5 Tanda Kolesterol Dan Asam Urat Jika Sedang Kambuh

5 Tanda Kolesterol Dan Asam Urat Jika Sedang Kambuh

5 Tanda Kolesterol Dan Asam Urat Jika Sedang Kambuh – Kolesterol dan asam urat merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak di derita masyarakat Indonesia. Permasalahan tersebut juga bisa kambuh kapan saja, terlebih saat anda tidak mengatur pola makan dengan baik. Sayangnya, sebagian besar penderita, tidak tau bahwa mereka mempunyai kecenderungan atas masalah kesehatan tersebut. Lalu bagaimana solusinya? Apa saja tanda-tanda kolesterol dan asam urat jika sedang kambuh?

Siapa Saja Yang beresiko Terserang Kolesterol Dan Asam Urat ?

Asam urat dan kolesterol tinggi memang sangat dihindari terutama untuk orang-orang yang sudah berusia lanjut. Karena, dapat mengundang dan menyebabkan berbagai penyakit mematikan. Seperti terserang penyakit jantung, stroke dan lain-lain.

Namun pada kenyataannya, kolesterol dan asam urat bisa menyerang siapa saja, yang menerapkan gaya hidup tidak sehat. Namun cara sederhana mengecek kolesterol dan asam urat adalah dengan tes darah. Dimana, kolesterol anda akan dikatakan tinggi jika melampaui total 240 mg/dL.

Baca juga: Cara Alami Mengobati Asam Urat Kronis

Bagaimana Cara Menurunkan Asam Urat Akut

Gejala Kolesterol Dan Asam Urat

5 Tanda Kolesterol Dan Asam Urat Jika Sedang Kambuh – Berikut adalah tanda-tanda yang akan anda rasakan jika kolesterol dan asam urat sedang kambuh.

Merasa Pegal-pegal Dan Kesemutan

Ini merupakan ciri-ciri asam urat di telapak kaki yang biasa dirasakan ketika sedang kambuh. Biasanya kaki akan merasa kesemutan selama beberapa hari. Kemudian ditambah lagi dengan pegal-pegal dibagian pundak. Atau biasanya, ada sensasi berat di tengkuk atau pundak ketika menjalani aktivitas. Jika sudah merasa seperti ini selama 2-3 hari berturut-turut, sangat disarankan untuk langsung pergi ke dokter.

Sulit Bernapas

Pernah mengalami sesak nafas secara tiba-tiba, padahal tidak sedang melakukan aktivitas yang berat ? Hati-hati, karena bisa jadi itu adalah tanda kolesterol sedang kambuh. Hal ini diakibatkan karena adanya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Sehingga jantung tidak bisa memompa darah dengan baik ke paru-paru. Alhasil tubuh kekurangan oksigen, dan penderita mengalami kesulitan bernapas.

Baca juga: Daftar Makanan Pantangan Asam Urat

Mudah Merasa Ngantuk Dan Sakit Kepala

Ciri-ciri selanjutnya yaitu seseorang akan mudah merasa ngantuk dan sakit kepala secara berkala. Biasanya ini adalah gejala kolesterol di usia muda. Pemicunya yaitu banyak mengkonsumsi makanan berminyak/ berkolesterol tinggi seperti gorengan dan lain-lain.

Gejala ini terjadi, akibat penumpukan plak pada pembuluh darah. Kemudian menyumbat aliran darah yang seharusnya mengalir sampai ke otak. Tidak heran, jika anda akan merasa ngantuk dan sakit kepala selama beberapa waktu.

5 Tanda Kolesterol Dan Asam Urat Jika Sedang Kambuh

Mudah Merasa Lelah/Capek

Seseorang yang terkena kolesterol dan asam urat, akan lebih mudah merasa capek dibanding lainnya. Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras. Sementara itu, pembuluh darah dan jantung sedang dalam masalah.

Ketika kolesterol sedang tinggi, akan banyak aliran darah yang tersumbat oleh lemak. Sehingga tubuh tidak mendapatkan pasokan oksigen dan darah yang cukup. Cara mengatasi kolesterol tinggi jika sudah di tahap ini, segera konsultasikan saja ke dokter. Supaya mendapat penanganan yang tepat.

Jantung Berdebar-debar

5 Tanda Kolesterol Dan Asam Urat Jika Sedang Kambuh – Ini gejala kolesterol dan asam urat yang terakhir. Jantung akan berdebar-debar secara tiba-tiba ketika kolesterol sedang tinggi. Hal ini disebabkan karena jantung bekerja secara keras memompa darah ke seluruh organ tubuh.  Sedangkan banyak aliran darah yang sedang tersumbat oleh kolesterol/ plak.

Tanda-tanda diatas bisa terjadi kapanpun dan pada siapapun yang menerapkan gaya hidup tidak sehat. Namun bukan berarti kolesterol dan asam urat adalah suatu masalah kesehatan yang tidak bisa disembuhkan. Semua gejala diatas bisa diatasi.Salah satunya dengan menghindari semua daftar makanan pantangan kolesterol dan asam urat.

Selain itu, anda wajib rutin olahraga, minimal jalan kaki selama 30 menit. Dengan begitu dijamin, tubuh anda akan terhindar dari semua gejala-gejala diatas.

Baca juga: Pemicu Asam Urat Kambuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *