Asam urat gejala yang muncul

asam urat gejala

Gejala asam urat pada umumnya bervariasi pada setiap orang, tergantung dari tingkat keparahan kondisinya. Beberapa orang dengan kadar asam urat tidak terlalu tinggi bahkan mungkin tidak mengalami gejala apapun. Sebenarnya asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh. Selama kadar asam urat dalam tubuh normal, Anda tidak akan mengalami masalah. Namun ketika kadarnya melonjak naik, barulah bisa bisa memicu penyakit.

Asam urat merupakan bentuk dari penyakit arthritis yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh Anda. Penyakit ini dapat menyerang seluruh sendi di tubuh, akan tetapi sendi lutut, pergelangan kaki, telapak kaki, dan juga jempol adalah bagian yang paling sering terkena asam urat.

baca juga : Pantangan Makanan Asam Urat

Tahapan gejala dari penyakit asam urat

1. Awalnya hanya meliputi satu sendi

Gejala yang muncul awalnya meliputi nyeri, pembengkakan, kemerahan dan jika ditekan atau disentuh terasa nyeri. Sendi-sendi yang terasa panas di malam hari, juga bisa menjadi salah satu gejala asam urat.

2. Mulai terasa di berbagai sendi

Menurut National Institute of Arthritis Musculoskeletal and Skin Diseases, tanda-tanda asam urat kambuh mulanya dirasakan pada bagian jempol kaki yang terasa nyeri. Beberapa sendi lainnya yang kemungkinan ikut merasakan nyeri antara lain, pergelangan kaki, lutut, tumit, jemari tangan, siku dan sendi-sendi tubuh lainnya.

3. Sakit asam urat yang berdampak pada kulit

Setelah bertahun-tahun menderita asam urat dan merasakan kambuh-sembuhnya, kristal asam urat mungkin saja membentuk benjolan di bawah kulit. Benjolan ini tidak sakit, tapi akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

5. Berisiko sakit ginjal

Risiko paling berbahaya dari asam urat antara lain bisa menyebabkan batu ginjal hingga kematian. Kristal yang terbentuk akibat kadar asam urat yang berlebih, bisa saja menempel pada saluran kemih, dan biasanya pria lebih rentan terkena kondisi ini.

baca juga : Buah Untuk Asam Urat

Penyebab asam urat tinggi

Asam urat tidak hanya menyerang orang-orang berusia lanjut. Sekarang ini, banyak orang di usia muda sudah memiliki kadar asam urat tinggi. Asam urat merupakan hasil akhir metabolisme makanan yang kemudian dibuang melalui urine. Kadar asam urat yang tinggi bisa disebabkan karena terlalu banyak asupan makanan yang berpotensi menghasilkan asam urat, terhambatnya pembuangan melalui ginjal, atau kondisi tubuh yang terlalu aktif menghasilkan asam urat melebihi normal.

Kadar asam urat bisa tinggi disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makan yang mengandung purin tinggi. Masalahnya, saat mencerna makanan yang mengandung purin, tubuh akan secara otomatis memproduksi asam urat. Jadi siapa saja yang mengonsumsi makanan dengan purin tinggi akan memiliki kadar asam urat yang tinggi pula. Termasuk mereka yang berusia di bawah 30 tahun, bahkan masih berusia remaja.

Semakin hari, semakin banyak orang yang tidak memerhatikan pola makan dan apa saja kandungan dari makanan yang dikonsumsi. Hal inilah yang membuat pola makannya menjadi buruk dan dapat meningkatkan risiko asam urat.

Berikut mengobatan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi asam urat:

1. Melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal. Kadar normalnya adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita dan 3.0 hingga 7 untuk pria.
2. Kontrol makanan yang dikonsumsi.
3. Banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

baca juga: Cara Mengatasi Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *