Cara Alami Sembuhkan Luka Bakar

Cara Alami Sembuhkan Luka Bakar – Luka bakar adalah kerusakan pada kulit yang sering disebabkan oleh panas dan bisa sangat menyakitkan hingga mengakibatkan gejala seperti:

  • Kulit memerah
  • Kulit mengelupas
  • Luka melepuh
  • Kulit hangus
  • Pembengkakan

Cara Alami Sembuhkan Luka Bakar

baca juga : Obat Sariawan Yang Aman Jelly Gamat Walet

Jenis Luka Bakar dan Penyebabnya

  • Derajat luka bakar tingkat 1 (superficial burn). Yakni luka bakar yang hanya memengaruhi epidermis atau lapisan kulit luar saja. Secara klinis, tandanya berupa kulit yang tampak merah, kering, dan terasa sakit. Contohnya, luka bakar yang disebabkan oleh sinar matahari. Luka bakar tingkat satu ini tidak terlalu mengkhawatirkan dan bisa sembuh dengan sendirinya.
  • Derajat luka bakar tingkat 2 (superficial partial-thickness burn). Yakni luka bakar yang terjadi pada epidermis dan sebagian lapisan dermis kulit (lapisan kulit yang lebih dalam). Secara klinis, kulit akan tampak merah, lecet, melepuh, bengkak dan terasa sakit. Luka bakar tingkat dua ini bisa ditangani dengan beberapa metode pengobatan tanpa operasi atau bedah.
  • Derajat luka bakar tingkat 3 (full thickness burn). Kerusakan jaringan mengenai seluruh lapisan epidermis dan dermis, atau lebih dalam lagi. Secara klinis kulit tampak putih, kasar, namun juga dapat terlihat hangus, dan mati rasa. Operasi atau bedah menjadi pilihan utama untuk menangani luka bakar pada derajat ini.

Cara Alami Sembuhkan Luka Bakar

1. Jus Tomat

Jus tomat memiliki sifat pemutihan alami, yang menghilangkan sel-sel kulit mati, mengangkat lapisan di bawahnya.

Oleskan beberapa tetes jus tomat secara langsung pada luka.

Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Gunakan masker herbal ini untuk menghapus bekas kulit terbakar sebanyak dua kali sehari.

2. Madu

Madu memiiki sifat antiradang dan antibakteri. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengoleskan madu pada luka bisa membantu menyembuhkan dan membersihkan area yang terluka, mengurangi rasa sakit, dan menyamarkan bekas luka. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa madu bisa menyembuhkan luka bakar lebih cepat dibandingkan krim antibiotik tradisional dan kain kasa. Cara Alami Sembuhkan Luka Bakar

3. Minyak Lavender

Minyak yang memiliki sifat antibakteri ini ternyata juga memiiliki efek penyembuhan pada luka bakar. Dua sampai tiga tetes minyak lavender pada luka bakar bukan hanya mengurangi rasa sakit tetapi juga meminimalkan jaringan parut yang terbentuk. Pada beberapa orang, muncul efek seperti terbakar saat menggunakan minyak ini, tapi lama kelamaan akan berkurang efek yang dirasakan beserta bekas luka bakarnya.

Jangan langsung meneteskan minyak ini ke kulit yang terbakar. Campurkan dulu 1-2 tetes minyak ini dengan minyak lain seperti minyak zaitun atau baby oil. 

Meskipun minyak lavender bisa membantu proses penyembuhan luka bakar, hati-hatilah terhadap waktu penggunaannya sebab minyak ini memberikan efek menenangkan untuk membuat orang mudah tertidur.

4. Kentang 

Ambil kentang mentah, kemudian belah. Gosokkan kentang ke area luka bakar selama beberapa saat. Irisan kentang mentah ini akan membantu menghilangkan iritasi di sekitar luka.

5. Teh

Cara mengobati luka bakar, kantong teh hitam dingin akan membantu Anda meredakan luka bakar.
Tanin dalam teh hitam akan menurunkan panas dari luka bakar dan meredakan sakit.
Letakkan kantong teh hitam (yang sudah dicelup air dan didinginkan) di area yang terluka. Bebat dengan perban.

Demikian Cara Alami Sembuhkan Luka Bakar. Semoga Bermanfaat

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *