Bahaya Asam Urat Jika Di Diamkan

Bahaya Asam Urat Jika Di Diamkan – Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.

baca juga : Infeksi Kulit Kini Bisa Diatasi Dengan Jelly Gamat Walet

Penumpukan asam urat akan membentuk kristal di sendi, yang dapat memicu nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. Meskipun umumnya terbentuk di sendi, kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan batu saluran kemih

Bahaya Asam Urat Jika Di Diamkan

Bahaya Asam Urat Jika Di Diamkan

 

1 . Batu Ginjal

Batu ginjal juga menjadi masalah lain yang dapat muncul akibat asam urat yang dibiarkan tanpa pengobatan. Karena asam urat tidak mudah larut, maka pembentukan batu asam urat di dalam ginjal akan semakin mudah, terlebih jika kadar asam urat di dalam darah sudah sangat tinggi. Jika hal ini terus dibiarkan, penumpukan batu ini lama-lama dapat mengganggu kinerja ginjal dan menyebabkan masalah-masalah lain yang lebih serius. Bahaya Asam Urat Jika Di Diamkan

 2. Gangguan fisik atau cacat

Rasa nyeri yang kuat akibat asam urat bisa memunculkan gangguan pada fisik seseorang. Gangguan fisik yang terjadi secara terus menerus akibat serangan asam urat yang berulang bisa menyebabkan kerusakan sendi. Kerusakan sendi yang parah inilah yang menyebabkan cacat secara permanen.

3. Jantung koroner

Asam urat yang menumpuk pada pembuluh darah akan berdampak pada susahnya jantung memompa darah ke seluruh jaringan dan juga organ di dalam tubuh. Karena itu, jantung berdetak lebih cepat dan keras lantaran melakukan kerja yang lebih banyak.

Jika kondisi tersebut terus berlangsung maka bisa sebabkan munculnya penyakit jantung koroner karena kelelahan yang terjadi pada arteri kornea jantung. Arteri kornea jantung adalah pembawa makanan untuk jantung.

4. Diabetes

Penyakit asam urat akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Penumpukan asam urat di dalam pembuluh darah akan mengganggu sirkulasi darah di dalam tubuh yang berpotensi terhadap terjadinya penumpukan gula. Sehingga, kedua penyakit ini saling berkaitan. Bahaya Asam Urat Jika Di Diamkan

5. Tophi

Asam urat yang dibiarkan berlarut-larut tanpa dilakukukan pengobatan dapat menyebabkan penumpukan kristal di bawah kulit yang kemudian menimbulkan benjolan kecil yang biasa disebut tophi. Benjolan berwarna putih atau kuning tersebut biasanya muncil di bagian siku, lengan, ibu jari kaki, jari tangan, telinga, tumit, lutut, atau sepanjang punggung pergelangan kaki.

Meskipun tidak terasa nyeri, tophi bisa meradang dan menjadi bengkak sangat serangan asam urat datang. Selain itu, tophi biasanya juga mengeluarkan cairan seperti pasta gigi yang sangat menganggu dan membuat penderitanya kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari.

Demikian artikel mengenai Bahaya Asam Urat Jika Di Diamkan. Semoga bermanfaat

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *