Cara Mengatasi Asam Urat

carq mengatasi penyakit asam urat

Pengertian Penyakit Asam Urat Dan Cara Mengatasi Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Sehingga banyak orang yang ingin mencari tau bagaimana cara mengatasi asam urat. sebenarnya sangatlah banyak cara untuk mengatasi asam urat ini, baiklah kita lihat di bawah ini,bagaimana cara untuk mengatasi asam urat.

6 Cara Mengatasi Asam Urat Di Rumah

1. Pantau kadar asam urat tubuh Anda

Hal yang harus Anda miliki adalah alat tes asam urat. Saat ini alat cek asam urat sudah bisa dipakai sendiri oleh pasien. Bentuknya hampir sama dengan alat pengecek gula darah di rumah.

2. Olahraga dengan teratur

Pengobatan asam urat di rumah lain yang paling mudah adalah melakukan olahraga rutin. Berolahragalah secara teratur dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit selama 5 hari dalam seminggu.

3. Jaga berat badan dengan diet yang tepat

Orang yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki asam urat yang tinggi daripada orang yang memiliki berat badan normal.Untuk menjaga berat badan, pilihlah sumber karbohidrat kompleks dalam diet Anda. Makan lebih banyak buah, sayuran, dan gandum utuh. Hindari makanan seperti kue-kue manis, permen, minuman manis dan produk yang mengandung gula fruktosa tinggi.

4. Perbanyak minum air putih

Dengan minum air minimal delapan gelas per hari akan membantu mengangkut zat gizi dan juga zat yang sudah tidak terpakai dalam tubuh. Beberapa ahli percaya bahwa minum air putih akan ikut membantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk dalam tubuh.

Selain dari air putih sendiri, memilih buah yang mengandung air juga bisa menjadi salah satu cara untuk memperlancar pengeluaran asam urat.

baca juga : pantangan asam urat

5. Obat asam urat dari dokter

Selain pemilihan makanan, cara mengatasi asam urat di rumah lainnya adalah patuh minum obat. Jika Anda telah didiagnosis mengalami asam urat tinggi dan diberikan obat khusus oleh dokter, minumlah obat sesuai petunjuk yang diberikan secara teratur.

Biasanya dokter juga akan meresepkan obat anti peradangan seperti celecoxib, indomethacin, meloxicam, atau sulindac saat terjadi saat nyeri mulai sakit dan bengkak.

6. Mengandalkan obat alami

Anda juga bisa mengatasi asam urat di rumah dengan mengandalkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Tetapi tentunya bahan-bahan alami ini tetap tidak bisa menggantikan sepenuhnya fungsi obat yang sudah diberikan dokter. Obat alami ini hanya bisa membantu mengendalikan gejala yang muncul saja. Berikut adalah obat alami asam urat yang bisa dikonsumsi.

  1. Cuka apel
  2. Jahe
  3. Lemon

Gejala Penyakit Asam Urat 

  1. Sendi mendadak terasa sangat sakit.
  2. Kesulitas untuk berjalan akibar sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.
  3. Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.
  4. Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, tetapi kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

Meski gejala penyakit ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

baca juga : penyebab asam urat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *