Cara Alami Sembuhkan Radang Tenggorokan

Cara Alami Sembuhkan Radang Tenggorokan – Sakit tenggorokan adalah rasa nyeri, iritasi, atau kering pada tenggorokan yang dapat terjadi karena infeksi virus atau bakteri. Saat sakit tenggorokan, nyeri yang dialami oleh penderita akan makin terasa saat menelan makanan atau minuman.

Sakit tenggorokan dapat dialami semua usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Sakit tenggorokan karena infeksi virus adalah yang paling sering terjadi, dan biasanya dapat pulih dengan sendirinya dalam waktu satu minggu. Sebaliknya, sakit tenggorokan karena infeksi bakteri perlu diobati.

Cara Alami Sembuhkan Radang Tenggorokan

baca juga : Jelly Gamat Gold G Walet Untuk Asam Lambung

Gejala Radang Tenggorokan

  • Rasa sakit atau sensasi gatal pada tenggorokan.
  • Rasa nyeri yang memburuk saat menelan atau berbicara.
  • Kesulitan menelan.
  • Sakit sampai mengakibatkan kelenjar yang ada di rahang atau leher membengkak.
  • Amandel berwarna merah dan bengkak.
  • Terdapat bercak putih atau nanah pada amandel Anda.
  • Perubahan suara menjadi serak atau bahkan hilang sama sekali.

Infeksi umum yang menyebabkan sakit pada  tenggorokan mungkin menghasilkan tanda dan gejala lain, termasuk:

  • Demam.
  • Batuk.
  • Hidung berair.
  • Bersin.
  • Pegal-pegal.
  • Sakit kepala.
  • Mual atau muntah.

Cara Alami Sembuhkan Radang Tenggorokan

  1. Lemon

Cara Alami Sembuhkan Radang Tenggorokan – Jika dipadukan, dua bahan super ini bisa jadi obat terampuh untuk meredakan radang tenggorokan. Cara membuatnya mudah, cukup peras sebuah lemon segar, kemudian campurkan dengan madu murni. Takarannya bisa kamu atur sesuka hati. Kandungan vitamin c-nya yang tinggi ampuh untuk mengurangi radang atau sakit pada tenggorokan kamu.

Lemon memang memiliki banyak manfaat. Perasan air lemon yang asam ampuh meredakan atau mengempiskan pembengkakan yang terjadi pada dinding tenggorokan. Kandungan asamnya juga ampuh membunuh bakteri atau kuman. Kamu bisa mencampurkan perasan lemon dengan sedikit air hangat, untuk selanjutnya diminum beberapa kali dalam sehari.

 2. Sup ayam hangat

Jangan pernah menganggap makanan enak tidak pernah bisa dijadikan obat. Sup ayam hangat bisa dijadikan sebagai obat alami sakit tenggorokan, karena makanan hangat yang satu ini dapat membantu mengurangi iritasi dan  tenggorokan kering.

Menikmati sup saat sakit tergolong mudah dan nikmat, mengingat makanan ini mudah ditelan meski tenggorokan sakit sekalipun. Dengan mengonsumsi makanan cair, seperti sup, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dapat tetap terpenuhi, sekaligus juga mendapatkan cairan tambahan untuk mencegah dehidrasi.

3.  Teh hangat

Meminum teh hangat juga bisa dijadikan salah satu obat alami sakit tenggorokan. Teh hangat dari jenis apa pun, entah herba atau nonherba, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Salah satu alasannya adalah karena teh mengandung antioksidan yang diprediksi mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mampu membantu menangkal infeksi. Agar optimal, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh, agar sakit tenggorokan lebih cepat sembuh.

4. Cuka apel dan garam

Jika tenggorokan sakit, kamu bisa coba berkumur menggunakan sari cuka apel dan garam. Sifat asam cuka bisa membunuh bakteri atau virus yang ada pada tenggorokan kamu.

Cukup campurkan sesendok cuka apel dengan sesendok makan garam, untuk selanjutnya digunakan untuk berkumur. Lakukan sesering mungkin agar mendapat hasil yang maksimal. Cara Alami Sembuhkan Radang Tenggorokan

Demikian Cara Alami Sembuhkan Radang Tenggorokan. Semoga Bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *