Cara Alami Sembuhkan Asam Lambung

Cara Alami Sembuhkan Asam Lambung – Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

baca juga : Jelly Gamat Walet Atasi Gangguan Pencernaan

Penyakit asam lambung umumnya disebabkan oleh lower esophageal sphinchter (LES) yang tidak berfungsi dengan baik. LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah esofagus yang berfungsi sebagai ‘penjaga gerbang’. Ketika sedang makan, otot LES akan rileks dan membiarkan makanan masuk ke dalam lambung. Setelah makanan lewat, otot LES akan menjadi tegang dan menutup agar asam lambung dan makanan tidak naik kembali dari lambung ke esofagus atau kerongkongan.

Pada penderita penyakit asam lambung, LES mengalami kelemahan. Akibatnya, asam lambung bisa lolos dan naik kembali ke esofagus. Penderita akan merasakan nyeri ulu hati atau sensasi terbakar di dada dan perut menjadi terasa tidak enak.

Gejala asam lambung lainnya termasuk:

  • Batuk kering dan persisten
  • Mengi
  • Asma dan pneumonia berulang
  • Mual
  • Muntah
  • Masalah tenggorokan, seperti nyeri, suara serak, atau radang tenggorokan (peradangan kotak suara)
  • Kesulitan atau rasa sakit saat menelan
  • Dada atau sakit perut bagian atas
  • Erosi gigi
  • Bau mulut

Cara Alami Sembuhkan Asam Lambung

Cara Alami Sembuhkan Asam Lambung

1. Teh chamomile

Secangkir teh chamomile memiliki efek menenangkan pada saluran pencernaan. Sebelum tidur, cobalah secangkir teh chamomile, yang dapat membantu menenangkan peradangan perut dan membantu tidur lebih nyenyak. Cara Alami Sembuhkan Asam Lambung

2. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami dan juga perawatan gangguan pencernaan. Lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat meredakan gejala refluks asam, seperti asam lambung naik.

Minum sekitar setengah cangkir jus lidah buaya sebelum makan.

3. Permen Karet

Saat kamu merasakan gejala-gejala asam lambung muncul, coba kunyah permen karet yang bebas gula selama 30 menit setelah makan. Hal ini disarankan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Dental Research. Mengunyah permen karet menstimulasi kelenjar air liur sehingga meningkatkan produksi air liur. Air liur bisa membantu membersihkan asam apa pun.

4. Teh Jahe

Teh jahe sangat bagus untuk banyak penyakit perut, dari sakit perut umum sampai mual hingga GERD kronis. Agar rasa yang didapatkan sempurna, rebus irisan akar jahe dalam air selama 30 menit. Untuk manfaat maksimal, minum teh sebelum makan untuk mencegah GERD.

Demikian Cara Alami Sembuhkan Asam Lambung. Semoga Bermanfaat

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *