Asam Urat Tinggi Penyebab dan Cirinya

asam urat tinggi

Ciri-ciri asam urat tinggi  pada kaki ditandai dengan rasa sakit pada sendi yang tiba-tiba, pembengkakan, kemerahan dan biasanya menimpa area dasar jempol kaki.Pembengkakan sebagai ciri-ciri asam urat tinggi  di kaki ini tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Meskipun asam urat adalah penyakit progresif, terdapat obat yang efektif untuk mengobati asam urat. Namun, tetap saja Anda perlu mengetahui ciri-ciri asam urat tinggi yang perlu untuk diwaspadai.

Ciri-Ciri Asam Urat Tinggi

1. Sendi Terasa Nyeri, Panas, dan Kaku

Ciri-ciri asam urat di kaki biasanya menyerang sendi di mana sendi terasa nyeri, panas, dan kaku. Bagian sendi yang paling umum terkena dampaknya adalah di pangkal jempol kaki di mana pembengkakan dapat dikaitkan dengan nyeri yang parah, namun hampir semua sendi dapat merasa nyeri ini (misalnya lutut, pergelangan kaki, sendi di jari tangan dan siku).

2. Kaki Bengkak dan Merah

Nyeri hebat sebagai ciri-ciri sakit asam urat dapat disertai dengan pembengkakan, sensasi panas, serta kemunculan warna kemerahan pada kulit yang melapisi sendi. Namun, pada kasus sakit asam urat yang lebih parah, bisa saja bengkak terjadi pada kaki dan bukan hanya pada sendi saja. Pembengkakan ini disertai dengan warna kaki yang memerah dan rasa panas yang menjalar.

3. Kesemutan yang Intens

Pada beberapa orang yang terkena gejala asam urat tinggi, biasanya penderita akan merasakan rasa kesemutan yang intens dan tidak kunjung mereda. Kesemutan ini mengiringi sensasi rasa panas yang juga menjadi salah satu ciri-ciri asam urat pada kaki.

4. Rasa Sakit dan Nyeri Menjalar dari Bagian Bawah Kaki

Pada umumnya, seseorang yang menderita sakit asam urat tinggi akan mengalami rasa sakit dan nyeri yang menjalar dari bagian bawah kaki ke bagian atas. Rasa nyeri dan panas ini akan naik dari jempol kaki ke bagian telapak kaki dan tapak kaki, kemudian menjalar lagi ke betis, lutut, hingga ke paha.

5. Rasa Sakit dan Nyeri Berkembang dengan Cepat

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Namun, ada juga yang mengalami ciri-ciri sakit asam urat tinggi ini selama berminggu-minggu.

baca juga : gejala asam urat

Penyebab Asam Urat Tinggi

Setiap hari kita mengonsumsi makanan yang mengandung zat-zat bergizi seperti karbohidrat, protein, mineral, dan lain-lain. Beberapa zat tersebut akan diserap oleh tubuh kita seperlunya dan sisanya akan dibuang oleh tubuh kita melalui usus. Proses pengeluraran zat yang tidak lancar dapat menyebabkan asam urat mengendap pada jaringan atau sendi. Asam urat juga dapat disebut sebagai gout atau gout arthritis.

Dalam beberapa kasus, penyakit asam urat tidak menunjukkan gejala apapun pada awalnya. Gejala asam urat biasanya mulai muncul ketika penderita sudah mengalami kondisi yang akut atau justru kronis. Gejala asam urat yang paling umum adalah:

  1. Nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering pertama terjadi di pagi hari
  2. Sendi bengkak dan lunak
  3. Sendi kemerahan
  4. Rasa panas di sekitar sendi

baca juga : pantangan asam urat

Bahaya Asam Urat jika Tidak Diobati

Tingginya kadar asam urat dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya kristal padat di sendi, hingga akhirnya menimbulkan peradangan dan penyakit asam urat. Jika tidak segera diobati, kristal padat ini dapat menyebabkan berbagai penyakit atau kondisi berbahaya, mulai dari kerusakan sendi hingga penyakit ginjal.

Berikut adalah bahaya asam urat yang dapat terjadi jika kondisi ini tidak segera diobati:

  1. Tophi
  2. Kerusakan sendi
  3. Batu ginjal
  4. Penyakit jantung koroner
  5. Diabetes

sumber :https:

  • //www.alodokter com
  • //hellosehat com
  • //doktersehat com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *