170 gram setiap harinya.

Cara Mencegah Serangan Penyakit Asam Urat

  1. Rutin berolahraga.
  2. Minum air putih yang cukup.
  3. Cukupi kebutuhan protein Anda dengan mengonsumsi susu rendah lemak, yoghurt, keju, dan susu.
  4. Jauhi minuman yang terlalu manis.
  5. Hindari minuman beralkohol.
  6. Batasi asupan daging dan makanan laut.
  7. Jaga berat badan Anda. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, Anda dianjurkan untuk menurunkannya. Karena penurunan berat badan dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi-sendi Anda yang dapat menimbulkan rasa sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *