Akibat asam urat jika tidak diatasi

akibat asam urat

Jangan menyepelekan akibat dari asam urat berlebih karena akan dapat menjadi penyakit. Penyakit asam urat merupakan sebuah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Penyebab asam urat dikarenakan oleh beberapa faktor yaitu gaya hidup yang tidak sehat, genetik, dan jenis kelamin. Jadi apa saja akibat atau bahayanya dari akibat asam urat yang berlebih, mari kita simak dibwah ini.

Akibat dari asam urat berlebih

1. Batu ginjal

Batu ginjal juga merupakan salah satu bahaya asam urat jika dibiarkan tanpa pengobatan. Saat asam urat menumpuk, lama-lama akan terbentuk batu ginjal. Jika hal ini terus dibiarkan, penumpukan batu ini dapat mengganggu fungsi ginjal dan akhirnya menyebabkan gagal ginjal.

2. Tophi

Salah satu bahaya asam urat yang tidak segera diobati adalah penumpukan kristal padat di bawah kulit, hingga akhirnya membentuk benjolan kecil berwarna putih yang disebut tophi. Di dalam tophi, bisa terdapat cairan yang berbentuk seperti pasta gigi.

Tophi biasanya muncul di ibu jari kaki, siku, lengan, telinga, jari tangan, lutut, tumit, atau sepanjang punggung pergelangan kaki. Ketika serangan asam urat datang, tophi bisa meradang, membengkak, dan terasa menyakitkan, hingga membuat penderitanya kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari.

baca juga : Kadar Asam Urat 

3. Diabetes

Asam urat yang dibiarkan tanpa pengobatan juga diketahui memiliki kaitan terhadap terjadinya diabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kadar asam urat tinggi di dalam darah dapat meningkatkan risiko diabetes hingga 20 persen.

4. Penyakit jantung koroner

Asam urat yang tinggi juga erat kaitannya dengan penyakit jantung koroner. Kondisi ini terjadi akibat adanya penyumbatan kristal asam urat di pembuluh darah yang dibawa oleh darah.

5. Kerusakan sendi

Bahaya asam urat selanjutnya adalah dapat kerusakan sendi. Kondisi ini terjadi ketika kadar asam urat di dalam darah sudah tidak terkontrol, sehingga menyebabkan jaringan sendi menjadi rusak secara permanen.

baca juga : Tanda Tanda Kolesterol  Tinggi

Biasanya, kerusakan sendi akan muncul setelah tophi timbul di bagian sendi yang meradang. Kondisi ini merupakan masalah yang cukup serius, maka diperlukan prosedur operasi untuk memperbaiki atau mengganti sendi yang rusak.

Selain berbagai penyakit di atas, bahaya asam urat juga bisa muncul berupa penyakit katarak, sindrom mata kering, dan pengkristalan asam urat di dalam paru-paru. Jika Anda memiliki penyakit asam urat, segera periksakan diri ke dokter dan jalani pengobatan sesuai anjuran dokter, demi mencegah komplikasi lebih lanjut.

Cara pencegahan asam urat

1. Menghindari Makanan memiliki zat Purin Tinggi.
2. Perbanyak Minum Air Putih.
3. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol
4. Minum Kopi Secukupnya.
5. Konsumsi Buah yang memiliki Antioksidan Tinggi.
6. Menghindari obesitas
7. Rutin berolahraga

Daftar Makanan pantangan asam urat

1. Makanan laut (seafood)

seafood makanan penyebab asam urat

Anda penyuka makanan laut? Mulai sekarang cobalah untuk membatasi konsumsinya, karena makanan laut kaya akan purin. Yang harus diperhatikan bagi penderita asam urat tinggi antara lain adalah kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), tiram, udang, lobster, atau kepiting.

2. Jeroan

Jeroan-dan-Asam-Urat

Untuk jenis makanan ini, Anda disarankan untuk menjauhinya karena jeroan seperti hati dan organ dalam lainnya, memiliki kandungan purin tertinggi.

3. Daging

daging tanpa lemak

Kandungan purin dalam kelompok makanan ini masih tergolong sedang. Anda bisa mengonsumsi daging sapi, daging unggas, daging kambing, atau daging babi yang semuanya tanpa lemak, paling banyak 170 gram setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *