Obat Penurun Asam Lambung Alami dan Ampuh

Obat Penurun Asam Lambung Alami dan Ampuh – Jelly Gamat dapat menurunkan asam lambung yang berbahan dasar ekstrak teripang laut yang memiliki segudang khasiat baik untuk tubuh. Membantu menunjang kesehatan, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan ginjal, paru, pencernaan dan termasuk lambung. Obat Penurun Asam Lambung Alami dan Ampuh

Obat asam lambung Jelly Gamat ini sebagai antasida alami yang dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi aktivitas pepsin (mengurangi pH lambung yang tinggi), menghambat sekresi asam dengan menurunkan generasi AMP siklik yang dipicu oleh rangsangan histamin dari sel parietal, dan meningkatkan pertahanan mukosa.

Penyakit asam lambung merupakan ganguan kesehatan yang umum yang banyak diderita oleh semua kalangan, mulai anak–anak, dewasa hingga orang tua, dan menyerang baik pada pria ataupun wanita, terjadinya penyakit asam lambung dikarenakan adanya luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut dan ini merupakan suatu kondisi yang umum yang sering ditemukan.

Penyakit asam lambung dalam bahasa medisnya disebut GERD (gastroesofageal reflux disease). GERD disebabkan karena naiknya asam lambung ke kerongkongan, yang kemudian menimbulkan gejala seperti panas dan nyeri pada ulu hati, mual, kembung, tidak nafsu makan, rasa tidak nyaman di tenggorokan dan batuk kronik yang disebabkan oleh asam lambung yang mengiritasi tenggorokan karena sifatnya yang sangat asam.

Normalnya, antara esofagus (kerongkongan) dan lambung, terdapat suatu otot pemisah/katup yang dapat membuka dan menutup. Otot ini disebut LES (lower esofageal sphincter). LES akan terbuka ketika makanan akan masuk ke lambung, dan menutup setelah makanan ada di lambung. Jika fungsi LES ini tidak optimal, asam lambung dapat naik ke esofagus dan menyebabkan gejala seperti di atas. Obat Penurun Asam Lambung Alami dan Ampuh

Gejala Penyakit Asam Lambung :

Ketika asam lambung naik, jaringan dinding kerongkongan dan mulut akan teriritasi oleh asam lambung. Berikut ini adalah gejala-gejala yang paling umum dialami oleh penderita penyakit asam lambung:

  • Refluks asam lambung atau regurgitasi. Asam di dalam perut akan kembali ke kerongkongan dan juga mulut sehingga muncul rasa asam dan pahit.
  • Sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati. Kondisi ini dirasakan pada tulang dada akibat asam lambung yang naik ke esofagus. Rasa nyeri akan terasa lebih kuat setelah makan dan saat membungkuk. Selain gejala di atas, ada juga beberapa gejala lain yang mungkin dialami, di antaranya:
  • Sakit dada.
  • Mengi.
  • Kesulitan dan nyeri saat menelan.
  • Merasa seakan-akan ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan saat menelan.
  • Laringitis (peradangan pada laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorokan sakit dan suara
    menjadi parau).
  • Batuk kering tanpa henti, terutama di malam hari.
  • Gigi menjadi rusak.
  • Kembung dan bersendawa.
  • Bau napas tidak sedap.
  • Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba.

Obat Penurun Asam Lambung Alami dan Ampuh

Penyebab Naiknya Asam Lambung atau GERD 

Penyakit asam lambung atau GERD pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

Pada penderita penyakit asam lambung, LES mengalami kelemahan. Akibatnya, asam lambung bisa lolos dan naik kembali ke esofagus. Penderita akan merasakan nyeri ulu hati atau sensasi terbakar di dada dan perut menjadi terasa tidak enak. Obat Penurun Asam Lambung Alami dan Ampuh

Faktor yang kedua adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Makanan berlemak memerlukan waktu pencernaan lebih lama di dalam perut sehingga asam lambung yang diproduksi akan lebih banyak dan risiko untuk naik kembali ke esofagus juga lebih tinggi.

Faktor yang ketiga adalah terlalu banyak mengonsumsi kopi, cokelat, atau alkohol, serta suka merokok. Unsur-unsur ini membuat otot LES menjadi rileks sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan.

Faktor yang keempat adalah kehamilan. Orang yang sedang hamil akan mengalami perubahan hormon, inilah yang bisa melemahkan LES. Selain itu akan terjadi peningkatan tekanan pada perut.

Lalu faktor yang kelima adalah menderita hiatus hernia. Ini adalah kondisi ketika sebagian dari lambung terdorong hingga melewati diafragma. LES melemah pada penderita hernia hiatus. Faktor stres juga berperan dalam membuat LES menjadi lemah.

Untuk mengetahui apakah Anda menderita penyakit asam lambung atau GERD, dokter cukup menanyakan gejala-gejala yang dialami dan dia bisa menentukan diagnosisnya.

Baca Juga: Obat Patah Tulang

Berikut ini beberapa tes lanjutan yang mungkin akan disarankan dokter untuk memeriksa penyakit asam lambung atau GERD.

Manometri.

Tes ini dilakukan untuk memeriksa fungsi otot LES.

Endoskopi.

Pemeriksaan memakai alat endoskop untuk memastikan diagnosis GERD dan juga untuk melihat apakah ada dinding esofagus yang rusak karena asam.
Pemantauan keasaman di esofagus. Pengukuran pH atau keasaman di esofagus perlu dilakukan jika hasil endoskopi belum bisa memastikan adanya penyakit GERD. Diagnosis GERD dapat dipastikan jika pH di esofagus terbukti naik drastis setelah waktu makan.
Tes darah.

Kadang tes darah akan dilakukan dokter untuk mengecek munculnya kondisi anemia yang menjadi tanda terjadinya perdarahan internal.
Tes barium. 

Tes ini bertujuan untuk  jika ada hambatan atau masalah pada saat menelan makanan atau minuman. Tes ini bisa menunjukkan jika ada masalah pada otot saluran pencernaan saat sedang menelan. Barium adalah zat kimia aman dan tidak beracun yang bisa terlihat dengan jelas oleh sinar X. Larutan barium akan diminum, lalu dilakukan pemindaian sinar X untuk mengetahui masalahnya. Obat Penurun Asam Lambung Alami dan Ampuh

Terima kasih atas minat untuk membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *